Running A Business

5 Cara Membuat Artikel Berkualitas dan Enak Dibaca

 

   

5 Cara Membuat Artikel Berkualitas dan Enak Dibaca – Anda yang memiliki sebuah blog, pasti Anda seorang yang memiliki kemampuan menulis dan ingin menjadi penulis profesional atau bahkan bisa mendapatkan penghasilan dari artikel-artikel di blog Anda. Tidak ada yang salah dengan impian tersebut, sehingga Anda menjadi lebih terpacu untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda. Menulis yang baik itu bukan sekedar bakat, melainkan suatu kemampuan yang ditempa dengan latihan menulis yang konsisten. Tanpa latihan yang maksimal, seseorang dengan bakat menulis pun kesulitan untuk menghasilkan karya yang enak dibaca. Anda yang sekarang membutuhkan tips tentang bagaimana menulis artikel yang berkualitas, maka di sinilah tempat Anda belajar. Karena kali ini kita akan mengupas tentang bagaimana cara-cara membuat artikel yang berkualitas dan menjadi karya tulisan yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Ini dia cara yang bisa Anda aplikasikan:

 

Ikut Kelas Menulis

Mengikuti kelas menulis, sebenarnya adalah langkah bagus yang patut Anda coba. Di sini Anda akan diarahkan untuk menulis dengan cara yang lebih baik. Di kelas menulis ini Anda akan “dipaksa” menulis untuk melatih kebiasaan Anda dan menulis dengan berbagai tema yang ditentukan. Kelas menulis menempa Anda untuk menjadi penulis dengan membangun kultur sebagai penulis profesional. Salah satu kultur yang dibangun adalah dengan memaksa Anda menulis secara konsisten.

 

Bergabung dengan Forum Kepenulisan

Ini adalah langkah yang tepat bagi Anda apabila bergabung dengan forum kepenulisan online maupun offline. Forum kepenulisan ini banyak ditemukan di media sosial. Dengan mengikuti forum kepenulisan, maka Anda diajak masuk ke lingkungan para penulis, seperti kata bijak “Anda akan ikutan wangi ketika berteman dengan penjual parfum”. Intinya adalah dengan bergabung di forum kepenulisan, Anda pun akan bisa meningkatkan pengetahuan seputar tulis menulis dari para ahli di dalamnya. Anda bisa bertanya terkait kepenulisan yang belum Anda pahami, dsb.

 

Meminta Kritik dan Saran

Untuk menghasilkan artikel yang berkualitas, Anda bisa meminta saran dan kritik kepada teman, saudara hingga kepada pembaca Anda. Hal ini dimaksudkan untuk Anda bisa evaluasi dan review dimana letak kekurangan tulisan Anda. Anda harus memiliki sikap open minded, terbuka terhadap kritik dan saran yang mereka berikan. Dengan langkah tersebut, Anda akan jadi penulis yang lebih baik lagi.

 

Membaca adalah Belajar

Sudah sering disinggung Mebiso di tulisan-tulisan kami sebelum ini, bahwa dengan rajin membaca Anda akan menjadi penulis handal. Dengan membaca Anda juga akan belajar menulis secara tidak langsung. Membaca itu adalah belajar, belajar tentang banyak pengetahuan baru, ide baru dan kosa kata baru yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda.

 

Disiplin dalam Menulis

Hal pertama dan paling PENTING saat Anda merasa kemampuan menulis Anda biasa saja adalah dengan mendisiplinkan diri dalam menulis. Biasakan menulis hingga menulis adalah merupakan kebiasaan bagi Anda. Rajin menulis setiap hari dan rajin membaca adalah kombinasi yang tepat. Dimana tulisan Anda yang biasa-biasa saja akan perlahan meningkat. Dan ingat selalu bahwa untuk bisa menulis artikel yang berkualitas diperlukan waktu yang tidak instan. Sehingga Anda harus selalu menempa diri Anda dengan latihan menulis sepanjang waktu. Jangan pernah iri melihat penulis yang sudah profesional tanpa melihat seberapa besar Anda berlatih diri menuju kesana. Yakinlah dan hargai proses belajar dari pemula.

 

Nah, sudah jelas bukan langkah-langkah di atas? Bersiaplah untuk menerapkan cara di atas untuk menjadikan Anda penulis artikel yang berkualitas. Selamat berkarya dengan kesungguhan tekad!

 

 

Baca artikel menarik lainnya:

3 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Unik di Blog Anda

6 Teknik Menulis Artikel Yang Sederhana, Tapi Powerful

5 Cara Membuat Artikel SEO Yang Human Friendly

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *