Start A Business Tips Bisnis

5 Inspirasi Bisnis Kuliner Ramadhan Tahun 2020

 

Loading...

Bisnis Kuliner RamadhanBulan suci ramadhan sebentar lagi datang. Selain tambah pahala, Anda bisa tambah rezeki di bulan suci dengan cara berbisnis kuliner! Intip berbagai inspirasi bisnis kuliner untuk bulan ramadhan berikut ini.

Raup berkah bulan suci dengan bisnis kuliner ramadhan

Bulan suci ramadhan adalah momentum penting bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Banyak kebiasaan serta keperluan yang berbeda dari bulan-bulan biasanya ketika ramadhan, terutama untuk urusan kuliner.

Banyak orang yang memanfaatkan momentum bulan suci untuk berbisnis kuliner. Anda pun bisa memulai bisnis kuliner untuk bulan ramadhan yang akan datang ini. Namun, masih bingung ingin berbisnis apa? Berikut ini berbagai peluang bisnis kuliner khusus bulan suci yang bisa Anda coba.

1. Bisnis buah kurma

Mengonsumsi buah kurma terutama saat berbuka merupakan sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Hal ini menjadikan buah kurma selalu dicari ketika ramadhan tiba. Berbisnis buah kurma pun sangat berpotensi laris manis.

Anda bisa berjualan kurma dengan sistem reseller. Cara ini lumayan mudah, Anda juga bisa berjualan secara online dengan mengirimkan kepada pembeli lewat kurir. Oh ya, pastikan bahwa pemasok menyediakan buah kurma berkualitas baik, ya!

2. Katering makanan sahur

Sahur adalah ritual terpenting saat ramadhan. Dengan makan sahur, kita mendapat asupan gizi sebagai bekal berpuasa seharian.

Lain halnya dengan anak kos. Banyak anak kos yang kerepotan mencari makanan sahur. Mereka harus rela membeli makanan saat pagi buta agar bisa makan sahur.

Oleh karenanya, dengan katering makanan sahur bisa menjadi solusi bagi mereka. Yap, bisnis katering makanan sahur bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Buatlah menu makanan yang menarik dan sehat. Menu makanan ala masakan rumahan selalu digemari, lho.

Selain itu, pertimbangkan juga soal pengiriman makanan, karena menyediakan dan mengirimkan makanan untuk sahur bukan perkara mudah. Apakah butuh merekrut kurir khusus untuk mengirimkan makanan? Lalu, kapankah waktu ideal untuk pengiriman makanan?

3. Ragam makanan dan minuman untuk takjil

Bagaikan acara puncak, waktu berbuka puasa adalah waktu yang istimewa. Setelah seharian berpuasa, takjil alias makanan pengantar buka puasa akan diburu orang-orang. Ada berbagai ide bisnis untuk takjil, mulai dari makanan hingga minuman.

Menu makanan dan minuman tradisional tidak pernah kehilangan penggemar. Untuk makanan, aneka gorengan dan kue basah adalah camilan primadona. Selain itu, Anda juga bisa meracik aneka kolak, bubur sumsum manis, atau candil (biji salak).

Untuk minuman, Anda bisa menyediakan berbagai olahan es. Ada es kelapa, es campur, es teler, es pisang ijo, es manado, dan masih banyak lagi jenis es segar yang bisa Anda jual.

Selain tradisional, olahan makanan kekinian pun bisa mengundang minat calon pembeli. Anda bisa berjualan minuman boba, churros, pizza mini, banoffee pie, atau aneka dessert lainnya.

4. Aneka kue kering

Setelah ramadhan, kita akan menghadapi lebaran. Banyak orang yang telah mengambil ancang-ancang mempersiapkan hari lebaran, termasuk dengan menyetok kue kering.

Berbisnis kue kering ini lumayan, lho. Kue kering bisa disimpan lama, sehingga bisa dijual dalam jangka waktu yang lebih panjang. Selain itu, kue kering juga mudah dibuat, banyak resep kue kering lezat yang bisa Anda temukan.

Gunakan kekuatan medsos untuk mempromosikan kue kering Anda. Selain itu, jangan abaikan kekuatan word of mouth alias promosi mulut ke mulut! Ajak orang-orang terdekat untuk mempromosikan kue kering Anda kepada orang yang mereka kenal.

5. Parsel dan hampers untuk lebaran

Berkirim bingkisan adalah salah satu budaya yang dilakukan selama ramadhan hingga lebaran. Anda bisa memanfaatkannya dengan berbisnis parsel atau hampers alias bingkisan cantik.

Anda bisa mengemas berbagai makanan seperti kue kering, snack kemasan, sirup, coklat, dan lain-lain. Perhatikan tanggal kedaluarsa, jangan sampai bingkisan Anda berisi makanan yang sudah expired. Percantik tampilannya dan promosikan secara online, misalnya lewat medsos Instagram.

Bisnis kuliner ramadhan perlu dijalankan dengan sabar

Sama halnya dengan berbisnis kuliner sehari-hari, perlu ketekunan dalam menjalankan bisnis kuliner saat bulan suci ramadhan. Bagi yang Muslim, Anda juga harus menjaga kesehatan, karena tak mudah berbisnis saat sedang berpuasa. Persiapkanlah dari sekarang, agar eksekusi kelak berjalan matang.

Simak berbagai artikel menarik seputar bisnis dan entrepreneurship hanya dari Mebiso. Selamat berbisnis, selamat berburu rezeki!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *