Start A Business

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Website

 
  • 15
    Shares

   

Membuat sebuah website memang terlihat mudah untuk sebuah web programming dan web desainer. Namun ada kalanya membuat website terlihat sulit dan cukup rumit ketika kita tidak tahu apa yang dibutuhkan untuk bisa membuat website yang menarik dan informatif. Kita bisa saja meminta bantuan para ahli untuk membantu kita membuat website yang kita inginkan, tapi masih ada ternyata yang kita butuhkan untuk memenuhi syarat sebuah website bisa menarik bagi pengunjuk internet. Nah, berikut ini adalah 5 hal yang harus diperhatikan sebelum kita membuat sebuah website:

1. Nama domain

Apalagi yang harus diingat sebelum pada akhirnya kita bergelut dengan internet, selain nama domain. Seperti halnya ketika kita ingin mencari suatu tempat, pertama yang harus kita tahu adalah nama alamatnya. Begitu juga dengan website, sebagai sebuah tempat orang mencari berbagai informasi, website memerlukan sebuah nama domain sebagai petunjuk untuk orang – orang yang ingin mencari informasi. Nama domain sendiri bergantung dari kita yang ingin memilikinya. Kita bisa memberikan nama domain sesuai keinginan kita. Itu artinya Anda harus berebut dengan jutaan orang di dunia ini untuk mendapatkan nama domain yang Anda inginkan. Jangan kecewa ketika nama domain yang Anda inginkan sudah tidak ada atau tidak tersedia lagi. Itu karena nama domain di dunia ini hanya ada satu dan tidak bisa diduplicate.

2. Logo website

Sebuah website akan dikenal dan diingat oleh pengunjungnya ketika mereka memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri, selain dari konten yang memang dibutuhkan. Logo menjadi salah satu kebutuhan yang wajib terpenuhi saat Anda akan membuat sebuah website. Logo bisa membantu Anda menunjukkan website apa yang sedang Anda kelola. Website sekolahkah? Bisniskah? Toko onlinekah? atau website perusahaan. Nah dari sebuah logo, pengunjung bisa tahu siapa Anda, karena memang terkadang sebuah logo akan mencantumkan nama perusahaan atau inisialnya. Logo harus selalu ada di setiap website. Sejelek – jeleknya logo, logo tetap yang menjadi salah satu ciri khas dari sebuah website.

3. Penggunaan teks

Penggunaan teks atau sering kita sebut dengan typhografi harus menjadi salah satu yang kita beri perhatian lebih. Karena penggunaan teks yang cocok dengan website akan memberikan nilai tambah untuk website kita. Kita harus tahu jenis teks apa yang kira – kira cocok dan pas dengan website kita. Seperti ketika website kita berbasis toko online anak atau remaja, kita bisa memilih jenis teks atau font yang fun, ceria dan tidak membosankan jika dibaca oleh kalangan mereka. Begitu juga ketika website kita menjurus ke hal yang serius seperti website perusahaan, kita bisa memilih jenis teks yang sedikit lebih serius dan terlihat konsisten.

4. Penggunaan warna

Warna, komponen penting yang satu ini tidak dapat dipisahkan ketika Anda sedang merancang pembuatan sebuah website. Sama halnya dengan penggunaan teks, warna juga harus sesuai dengan jenis dan fungsi dari website kita. Pemilihan warna memang biasanya melibatkan selera dari si pembuat. Namun, kita tidak bisa menjadi individual ketika ingin menciptakan dan memberikan sesuatu kepada orang banyak. Kita harus sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan orang banyak. Terlebih jika website tersebut seperti toko online. Kita harus sesuaikan dengan target pasar yang akan kita tuju.

5. Tata Letak

Untuk membuat sebuah website yang tidak hanya menarik, tetapi juga informatif, kita perlu tahu dulu tentang ingin desain seperti apa websitenya nanti, dan ingin digunakan untuk apa websitenya nanti. Ini akan membantu seorang web desainer dan developer website untuk membuat dan mengembangkan websitenya. Seperti yang sedang trend seperti sekarang ini, yaitu web responsif. Seorang desainer web dan web programming harus mampu bekerjasama dengan baik untuk membuat dan menentukan setiap tata letak dari konten – konten didalam website tersebut. Untuk sebuah toko online, tata letak sangat menentukan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam berbelanja di website tersebut. Konten yang dibuat harus disesuaikan dengan kebutuhan, agar tidak menggunakan ruang yang tidak dibutuhkan.

Baca juga:


  • 15
    Shares

Artikel Terkait

2 komentar

  • 15 March 2015 - pukul 1:03

    terima kasih kasih ya bos atas informasinya….

  • Tebar System Development
    13 August 2018 - pukul 5:55

    Thanks infonya. Bahasanya simpel dan isinya mudah dipahami :)

    Salam

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *