Start A Business

5 Ide Bisnis Seputar Mahasiswa

 
  • 2
    Shares

Loading...

Pangsa pasar mahasiswa sekarang tidak bisa dianggap remeh lagi. Potensi market pada segmen ini sangat besar untuk menjadi sebuah ide bisnis, ada beberapa bisnis bisa sukses besar karena target market mereka adalah para mahasiswa.

Jumlah mereka sangat besar, dalam tahun 2018 saja jumlah mahasiswa dipreiksi berjumlah lebih dari 7,5 juta orang yang tersebar di berbagai nusantara. Ada beberapa kota di Indonesia yang memiliki jumlah mahasiswa yang cukup banyak.

Kota tersebut adalah Yogyakarta, Malang, Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Jika kamu bertempat tinggal di kelima kota tersebut tidak ada salahnya kamu mencoba membuka bisnis untuk target market para mahasiswa.

Untuk membantumu lebih mudah memulai bisnis, mebiso telah memberikan 5 ide bisnis yang bisa kamu coba untuk memanfaatkan potensi besar dari para mahasiswa. Simak.

Laundry Kiloan

Mahasiswa saat ini beda dengan mahasiswa dahulu. Mereka cenderung menyukai sesuatu yang praktis. Mereka lebih memilih mengeluarkan uang dari pada harus kehilangan waktu dan tenaga untuk hal tertentu, misalnya mencuci baju.

Laundry Kiloan bisa menjadi solusi bagi mahasiswa yang ingin praktis dan memiliki waktu sedikit. Hal ini karena memang sebagian besar mahasiswa sekarang sudah terlalu sibuk dengan tugas kuliah dan beragam kegiatan di dalam maupun di luar kampus.

Rumah Makan

Kebutuhan dasar lainnya adalah makanan. Mahasiswa juga membutuhkan makan untuk kegiatan sehari-harinya. Hampir sebagian besar mahasiswa membeli makan di ruang. Di warung makan sekitar.

Sebagian kecil saja yang kebetula tempat tinggalnya memiliki dapur, mereka membuat sendiri makanannya. Tapi ini sudah hampir tidak ada, mahasiswa lebih senang untuk membeli makan di luar dengan alasan lebih praktis dan cepat.

Percetakan dan Fotocopy

Selama perkuliahan mahasiswa akan berusahaan dengan dunia cetak mencetak. Mulai mencetak proposal, tugas-tugas kampus, atau menfotocopy beberapa dokumen. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis.

Jika kamu amati banyak penyedia jasa fotocopy dan percetakan yang tumbuh subur di sekitar kampus. Hal ini memang dikarenakan tidak semua mahasiswa memiliki mesin cetak sendiri, mereka lebih memilih ke percetakan kerena lebih cepat dan hemat

Coffee Shop

Mahasiswa adalah anak muda yang suka untuk nongkrong dan berkumpul dengan teman sebayanya. Tak heran jika sebagian besar mahasiswa suka mengunjungi tempat-tempat yang nyaman untuk mengobrol dan berdiskusi selama berjam-jam.

Saat ini memang timbul tren baru dimana para anak muda dan mahasiswa menyuka minum es kopi. Berbagai kedai kopi baru bermunculan dengan kopi andalannya. Kamu bisa mencoba menangkap peluang ini dengan membuka coffe shop.

Persewaan Kos-Kosan

Ini adalah kebutuhan utama mahasiswa. Bagi merka yang perantau dan tempat tinggalnya jauh dari kampus. Maka mereka akan memilih untuk menyewa kamar di dekat kampus. Bisnis ini sudah ada sejak dulu dan ini meruapakan bisnis yang sangat menguntungkan.

Dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga berjuta-juta tiap bulan bisnis kos-kosan akan tetap menjanjikan. Apalagi jika kamu bisa membuat kos-kosan dengan fasilitas tambahan seperti gratis wifi dan bebas biaya listrik. Pasti kos-kosanmu akan terisi penuh.

Nah, itu tadi kelima ide bisnis untuk target market mahasiswa yang bisa kamu coba di tahun 2019. Selamat mencoba.

Baca Juga Artikel Menarik ini

Cara Tepat Untuk Fokus pada Bisnismu

5 Tips untuk Memulai Menjadi Sociopreneur

Empat Ide Bisnis Dibidang Pendidikan

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *