Leadership

5 Kebiasaan Cerdas Para Pebisnis Sukses Sebelum Memulai Hari

 
  • 5
    Shares

   

Tidak bisa dipungkiri memang jika aktivitas seorang pebisnis jauh lebih padat ketimbang kita yang masih menjadi seorang karyawan atau pegawai. Hampir 24 jam sehari mereka menggunakan waktu untuk mengurus bisnisnya, mulai dari merencanakan, menyiapkan setiap keperluan dan lain sebagainya. Itu membuat setiap pebisnis harus memiliki tenaga atau stamina yang sangat besar.

Tapi sebenarnya apa sih yang mereka lakukan saat pagi hari sebelum memulai pekerjaannya? Karena di tengah kesibukannya, mereka masih bisa melakukan hal – hal lain yang mereka sukai. Berikut ini beberapa pendapat dari para pebisnis online sukses tentang kebiasaan di awal hari mereka.

Mengucapkan syukur

bersyukur

Hampir setiap yang kami tanyakan tentang apa yang biasa mereka lakukan di pagi hari, jawabannya adalah selalu mengucapkan syukur dengan beribadah. Hampir setiap yang kita lakukan baik, buruk, sukses ataupun gagal selalu mengikutsertakan campur tangan Tuhan. Sehingga sekeras apapun kita akan berusaha, sebesar apapun rencana kita untuk hari ini, jika kita tidak memulai hari dengan bersyukur, semua akan terasa sulit.

“Sholat Dhuha 6 rakaat. Insya Allah akan dicukupi rezekinya pada hari itu” Begitulah setidaknya yang dituturkan oleh Arif Mahardika sebagai seorang pebisnis online yang sibuk. Tak pernah ia tinggalkan ibadah sunnah selain ibadah wajibnya. Nah, dari sini kita akan belajar bagaimana mensyukuri dan siap menghadapi hari ini. Bagaimana dengan kamu, sudah bersyukurkah hari ini? :)

Membuka hari dengan menambah wawasan diri

membaca santai

Selain dengan beribadah, beberapa dari mereka juga melakukan hal ini di pagi hari. Kebiasaan membaca memang sulit dihilangkan dari beberapa orang. Sekalipun dunia semakin berkembang dan informasi semakin mudah didapatkan, mereka yang hobi membaca justru akan tetap setia membaca baik dari koran, majalah ataupun internet. Bagi mereka membaca di pagi hari akan menambah wawasan kita jauh lebih luas lagi.

“Selain itu biasanya saya buka internet untuk melihat berita update terutama tentang fashion, dan kebetulan dirumah langganan Koran jadi biasanya saya baca Koran juga agar tidak KuDet (Kurang Update)” Itulah yang dilakukan oleh Hanny Yovita setiap harinya. Membaca masih menjadi rutinitas yang terbilang wajib baginya.

Menulis poin penting hari ini

menulis agenda

Untuk seorang pemilik bisnis, besar kecil, online offline, menulis rencana kerja harian wajib dilakukan. Tidak jadi masalah saat kita akan menuliskan rencana kerja di handphone, kertas ataupun buku catatan khusus. Sekalipun kita adalah pengingat handal, menulis rencana harus tetap dilakukan. Alasannya tentu saja agar setiap rencana dan hasil kerja kita bisa tercatat dengan baik. Kita juga akan tahu apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang sudah berhasil dilakukan.

“Menulis poin penting apa yang harus dilakukan dalam sehari, dan lakukan yang terbaik untuk hari ini” Dan inilah yang dilakukan oleh Christallia Maha Chandra si pemilik toko online Duniapernik.com. Bukan hanya kita saja, beberapa pebisnis sukses kelas dunia juga melakukan hal sederhana ini. Contohnya saja Danny Meyer, CEO Union Square Hospitality Group yang juga menuliskan agenda sebelum ia memulai harinya.

Berolahraga

Jogging

Selain kegiatan di atas, berolahraga juga bisa jadi sebuah rutinitas wajib untuk seorang pebisnis. Di tengah kesibukan mereka yang padat, mereka harus bisa mengimbangi kesehatannya. Salah satu caranya dengan rutin berolahraga. Jika saja tidak begitu, bisa jadi kesehatan menurun dan aktivitas menjadi terganggu.

Tahu tidak kalau CEO Unilever, Paul Polman bahkan berangkat bekerja pukul 6 pagi dan ia memiliki banyak waktu untuk berjalan ke kantornya. Haha bagaimana ya dengan kita yang hidup dan tinggal di Indonesia. Sungguh sulit menemukan tempat yang sejuk untuk tempat kita berjalan dari rumah ke tempat bisnis kita. Tapi setidaknya lakukan olahraga rutin setiap harinya, agar kondisi fisik kita tetap prima, dan aktivitas tetap berjalan dengan lancar.

Melakukan hal yang disukai

mendengarkan musik lembut

Sebelum kita menyelam dalam rutinitas yang menyibukkan diri dan bahkan menghilangkan waktu kita untuk menikmati hobi, cobalah untuk melakukannya di pagi hari. Mulai dari hobi yang sederhana, seperti mendengarkan musik, membaca koran sambil menikmati secangkir kopi di pagi hari, sampai hobi memasak kita. Buatlah diri kita menjadi lebih bersemangat dengan melakukan hal yang menyenangkan di awal hari.

“Cuci muka dan gosok gigi kemudian duduk di teras sambil mendengarkan musik apabila belum ada kegiatan” Seperti itulah yang biasa dilakukan oleh Fajar Teguh, pemuda aktif yang juga bos sebuah bisnis online di daerah Malang, Jawa Timur. Tidak ada yang lebih menyenangkan dan membuat diri kita bersemangat, selain melakukan hal yang membuat kita tertarik untuk melakukannya.

Nah, kalau ini yang mereka lakukan, lalu apa yang biasa kamu lakukan untuk memulai hari? yuk coba share di sini :)

                              
Loading...

  • 5
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *