Technology

5 Cara Mengoptimalkan Komputer Lama untuk Kegiatan Bisnis Anda

 
  • 67
    Shares

Loading...

Nah pemilik bisnis, Apabila anda memiliki komputer yang sudah berusia 5-8 tahun dan tidak pernah digunakan karena komputer anda terlalu lambat atau bahkan tidak mampu menunjang pekerjaan anda, jangan dibuang dulu. Sayang banget. Komputer anda masih dapat dioptimalkan tanpa harus membeli komputer baru. Anda jadi bisa menghemat cost untuk infrastruktur.

Berikut adalah beberapa tips meningkatkan performa komputer lama anda:

1. Upgrade Memory (RAM)

Memory Fisik (RAM) berguna untuk menampung aplikasi/program yang sedang dijalankan oleh komputer anda. Agar komputer anda dapat menjalankan beberapa program/aplikasi dalam waktu yang bersamaan, maka anda membutuhkan memory yang lebih besar kapasitasnya. Rata-rata untuk dapat menjalankan aplikasi/program dan OS terbaru saat ini, setidaknya butuh memory sebesar 2GB agar tidak menghambat pekerjaan anda, atau 4GB keatas apabila anda ingin menjadikan komputer lama anda menjadi mesin yang lebih tangguh lagi.

Saat anda upgrade, sesuaikan memory yang anda beli dengan memory yang tertanam pada PC anda. Apakah menggunakan DDR2 atau DDR3, dan pastikan ada slot memory yang kosong untuk menancapkan memory baru.

2. Tambahkan SSD

SSD adalah teknologi penyimpanan data terbaru pengganti harddisk. Selain memiliki ketahanan fisik yang lebih baik, SSD mampu meningkatkan kecepatan baca tulis data untuk komputer/laptop anda hingga 5x lebih cepat dari harddisk pada umumnya. Untuk menghemat biaya, anda tidak harus membeli SSD dengan kapasitas yang besar. Cukup tambahkan SSD yang mempunyai kapasitas minimal 128 GB untuk diinstall OS dan hardisk lama anda bisa digunakan untuk menyimpan data saja.

3. Install Ulang Operating System

Apabila anda masih menggunakan Windows XP di komputer/laptop anda, saya sarankan untuk segera meninggalkan operating system ini karena Microsoft akan menghentikan support untuk Windows XP pada tahun 2014. Microsoft telah menawarkan operating system yang lebih baru dan lebih baik dibandingkan Windows XP, yaitu Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1. Apabila anda telah menambahkan RAM dan SSD pada komputer anda,  maka peningkatan kecepatan komputer anda akan sangat terasa apabila anda install Windows 8 atau Windows 8.1 di SSD anda. Sedangkan untuk harddisk anda yang lama, masih bisa digunakan untuk slave sebagai media penyimpanan data saja.

4.  Kebutuhan Graphic Designer

Apabila anda ingin mengalokasikan komputer lama anda untuk seorang karyawan Graphic Designer baru di kantor anda, maka ada 2 tips tambahan untuk anda. Yang pertama adalah menambahkan GPU Card (VGA Card). Untuk memilih GPU yang baik, tidak harus GPU yang paling mahal dan paling extreme, sebab belum tentu CPU anda mampu menjalankan GPU yang high-class. Apabila hanya digunakan untuk graphic editing, maka GPU dengan memory 512MB DDR3 128 bit sudah cukup baik.

Kemudian yang kedua adalah menambahkan Monitor. Karena graphic designer akan sangat terbantu apabila anda memiliki monitor yang lebih besar, atau bahkan 2 monitor yang lebih besar dan bisa aktif sekaligus. Bagi pemilik toko online, Jagoan Store menyediakan paket bundle toko online + design banner sehingga anda lebih mudah membuat toko online yang cantik tanpa perlu memiliki infrastruktur desain yang mahal.

5. Dia yang Tak Boleh Disentuh

Dari beberapa cara diatas, ada 1 hardware yang tidak disentuh sama sekali yaitu prosesor. Kenapa? Berikut ini adalah alasan kenapa prosesor tidak harus diganti (kecuali anda adalah gamer dan video editor tingkat dewa keatas) :

  1. Prosesor dengan kecepatan 1 Ghz sudah cukup untuk menjalankan Windows 7 atau Windows 8 dan bahkan corel draw x6 dan Photoshop CS 6 juga bisa berjalan dengan baik apabila anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8, sedangkan prosesor yang dijual di tahun 2005-2008 rata kecepatannya sudah diatas 1Ghz.
  2. Di tahun 2005-2008, socket prosesor paling popular saat itu adalah LGA 775 (intel) dan saat ini prosesor dengan socket LGA 775 sudah jarang dijual/ditemui.
  3. Apabila anda memaksa untuk mengganti prosesor dengan tipe socket yang lain, maka anda harus mengganti motherboard PC anda sesuai dengan socket prosesor anda yang baru.
  4. Artikel ini adalah tips untuk meningkatkan performa dengan menambahkan hardware tanpa mengganti hardware.

Kenapa Penting Sekali untuk Tidak Membuangnya?

Saat ini, masalah e-waste (sampah elektronik) sudah mulai jadi perhatian yang serius. Padahal anda dapat memanfaatkan barang elektronik semaksimal mungkin atau setidaknya mengurangi tumpukan sampah di gudang rumah anda. Semoga artikel ini bisa menjadi salah satu solusi untuk hal tersebut.

Loading...

  • 67
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *