Running A Business

5 Hal Penting Dalam Melayani Customer

 
  • 3
    Shares

Loading...

Halo Pemilik Bisnis. Saya tahu, Anda yang menyadari pentingnya customer service akan se­lalu melakukan inovasi dan perbaikan secara terus menerus. Tu­juan akhirnya agar mereka tetap menjadi pe­langgan yang loyal dan bahkan dapat menjadi brand ambassador produk Anda. Nah, untuk itu mari kita cek kembali beberapa part terpenting ketika Anda melayani pelanggan:

1. Reward program

Banyaknya loyal customer yang perusahaan Anda miliki, menunjukkan bahwa perusahaan Anda mampu mengelola harapan customer, sehingga akhirnya mereka merasa akrab, cocok dan nyaman. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah melalui reward programm (program pemberian penghargaan). Dengan adanya program tersebut akan menambah rasa kekeluargaan dan kepercayaan customer terhadap perusahaan Anda. Bahkan akan sangat mungkin muncul potensial customer yang juga ikut melirik perusahaan Anda.

2. Standarisasi pelayanan customer

Standarisasi pelayanan sangat dibutuhkan agar perusahaan bisa berkembang cepat. Standarisasi tersebut misalnya seperti kualitas pelayanan, kebersihan, penampilan karyawan, cara berkomunikasi kepada customer, dan masih banyak hal lainnya.

Standarisasi ini erat kaitannya dengan Standard Operating Procedures (SOP), yang bertujuan untuk memenuhi kepuasan customer. Apabila telah ada SOP yang jelas di perusahaan Anda, maka hendaknya SOP tersebut disosialisasikan dengan baik kepada seluruh karyawan. Agar ada keselarasan pelaksanaan SOP diseluruh unit kerja sesuai tujuan pembuatannya.

3. Service excellence

Service Excellence adalah salah satu kunci sukses lainnya agar perusahaan mampu berkembang. Jadi, mau tidak mau Anda harus selalu konsisten dalam mengatur Service Excellence agar mampu memuaskan semua customer. Karena dari setiap customer yang puas itulah, Anda telah meletakkan dasar yang kuat untuk bisnis.

4. Customer service trends

Ada beberapa tren pelayanan terhadap customer yang saat ini tengah gencar diaplikasikan beberapa perusahaan, antara lain yaitu

  • Layanan 24/7. Karena mayoritas customer dari Indonesia selalu berharap untuk bisa dilayani selama 24 jam per-hari dalam 1 minggu. Karena yang mereka butuhkan adalah kendala cepat selesai.
  • Data customer merupakan aset paling berharga. Satu hal yang mungkin Anda belum terlalu serius melakukannya, yaitu mencari data prospect customer yang mengunjungi website Anda.
  • Komunitas. Dengan adanya komunitas customer akan membuka kesempatan bagi Anda untuk bisa berinteraksi langsung kecustomer dan sekaligus memberikan knowledge sharing produk/ jasa yang benar.

5. Happy employees make happy customers

Passion karyawan di perusahaan Anda dalam melayani customer merupakan hal penting untuk menciptakan timbal balik yang positif dan mengena di hati pelanggan.

Senyuman tulus, sapaan yang hangat, perilaku dalam memberikan pelayanan yang santun, dan semangat dalam bekerja tentunya bisa ditangkap oleh customer sebagai penghargaan sehingga menentukan apakah customer tersebut membeli produk/jasa di perusahaan Anda.

Nah, apakah Anda sudah menemukan cara yang sesuai dengan apa yang Anda dan perusahaan Anda butuhkan saat ini? Jika Anda memiliki pendapat lainnya, Anda bisa share di kolom komentar yang sudah tersedia. Selamat mencoba :)

Baca juga:

4 Kualifikasi Dasar Seorang Customer Service Perusahaan Anda

10 Kualifikasi Bagi Customer Service Bisnis Anda

Berkolaborasi Bersama Pelanggan itu Penting

Loading...

  • 3
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *