Running A Business

5 Cara Memacu Bisnis Agar Mudah Promosi ke Media

 
  • 1
    Share

Loading...

Ketika Anda memulai sebuah bisnis, pernahkah Anda berpikir bahwa akan banyak orang yang tahu dan mencari produk atas jasa yang Anda jual? Hal ini mungkin bahkan harus terjadi, dengan berbagai media yang sudah ada di sekitar kita, offline maupun online adalah peluang kita untuk mengembangkan bisnis dengan sangat baik.

Sebenarnya tidak ada halangan lagi untuk para pelaku bisnis tidak mencoba berbisnis online. Tidak pula bagi pebisnis online untuk berhenti melakukan promosi bisnisnya baik secara online maupun offline. Banyak media yang disediakan gratis ataupun berbayar yang bisa digunakan dan dikembangkan untuk urusan promosi bisnis kita.

Bagi UKM, sosial media, marketplace dan juga portal berita adalah media-media yang paling dekat, mudah dan tentu saja murah. Sehingga sudah bisa dipastikan bahwa pemilik bisnis kecil dan menengah akan menggunakan media ini untuk berpromosi.

Dan ada juga media promosi yang efektif membantu bisnis Anda untuk bisa dikenal dan dicari orang yang mengakses internet. Apa itu? Liputan atau review dari media atau portal berita. Seperti halnya Mebiso.com yang menjadi dan menyediakan media berbagi cerita bisnis para pebisnis online. Ini mereka contohnya para pebisnis online yang sudah pernah menjadi salah satu yang diliput dan dipublish cerita bisnisnya di Mebiso.com.

Tapi sebelum itu, sebagai salah satu pemilik bisnis, dimana Anda akan mulai promosi bisnis Anda? Apa titik awal yang akan Anda lakukan? Bagaimana target media yang Anda ingin capai? Nah, berikut adalah 5 ide untuk melejitkan bisnis Anda:

1. Gunakan media lokal

Jika Anda ingin dikenal oleh banyak orang, gunakan media lokal untuk membantu Anda dalam mempromosikan bisnis. Beberapa wartawan atau media lokal lainnya memiliki akun sosial media seperti Twitter dan juga Facebook. Anda bisa mengikuti setiap update berita dari mereka, mencari peluang dimana Anda bisa mendapatkan informasi kontak person bahkan peluang untuk diliput oleh mereka.

2. Jangan abaikan trend

Sekalipun Anda ingin diliput oleh banyak media, tetap perhatikan tema yang ingin Anda dengar dan lihat sepanjang waktu, seperti latar belakang bisnis Anda, tentang cerita atau prestasi bisnis Anda dan lain sebagainya. Siapkan produk atau layanan yang relevan dengan tren yang sedang berkembang saat ini. Sehingga berita yang akan memuat cerita Anda akan mudah ditemukan dan tentu saja menarik untuk dibaca.

Contohnya saja, ketika Anda berada di daerah atau wilayah yang sama dnegan pelanggan potensial Anda, Anda harus melihat cerita seperti apa yang akan membuat mereka tertarik untuk membaca dan membagikan cerita Anda. Anda pun bisa ikut bergabung dalam percakapan media sosial dari media yang ingin Anda ikuti. Hal ini berguna untuk membangun reputasi bisnis Anda. Seperti dengan menciptakan #Hashtag untuk bisnis Anda di Twitter.

3. Miliki strategi “Krisis”

Tidak ada satupun yang bisa terjadi sesuai dengan kehendak dan rencana yang sudah kita buat. Sekalipun kita telah merancangnya dengan sangat baik. Ada banyak hal yang bisa menjadi menghalangi terwujudnya promosi bisnis kita. Untuk itu penting bagi kita untuk memiliki strategi atau cara berpromosi yang berbeda.

Anda bisa memiliki plan A ataupun plan B dan lebih banyak yang lainnya. Bahkan hal ini harus sering Anda persiapkan ketika melakukan promosi di media sosial.

4. Sampaikan pesan singkat di sela Anda presentasi

Selain melalui media digital ataupun media cetak, Anda pun bisa menyisipkan setiap pesan promosi dalam persentasi bisnis yang sering Anda lakukan. Contohnya saja ketika Anda sedang mengisi sebuah acara, Anda pun bisa menyisipkan promosi bisnis Anda ke dalam persentasi yang Anda lakukan. Dengan teknik persentasi yang baik, promosipun tidak akan terlihat dengan jelas. Dan ini adalah salah satu solusi bagi Anda yang ingin mencari media promosi yang jauh lebih banyak lagi.

5. Tetap lakukan branding untuk bisnis Anda

INGAT! Sebelum Anda mempromosikan merek bisnis Anda ke khalayak ramai, jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa merek atau brand yang Anda miliki kini benar-benar aman. Tidak ada yang menyamai, bahkan tidak ada yang sudah mengklaim sebelumnya. Sebab, ketika brand Anda sudah diklaim terlebih dulu oleh orang lain, maka bisnis Anda harus kembali berpikir tentang brand yang akan digunakan selanjutnya.

Nah, ini sama seperti ketika Anda ingin memiliki dan membeli domain untuk website Anda. Domain yang kita tahu HANYA ada 1 di seluruh dunia. Yang artinya tidak ada nama domain yang sama di belahan dunia manapun. Hanya ekstensi yang membedakan nama domain kita dengan yang lain. Oleh sebab itu, ketika Anda telah yakin dengan brand atau merek bisnis Anda, kami sarankan untuk segera mendaftarkan nama merek tersebut sebagai nama domain untuk website Anda. Begitupun dengan nama yang menyerupai atau similar. Nama domain yang hanya ada 1 inilah aset dan juga modal bagi pengembangan bisnis Anda.

Jika Anda berpikir bahwa berinvestasi bisnis dengan domain itu mahal, maka Anda harus kembali berpikir lebih dari sekali. Sebab di Bulan Oktober ini, Jagoanhosting.com sedang mengadakan promo domain dengan harga grosir. Yang artinya, Anda bisa membeli sebanyak apapun domain yang Anda butuhkan dengan harga mulai dari 78rb rupiah. Ketika Anda ingin mengamankan nama atau merek bisnis Anda, maka domain adalah salah satu yang bisa Anda jadikan aset penting.

Setidaknya begitulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk memacu bisnis agar mendapatkan media promosi yang mudah, murah dan juga efektif menghasilkan bagi bisnis Anda. Jangan khawatir dengan cara dan teknik promosi secara online. Anda bisa menemukan beberapa tipsnya di Mebiso. :)

Selamat mencoba :)

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *