Leadership

5 Cara Efektif Mengatur Waktu agar Lebih Efektif

 
  • 3
    Shares

   

Terkadang kita merasa bahwa waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan terlalu singkat. Banyak dari mereka yang beralasan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu karena tidak memiliki banyak waktu. Tapi tahukah Anda kesalahan dalam mengatur waktu terkadang datang dari diri sendiri. Itu sebabnya kita juga perlu untuk mengatur waktu kita agar menjadi efektif.

1. Passion, bisa Anda lakukan lebih awal atau lebih sering

Ada kalanya kita hanya mengerjakan suatu hal tanpa tahu tujuan atau manfaatnya. Alasannya lantaran itu bukan passion kita jadi kita tidak mengerjakannya dengan sepenuh hati. Kini saatnya Anda ubah itu. Cobalah untuk mengetahui dan menjalankan passion Anda lebih dulu sebelum memulai pekerjaan lainnya. Ini dapat membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani hari, ketika di awal hari sudah merasa senang saat bekerja. Anda dapat melakukan passion ini lebih sering, karena bisa saja passion Anda ini membawa keuntungan tersendiri bagi Anda.

2. Mulailah hari Anda dengan sebuah to do list

Jika Anda termasuk orang yang sulit mengatur waktu, menulis sebuah jadwal adalah cara yang dapat membantu Anda. Anda bisa menuliskan rentetan pekerjaan atau tanggungan apa saja yang harus Anda selesaikan hari itu juga. Ini akan membantu Anda disiplin mengatur waktu saat tahu bahwa Anda akan terus bekerja dan menyelesaikan tugas itu.

3. Punya cara alternatif

Setiap pekerjaan yang Anda rasa sulit dan bahkan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya, bisa Anda cari cara alternatifnya. Anda memang harus tahu mana yang harus Anda kerjakan lebih dulu dan harus diselesaikan lebih dulu. Ketika Anda mengalami kesulitan, Anda tidak boleh hanya diam. Anda harus mencari cara lainnya, agar pekerjaan lainnya pun tidak berantakan.

4. Tetapkan waktu Anda untuk memeriksa email

Jika kita bekerja di sebuah perusahaan, email merupakan tempat atau media komnuikasi Anda dengan sesama karyawan, atasan, tim atau bahkan pelanggan. Ini tentu menjadi hal yang penting bagi Anda. Hampir setiap hari pasti Anda mendapatkan email yang berbeda. Jika Anda memiliki waktu banyak untuk mengecek mereka, maka itu tidak jadi masalah. Tapi bagaimana dengan Anda yang sibuk. Cobalah untuk membuat daftar/menetapkan kapan Anda harus memeriksa dan membalase email.

5. Jalani setiap kegiatan sesuai dengan aturan

Jika Anda ingin memiliki hidup yang teratur, memiliki waktu yang banyak untuk menyelesaikan tugas, berarti Anda harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Seperti ketika menghadiri meeting. Ikutilah aturan apa yang dibuat, seperti tidak dapat terlambat dan lainnya. Ini akan membuat Anda lebih disiplin dan tidak kehilangan waktu untuk kegiatan lainnya.

Baca juga:

Inilah Waktu yang Tepat untuk Posting di Sosial Media

Tips Mengatur Meja Kerja yang Lebih Produktif

5 Tips Bekerja Pintar Tanpa Harus Jadi Workaholic

           
  • 3
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *