Start A Business

5 Hal yang Bisa Kamu Hindari untuk Presntasi Bisnis yang Lebih Baik

 

   

Untuk berbisnis di era sekarang semakin mudah dan peluangnya terbuka lebar. Saat ini juga tidak terlalu banyak hambatan untuk menjadi wirausaha. Bahkan untuk urusan pernodalan bisnis pun kita bisa memperoleh dari angel investor melalui presentasi bisnis ke mereka.

Bagi yang belum terbiasa bernegosiasi atau presentasi bisnis. Pitch to Investor akan menjadi hal yang sulit. Presentasi bisnis selain didukung dengan komunikasi yang baik, harus juga di dukung dengan pitch deck atau slide presentasi yang baik.

Bagi kamu yang akan presetasi bisnis jangan khawatar,tim mebiso telah merangkum beberapa hal yang harus kamu hindari agar presentasi nanti berjalan dengan baik dan lancar.

Presentasi Tanpa Telling Good Story

Banyak juga pengusaha ketika menjelaskan bisnisnya terlalu susah untuk dicernah. Tidak runtut dan terstruktur dengan baik. Dari bicara tentang A tiba-tiba langsung ke Z. Hal ini terjadi karena ketika presentasi kita lupa untuk menggunakan metode telling good story.

Metode presentasi dengan cara bercerita juga memudahkan kita menyampaikan bisnis kita ke banyak orang. Para audience kita juga akan lebih mudah mencernah. Untuk itu hal pertama yang harus dihindari dalam presentasi bisnis adalah tidak menyampaikan seperti bercerita.

Terlalu banyak informasi

Waktu yang tersedia untuk presenti bisnis tidak terlalu banyak. Biasanya tidak sampai 10 menit, bahkan adalah tiga atau lima menit. Untuk itu kita dituntut dapat merangkum dan menceritakan semua tentang bisnis kita di waktu yang terbatas.

Perlu bagi kita untuk menyederhanakan informasi yang kita akan berikan kepada para audience. Prioritaskan mana hal yang penting untuk dibagikan mana informasi yang tidak terlalu penting untuk dibagikan kepada audience.

Terlalu banyak fitur

Dalam presentasi bisnis kamu harus bisa fokus. Jangan terlalu banyak fitur atau keunggulan dari bisnismu. Cukup pilih salah satu aja, mana fitur yang paling menonjol di bisnismu dan memiliki pengaruh banyak.

Paling tidak kamu bisa hanya cerita 3 fitur unggulan tentang produkmu. Jika terlalu banyak, bisa dipastikan maka akan membuat orang yang melihat presentasi kita aka merasa bingung dari tentang fitur dari suatu produk.

Menyelesaikan masalah terlalu banyak

Sebagai pemilik bisnis kamu sendiri harus yakin bahwa produk yang kamu ciptakan memliki manfaat tertentu bagi pengguna. Manfaatnya juga harus dapat menyelesaikan manfaat yang dialami para pengguna dari produkmu.

Tapi kembali lagi, karena waktu presentasi bisnis hanya sekitar 10 menit maka kamu tidak harus menceritakan terlalu banyak masalah yang ingin kamu selesaikan dengan bisnismu. Kamu cukup menuliskan masalah paling penting dan urgent yang kamu beri solusi melalui produkmu.

Menggunakan fakta palsu

Ketika presentasi kamu harus jujur, harus bisa menggunakan fakta yang ada. Yang harus dihindari juga adalah presentasi bisnis menggunakan data palsu dan manipulatif. Kita harus menyampaikan berdasarkan performa yang sesungguhnya dari bisnis kita.

Kamu tidak bisa mengklaim suatu prestasi yang mana itu bukan dari bisnismu. Sampaikan lah apa adanya, meskipun penjualan produkmu belum banyak. Tahap ini intinya kamu sebisa mungkin untuk hindari menggunakan fakta dan data palsu.

 

Nah, kini kita sudah mulai paham hal apa saja yang harus kita hindari ketika akan melakukan presentasi bisnis. Kelima poin diatas bisa kamu jadikan acuan untuk mempersiapakan presentasi bisnis kepada investor atau pihak yang ingin bekerja sama dengan bisnismu. Selamat mencoba.

Baca artikel menarik lainnya

Strategi Pemasaran untuk Melejitkan Bisnismu

Inspirasi Bisnis Pariwisata 2018

Mau Bisnis Minuman, Coba 9 Ide Bisnis Ini

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *