Leadership

5 Cara Mudah Mengalahkan Penundaan dalam Bekerja

 

   

Dalam bekerja tentu kita tidak selamanya akan mudah dan lancar saat menyelesaikan setiap pekerjaan yang kita miliki. Akan ada saatnya kita menunda dan bahkan terlambat menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Lalu apa pengaruhnya? Jelas penundaan ini berpengaruh terhadap hasil kerja, penilaian kerja dan pekerjaan kita selanjutnya. Oleh sebab itu kita harus berusaha untuk tidak menunda setiap pekerjaan yang ada, dan semaksimal mungkin memanfaatkan waktu produktif kita untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

1. Hapus semua gangguan

Saat bekerja di sebuah perusahaan dengan mobilitas tinggi, kita dituntut untuk dapat bekerja maksimal dengan minimal waktu dan deadline yang diberikan. Salah satu tantangan yang selalu didapatkan oleh para pekerja itu adalah menyisihkan waktu untuk bisa fokus pada satu proyek saja. Kesulitan ini terkadang datang karena adanya gangguan dari berbagai pihak, seperti adanya pesan yang masuk pada inbox email ataupin smartphone yang kita miliki. Jika kita tidak benar – benar fokus, kita akan sering terganggu dan akhirnya memecah fokus pada gangguan tersebut. Ada baiknya saat kita mulai bekerja, kita coba untuk tidak berhubungan dengan dunia luar yang sama sekali tidak berhubungan dengan pekerjaan kita, kecuali sangat mendesak. Ini ditujukan agar apa yang kita kerjakan bisa selesai tepat waktu dan tidak mengganggu waktu istirahat kita nantinya.

2. Tetapkan tujuan

Dalam menghadapi gangguan dan penundaan dalam bekerja, sebaiknya kita tegas dalam menetapkan tujuan dari pekerjaan dan waktu kerja kita. Bukankah sebuah pekerjaan akan mudah untuk diselesaikan jika memiliki target dan tujuan yang jelas? Itu sebabnya kita disarankan sebelum memulai pekerjaan maka sebaiknya menuliskan atau membuat sebuah to do list tentang apa saja yang harus dikerjakan hari itu, target, deadline dan tujuan apa saja yang harus dicapai dalam satu waktu tertentu. Rasa senang dan seperti mendapatkan prestasi saat kita mampu mencapai semua tujuan yang kita tuliskan tersebut. Ini akan membuat kita merasa enggan untuk menunda pekerjaan karena tujuan dari kerja kita sudah jelas.

3. Buat deadline palsu

Ini lebih pada saat Anda ingin menyelesaikan target pekerjaan Anda lebih awal dari yang diperintahkan. Tidak jarang bukan, Anda akan menerima suatu pekerjaan seminggu sebelum waktu memulai pekerjaan tersebut. Jika memang saat Anda mendapatkan pekerjaan itu Anda sedang kosong, Anda bisa membuat sebuah jadwal palsu untuk mengerjakan pekerjaan baru yang sebenarnya belum waktunya untuk Anda kerjakan. Ini akan membuat Anda memiliki waktu lebih lama dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Dan tentu saja Anda akan memiliki waktu luang saat pekerjaan itu selesai lebih awal.

4. Temukan suasana baru

Terkadang sebuah penundaan dalam pekerjaan akan terjadi saat seorang karyawan bosan dengan keadaan atau tempat yang mereka gunakan untuk bekerja. Ini sebabnya perlu kiranya seorang karyawan mencari suasana baru untuk mendapatkan ide dan semangat baru dalam bekerja. Semangat inilah yang akan membuat seorang karyawan ingin menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat dari biasanya.

5. Dapatkan motivasi

Yang terakhir adalah motivasi. Ketika lelah bekerja dan bosan menatap pekerjaan yang hampir sama setiap harinya, tentu seorang karyawan akan merasa bosan dan merasa ingin berhenti mengerjakan pekerjaan tersebut. Yang mereka butuhkan adalah sebuah motivasi untuk semangat kerja mereka. Jika Anda mengalami hal ini, cobalah untuk mencari orang yang dapat menjadi tempat Anda berkeluh kesah tentang pekerjaan Anda, dan dapatkan motivasi dan semangat darinya. Jika Anda telah mendapatkan semangat dan motivasi, Anda tentu akan mudah untuk melangkah dan menyelesaikan pekerjaan Anda yang tertunda sebelumnya.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Tips Bekerja Pintar Tanpa Harus Jadi Workaholic

3 Cara Menghindari Gangguan Saat Bekerja untuk Menjadi Lebih Produktif

10 Trik Manajemen Waktu untuk Bekerja Lebih Produktif (Bagian I)


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *