Insider

5 Cara untuk Bangkitkan Semangat Ketika Pandemi

 

Loading...

Bangkitkan Semangat Ketika Pandemi – Kurang lebih tiga bulan, kita menghadapi pandemi COVID-19 di Indonesia. Dalam kurun waktu tersebut, kita berdiam di rumah, melakukan physical distancing, hingga mengikuti kebijakan pemerintah yang menetapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Situasi pandemi adalah situasi yang sulit bagi banyak pihak. Berbagai aktivitas terhambat. Tak dipungkiri, keterbatasan dalam beraktivitas dapat mendatangkan beragam emosi negatif. Mulai dari merasa jenuh hingga hilang semangat, semua orang bisa merasakannya.

Padahal, semangat adalah hal penting saat memulai aktivitas. Semangat juga dapat membuat kita semakin produktif. Lantas, bagaimana caranya untuk membangkitkan semangat di kala pandemi? Lakukan hal-hal berikut ini, yuk!

Berbagai cara untuk bangkitkan semangat ketika pandemi

1. Menerapkan pola hidup sehat

Dengan menjaga kesehatan agar tetap dalam kondisi prima, kita pun akan merasa lebih bugar untuk beraktivitas. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi. Terapkanlah perilaku untuk menjaga kebersihan, yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak dengan orang lain.

Tak kalah penting, mulailah berolahraga secara rutin! Selain membuat fisik semakin sehat, olahraga juga baik untuk kesehatan mental.

Anda bisa melakukan olahraga di dalam rumah seperti yoga, aerobik, dan sebagainya. Anda juga bisa jogging atau bersepeda di lingkungan sekitar rumah. Pokoknya, Anda harus tetap berhati-hati dan tetap menaati protokol kesehatan.

2. Melakukan hobi atau mencari aktivitas baru

Selama ini, mungkin kita terlalu sibuk dan tidak sempat melakukan hobi. Pada kondisi sulit seperti ini, melakukan hobi atau kegemaran dapat memperbaiki suasana hati.

Anda juga dapat mencoba beragam aktivitas baru. Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda coba, mulai dari membaca, memasak, berkebun, journaling (membuat jurnal atau catatan harian), melukis, membuat prakarya, mempelajari alat musik, bahkan mencoba game terbaru. Lakukan apapun yang berdampak positif untuk diri Anda. Jangan lupa, tetap terapkan physical distancing, ya!

3. Fokus terhadap apa yang bisa dikontrol

Melihat kondisi sekitar yang sedang tidak baik-baik saja memanglah sulit. Sangat wajar jika kita merasa khawatir, cemas, atau takut. Hal paling penting untuk diingat adalah ada hal yang tidak bisa Anda kontrol dan lebih baik, Anda menyimpan energi untuk hal-hal yang bisa Anda kontrol.

Misalnya, Anda merasa cemas jika suatu saat ada anggota keluarga Anda terjangkit COVID-19. Anda perlu menyadari, hal tersebut tidak bisa Anda kontrol sepenuhnya. Namun, fokuslah pada hal yang bisa Anda lakukan. Saling mengingatkan dan membantu dalam menerapkan pola adalah sesuatu yang bisa Anda kontrol.

4. Saling mendukung dan memberikan bantuan

Saat-saat sulit seperti ini, kita perlu saling menguatkan. Tengoklah kondisi orang-orang di sekitar kita. Dukungan apa yang bisa kita berikan kepada mereka?

Selain itu, banyak orang-orang yang kurang beruntung dan membutuhkan uluran tangan. Kita bisa mengumpulkan donasi atau memberikan bantuan berupa barang yang dibutuhkan. Membantu dengan tenaga pun bisa jadi sesuatu yang sangat berarti.

5. Jaga hubungan dengan kerabat dan teman-teman

Rasa jenuh dan kesepian dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Tetap terhubung dengan kerabat dan teman-teman dapat membuat perasaan jadi lebih baik.

Manfaatkanlah teknologi untuk tetap terhubung dengan kerabat dan teman-teman. Hubungi mereka lewat medsos atau aplikasi messenger. Video call secara rutin juga dapat membuat hati terasa lebih lega.

Mungkin, semangat Anda tidak akan langsung bangkit dalam semalam saja. Bisa saja, Anda membutuhkan waktu. Hal yang paling penting, Anda telah melakukan sesuatu. Walaupun berat, semua ini akan terlewati.

Simak juga berbagai tips seputar produktivitas lainnya hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Dylan Ferreira on Unsplash

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *