Leadership

5 Cara Menghindari Miscommunication dengan Karyawan

 
  • 5
    Shares

   

Komunikasi antara atasan atau pemilik bisnis dengan karyawannya harus mampu terjalin dengan baik. Ini bukan hanya akan berpengaruh terhadap setiap proses bisnis yang dijalankan, tetapi juga pada hubungan pribadi antara Anda dengan karyawan Anda. Namun yang namanya komunikasi tentu akan ada miss-nya. Dan inilah yang harus dicari solusinya oleh setiap atasan. Dan berikut ini beberapa tips untuk mengurangi tingkap Miss komunikasi antara atasan dengan karyawannya.

1. Menjaga privasi

Jika Anda sedang melakukan pembicaraan dengan salah satu karyawan, maka cobalah ajak dia ke dalam ruangan Anda. Berikan waktu untuk Anda dan karyawan Anda menyelesaikan percakapan. Ini akan mengurangi miss komunikasi yang akan terjadi pada karyawan Anda lainnya.

2. Fokus pada pembicaraan

Jangan menyisipkan obrolan selain apa yang harus Anda sampaikan. Fokus pada tujuan dan pembicaraan Anda dengan karyawan. Fokus memang tidak menutup kemungkinan akan mengalami kesalahan dalam berbicara, tapi lebih kepada mengurangi akibat dari kesalahan tersebut.

3. Jangan coba bermain baca pikiran

Ketika berbicara dengan karyawan, cobalah untuk berbicara sesuai dengan porsi dan sesuai kebutuhan Anda. Jangan sekali – kali coba membaca fikiran dari lawan bicara Anda. Karena itu akan memperburuk suasana, sekalipun Anda adalah seorang atasan.

4. Dengarkan orang berbicara sampai selesai

Ini penting bagi semua orang, penting untuk mendengarkan lebih banyak dari pada memaksakan diri dan egois berbicara sebelum pembicaraan mereka selesai. Karyawan Anda akan merasa tidak dihargai saat ucapan mereka tidak didengar sampai selesai. Anda patut untuk menghargai setiap ucapan yang disampaikan oleh karyawan Anda. Ini jelas akan mencegah adanya miss komunikasi dalam penyampaian informasi dari karyawan Anda.

5. Punya kesimpulan yang tepat

Selain menjadi pendengar yang baik, untuk mengurangi resiko miss komunikasi, cobalah untuk membuat sebuah kesimpulan di akhir percakapan. Pastikan obrolan Anda dengan karyawan tepat sampai proses kesimpulan. Anda dan karyawan Anda akan mendapatkan hasil obrolan yang sesuai dengan tujuan awal.

Baca juga:

9 Hal yang Diharapkan oleh Bawahan Anda

7 Tips Menjadi Seorang Pendengar yang Baik

5 Kesalahan saat Mempertahankan Kredibilitas Diri di Depan Relasi Bisnis

                              
Loading...

  • 5
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *