Running A Business

5 Elemen Strategi Pemasaran yang Harus Bisnis Anda Kuasai

 
  • 25
    Shares

Loading...

Beberapa pakar pemasaran yaitu Boyd, Walker, dan Larreche menyatakan, “Pemasaran adalah suatu proses sosial yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang memungkinkan individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain dan untuk mengembangkan hubungan pertukaran”.

Jelas sekali bukan apa tujuan dari pemasaran jika dilihat dari pengertian diatas? Ya tapi seperti yang kira ketahui pemasaran bukanlah hal yang simple. Untuk mencapainya tentu dibutuhkan sebuah strategi pemasaran. Lalu dasar apakah yang harus kita gunakan untuk membuat strategi pemasaran ini? Tentu tidak asal pakai bukan? Ya, harus dibutuhkan integrasi antara SDM, strategi utama perusahaan dengan lingkungan sekitarnya. 

Berikut adalah 5 elemen strategi pemasaran yang harus bisnis anda miliki menurut pakar pemasaran Corey (dalam Tjiptono, 1997):

1. Penelitian pasar

Penelitian pasar berguna untuk mengetahui apakah pasar yang kita bidik benar-benar bagus. Penelitian pasar dimulai dengan melakukan segmentasi pasar dan kemudian memilih pasar sasaran yang paling memungkinkan untuk dilayani oleh perusahaan.

2. Perencanaan produk

Perencanaan produk meliputi produk apa yang dijual, desain produk, penawaran produk, manfaat produk, harga produk, merek produk, stock produk, jaminan dan garansi, bantu teknis , serta hubungan personal yang mungkin terbentuk di antara pembeli dan penjual

3. Penetapan harga

Sebelum anda menentukan harga jual anda, penting bagi anda untuk melakukan perbandingan harga dengan kompetitor. Kami tahu, pasti anda ingin memberikan harga yang bersaing namun perlu diingat pula margin dan harga pokok produk anda sehingga target ROI tetap sesuai rencana.

4. Sistem distribusi

Sistem distribusi juga harus anda rencanakan matang-matang. Mungkin anda bisa memasarkannya dengan tangan sendiri, namun bukankah lebih efektif jika ada keterlibatan agen atau reseller dengan anda? Dengan begitu pemasaran lebih meluas, dan keuntunganmu makin berlimpah.

5. Komunikasi pemasaran (promosi)

Komunikasi pemasaran (promosi) meliputi periklanan, personal selling, promosi, direct marketing, dan public relation. Yang sedang tren saat ini adalah digital marketing dimana kita memanfaatkan media digital seperti website atau sosial media untuk memasarkan produk kita. Kini gaya hidup pelanggan sudah beralih ke era modern sehingga bisnis anda pun harus mengikutinya untuk bisa merebut pasar pelanggan.

5 Elemen diatas tidak dapat dipisahkan satu sama lain, sehingga harus saling berkaitan. Kurang maksimal 1 satu elemen tentu akan mempengaruhi elemen lainnya. Untuk itu Anda perlu membangun strategi pemasaran dengan team yang solid dan perencanaan yang matang.

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

Ingin mendapatkan tips lain seputar strategi pemasaran? Download ebook The Billionaire’s Blue Print secara GRATIS yang berisi 100 Cara Mendatangkan Pelanggan Dari Seluruh Penjuru. Tak hanya cara powerful tersebut, tim Mebiso juga akan membagikan rahasia milyarder yang jarang dipraktekkan oleh banyak pengusaha. Tunggu apalagi, download EBook The Billionaire’s Blue Print sekarang. Semakin cepat Anda mendownload, semakin cepat Anda meninggalkan kompetitor Anda!

 

Loading...

  • 25
    Shares

1 komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *