Leadership

5 Cara Sederhana Dalam Bersyukur Setiap Hari

 

Ilmuwan memberitahu kita bahwa orang – orang yang sering bersyukur adalah orang – orang yang biasanya lebih bahagia. Menjadi bersyukur membuat kita lebih optimis dan mengurangi segala fikiran negatif yang ada. Dan itu adalah alasan besar untuk membuat tindakan untuk bersyukur setiap harinya. Dan berikut ini adalah cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan rasa syukur:

1. Menulis dalam jurnal harian

Bahkan dalam usaha apapun yang kita lakukan kita dianjurkan untuk selalu bersyukur dan berterimakasih. Karena setiap kemampuan yang kita miliki adalah karunia yang diberikan Tuhan kepada kita. Ada banyak cara orang untuk mengungkapkan rasa syukurnya. Salah satunya yaitu melalui sebuah cacatan harian yang berisi tentang apa yang sudah bisa dan berhasil ia kerjakan hari itu. Dengan membuat jurnal harian ini kita akan terus diingatkan tentang apa saja yang telah kita capai dan belum bisa kita dapatkan. Semua yang ingin kita tulis seharusnya menjadi pelajaran bagi kita untuk kedepannya. Jadi menulisnya di buku harianpun tidak ada salahnya.

2. Nyatakan rasa syukur atau terima kasih secara pribadi

Ketika kita mendapatkan dan berhasil meraih apa yang telah kita idam – idamkan, kita memang diharuskan bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada Yang Memberi kita nikmat. Ada banyak cara umat beragama dalam bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan mereka. Bukan hanya itu, jika Anda berhasil mencapai sesuatu karena bantuan seorang teman, maka jangan lupa mengucapkan terimakasih kepada mereka. Berikanlah mereka kesan bahwa mereka berjasa sekalipun mereka tidak pernah memintanya.

3. Hormati orang di sekitar Anda

Salah satu cara yang lain dalam bersyukur adalah dengan menghormati orang di sekitar kita. Jalinlah keakraban dengan siapapun yang Anda temui, bahkan sekalipun Anda tidak mengenalnya. Karena kita tidak akan tahu apakah suatu saat dialah yang akan menjadi penolong bagi kesusahan yang kita miliki. Hal ini juga kita lakukan ketika kita ingin dihormati orang lain. Karena sebelum kita meminta untuk dihormati maka terlebih dahulu kita menghormati orang lain.

4. Tidak mengeluh

Ketika ada sesuatu yang buruk terjadi pada kehidupan kita, itu sebenarnya wajar terjadi pada diri manusia. Terkadang kita memang tidak bisa untuk menjadi sabar terhadap hal yang membuat kerja kita terhambat, seperti gangguan saat bekerja, seorang teman yang telat dalam janjinya dan lain sebagainya. Bahkan kita bisa saja mengeluh kepada diri sendiri saat kesusahan itu terjadi. Tapi sebenarnya saat kita mengeluh, kita memperkuat keadaan negatif yang muncul di pikiran kita tanpa menawarkan solusi untuk menyelesaikannya. Maka dari itu setiap ada masalah maka cobalah untuk tetap tenang dan berusaha mencari solusi tanpa mengeluh.

5. Menjadi seorang relawan

Jika Anda telah berhasil mencapai kesuksesan bisnis atau pekerjaan Anda maka Anda memang patut untuk bersyukur. Salah satu cara bersyukur yang mudah untuk kita lakukan adalah dengan menyumbangkan tenaga, fikiran atau bahkan materi yang kita miliki untuk orang – orang yang membutuhkan. Karena sebenanrya memberi tidak mengurangi sedikit apa yang kita miliki. Cara berbagi yang paling mudah adalah dengan menjadi relawan pada beberapa event sosial yang diadakan, seperti donor darah, relawan di daerah yang terkena bencana dan dimana saja.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Kontrol Emosi Anda saat Bekerja di Kantor dengan Cara Ini

10 Hal yang Harus Dilakukan oleh Seorang Pemimpin

10 Ucapan yang Ingin Didengar Karyawan dari Atasannya


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *