Produktivitas

8 Cara Menghilangkan Malas Agar Lebih Produktif

 

Loading...

Cara Menghilangkan Malas – Sulit melawan rasa malas? Tenang, Anda tidak sendiri. Kita semua pasti pernah merasakan malas, bahkan menjadi tidak produktif. Walau sulit, bukan berarti rasa malas tidak bisa dilawan. Simak berbagai cara ampuh untuk menghilangkan rasa malas berikut ini.

1. Buat target serta jadwal, lalu tuntaskan!

Selalu ingat akan target yang ingin Anda capai. Tuliskan target-target yang ingin Anda raih serta susunlah jadwal untuk mengerjakannya. Anda bisa menyusunnya menjadi jadwal harian atau mingguan.

Hal yang terpenting, Anda perlu berkomitmen untuk menuntaskannya. Ingat lagi tujuan di awal, bahwa jadwal ini dibuat agar Anda bisa lebih produktif.

2. Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi

Kondisi badan yang lelah atau bahkan kurang fit dapat menghambat produktivitas. Hal tersebut menjadikan kita tidak berenergi dan lesu. Menyelesaikan tugas pun jadi lebih berat.

Oleh karenanya, kita perlu menjaga kondisi tubuh agar fit. Ketika tubuh fit, kita pun bisa selalu produktif. Pastikan Anda cukup tidur dan memenuhi gizi harian dengan mengkonsumsi makanan sehat.

3. Kendalikan ekspektasi

Seringkali, kita menaruh ekspektasi terhadap segala hal, termasuk untuk tugas yang perlu kita kerjakan. Kita menginginkan agar tugas tersebut berjalan dengan sempurna, serta mendapatkan hasil yang juga sempurna.

Ketika kita menemukan hambatan yang dapat mengancam kesempurnaan tersebut, kita belum siap menerimanya. Rasa malas untuk melanjutkan adalah pelarian dari ketidaksiapan kita untuk kecewa.

Oleh karenanya, kendalikan ekspektasi Anda. Tidak apa-apa jika mengerjakan sesuatu dengan kesalahan, terkadang selesai saja sudah lebih dari cukup. Jangan biarkan diri Anda dikendalikan ekspektasi, hingga menghambat Anda untuk memulai.

4. Cicil tugas secara bertahap

Tugas makin banyak namun rasa malas makin kuat? Sudah saatnya Anda melakukan sistem cicil tugas, dengan mengerjakannya secara bertahap. Selesaikan apa yang bisa diselesaikan saat ini. Lama kelamaan jika Anda konsisten mengerjakan, tugas pun akan selesai seluruhnya.

5. Jauhkan diri dari hal-hal yang mengundang distraksi

Pernahkah jadi malas mengerjakan tugas karena merasa terdistraksi? Pertama, Anda perlu mengenali hal-hal yang bisa membuat Anda terdistraksi terlebih dahulu. Apakah suara bising sekitar? Apakah beragam notifikasi dari ponsel?

Selanjutnya, kendalikan hal-hal tersebut. Jika butuh ketenangan, kerjakan tugas di tempat yang tidak ramai. Jika notifikasi ponsel selalu bikin tidak fokus, matikan sejenak atau jadikan mode silent.

6. Jangan lupa ‘bernapas’

Terkadang, orang-orang menjadi malas karena sudah merasa burn out alias rasa lelah luar biasa secara emosional, mental, bahkan fisik. Burn out bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya karena terlalu memforsir energi untuk bekerja. Kita bekerja terus menerus dengan sedikit jeda istirahat.

Jika hal ini yang terjadi pada diri Anda, berhentilah sejenak untuk bernapas! Istirahatkan badan dan pikiran hingga membaik. Tampung kembali energi-energi yang Anda butuhkan, sebelum akhirnya mulai kembali.

Ketika sudah kembali bekerja, Anda juga perlu mengingat hal ini baik-baik. Janganlah lagi terlalu memforsir energi dalam bekerja, agar burn out tidak terulang.

7. Minta orang lain untuk jadi reminder

Dukungan dari orang lain bisa membantu Anda untuk jadi lebih produktif. Carilah orang terdekat yang Anda percayai. Sampaikan target yang ingin Anda capai. Minta dia untuk menjadi reminder, alias mengingatkan saat Anda mulai malas dan tidak mengerjakan target.

8. Sesekali, beri reward untuk diri sendiri

Tentunya sah-sah saja untuk memberikan reward alias menghadiahi diri sendiri, apalagi jika Anda telah menyelesaikan tugas yang rumit. Anda bisa melakukan hal-hal yang membuat rileks atau makan menu kesukaan. Hal-hal sederhana, namun bisa membuat bahagia!

Eits, Anda perlu hati-hati juga dengan sistem reward. Jangan mendahulukan reward, terutama jika tugas belum tuntas, lho.

Jangan lewatkan berbagai topik menarik lainnya seputar produktivitas dan bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berkarya, salam sukses!

Photo by Sophie Dale on Unsplash

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *