Running A Business

5 Cara Khusus untuk Memperkuat Budaya Perusahaan

 

Loading...

Sebuah perusahaan tidak akan bisa berdiri dengan baik dan bertahan lama ketika mereka tidak memiliki tujuan, visi, misi dan juga culture atau budaya perusahaan. Perusahaan kecil maupun besar harus memiliki sebuah budaya untuk bisa membangun perusahaan dan semua orang didalamnya dengan sangat baik. Budaya perusahaan memang tidak dibentuk dengan mudah, harus ada banyak diskusi hingga pengambilan keputusan untuk bisa memutuskan budaya perusahaan mana yang harus digunakan. Seperti halnya Beon Intermedia yang memiliki sebuah budaya perusahaan yang disebut sebagai BEONTOP Culture. Semua orang di dalam perusahaan harus tahu dan memahami apa maksud dari budaya perusahaan yang susah payah dibangun. Nah berikut ini adalah 5 cara khusus untuk memperkuat budaya perusahaan:

1. Tentukan apa yang penting bagi perusahaan Anda

Anda harus tahu bagaimana sebuah perusahaan akan bekerja dan berjalan dengan semua misi, tujuan dan strategi perusahaan yang sudah dibentuk. Anda harus bisa menyeleraskan karyawan yang akan bekerja dan strategi yang akan digunakan. Kenyamanan karyawan saat bekerja dan juga kelancaran rencana untuk mencapai target harus benar – benar berjalan dengan baik.

2. Ukurlah dan pahami budaya perusahaan Anda

Anda harus menetapkan metrik dasar dalam perhitungan di perusahaan Anda, tujuannya untuk bisa melacak dan mengetahui perubahan dari waktu ke waktu. Anda juga harus memiliki survey untuk mengidentifikasi kekuatan nilai di dalam perusahaan Anda. Berikan juga umpan balik anonim untuk bisa mendapatkan masukan guna mengembangkan lebih jauh perusahaan kita. Sekalipun Anda memiliki karyawan yang tidak selalu berada dan bekerja di dalam kantor, tapi buat mereka memahami bagaimana budaya perusahaan yang harus mereka ikuti.

3. Menetapkan arah

Sekalipun tujuan memiliki budaya perusahaan untuk bisa bekerja dengan baik, tapi ujian dan juga masalah tentu saja akan datang. Cobalah untuk menilai dan mempioritaskan kelamahan kita untuk dievaluasi. Mintalah feedback atau tindak lanjut dari survey yang Anda lakukan. Anda bisa melakukan brainstorming untuk saling bertukar ide mengenai arah, tujuan dan budaya perusahaan.

4. Komunikasikan arah yang sudah Anda tetapkan

Setelah mulai menetapkan arah dan tujuan dari budaya perusahaan, cobalah untuk mengkomunikasikannya dengan baik kepada seluruh orang di dalam perusahaan. Anda bisa mulai dengan forum atau rapat yang diadakan setiap bulan, newsletter atau email, blog intern atau forum online yang sudah Anda miliki.

5. Segera lakukan perubahan

Setelah semua persiapan selesai maka selanjutnya segera lakukan perubahaan yang ingin Anda lakukan dalam perusahaan. Buatlah sebuah komite untuk mengkoordinasikan budaya perusahaan kepada seluruh karyawan di dalam perusahaan. Memberikan pelatihan awal dan juga berkelanjutan agar karyawan semakin mengenal dan terus mengingat apa yang akan membantu mereka tumbuh di dalam perusahaan tersebut. Anda juga bisa memberdayakan manajer untuk bisa menjadi jembatan antara perusahaan dengan karyawan.

Lalu sudah siapkah Anda untuk membuat, menciptakan dan mengembangkan perusahan menjadi lebih besar dengan budaya perusahaan yang kuat? :)

Baca juga:

Strategi Mengelola Emosi untuk Membangun Budaya Tim yang Hebat

6 Cara Menciptakan Budaya Perusahaan yang Lebih Menyenangkan

8 Tips Membentuk Budaya Perusahaan dari Pengusaha Dunia

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *