Running A Business

5 Kebiasaan Efektif para Web Marketer

 
  • 6
    Shares

Loading...

Masihkah Anda mengingat saat pertama kali menjadi seorang pebisnis online? Apa yang Anda lakukan pada saat itu pasti membuat repot dan pusing. Mulai dari menjadi pendiri, seorang staff HRD, Akuntan, sales sampai dengan pengembang produk.

Banyak pebisnis online seperti Bapak Bagus Permadi, pemilik Bajusenamgrosir.com, Bapak Kukuh Wira pemilik Niceforkids.com yang memilih fokus menjadi pemilik toko online dan pengembang ide serta strategi bisnis mereka. Sedangkan untuk urusan admin toko online dan juga segala posisi mereka serahkan kepada karyawan.

Apakah baik saat pemilik toko online juga menjadi seorang web marketer? Tentu saja karena bahkan hal ini wajib dilakukan. Karena setiap pemilik website toko online harus tahu dan bisa mengembangkan website mereka. Demi mendapatkan pengunjung yang ramai dan juga pelanggan yang berlimpah. Bukankah ini juga impian Anda?

Bahkan saat Anda sebagai salah satu pemilik bisnis online juga menjadi blogger dan marketer maka Anda sebenarnya sudah mendapatkan keuntungan berlipat dengan 3 alasan, yaitu:

  • Anda mampu mendidik dan mengarahkan pengunjung website
  • Anda mampu memprospek pelanggan potensial bagi bisnis Anda
  • Dan Anda pun juga bisa mengiklankan konten website

Nah, kini Anda harus mampu membagi keterampilan blogger dan web marketer untuk mengembangkan bisnis Anda. Untuk itu 5 kebiasaan ini akan membantu Anda menjadi seorang web marketer yang handal:

1. Menetapkan tujuan konversi pengunjung

Apapun dan dimanapun Anda bekerja dan mendirikan bisnis, menetapkan setiap tujuan dari bisnis Anda adalah sebuah KEHARUSAN. Terlebih saat Anda memiliki sebuah website toko online. Anda harus bisa membuat dan menentukan tujuan dari konversi pengunjung menjadi pelanggan potensial.

Dari sinilah Anda bisa menentukan bagaimana seharusnya konten Anda dibuat dan diletakkan di dalam halaman website. Mulai dari fitur, konten tulisan sampai dengan tombol navigasi yang berfungsi mengarahkan pengunjung menuju ke halaman produk dan membeli produk kita.

Ingin mendapatkan tips bagaimana mendatangkan traffic kemudian dikonversi menjadi pelanggan? download EBook The Billionaire’s Blue Print secara GRATIS. Pada ebook tersebut Anda akan mengetahui 100 Cara Mendatangkan Pelanggan Dari Seluruh Penjuru.

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

2. Menganalisis perilaku setiap pengunjung

Saat Anda memiliki sebuah tempat bisnis, disitulah juga menjadi tempat Anda untuk menganalisis perilaku pengunjung website Anda. Kenapa? Karena tidak semua pengunjung yang datang akan menjadi potensial customer Anda. Sedangkan upaya Anda harus terus dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk di website Anda.

Website yang Anda gunakan bisa langsung dikombinasikan dengan tools yang dapat melihat lalu lintas pengunjung di website Anda, seperti Google Analytics. Dengan tools ini, Anda bisa melihat berapa jumlah pengunjung website Anda, siapa saja mereka, darimana mereka berasal, halaman dan konten apa saja yang banyak diakses.

Nah, ketika Anda sudah mendapatkan data-data ini, Anda bisa mulai melakukan perbaikan terhadap konten yang kurang tepat, mengembangkan konten yang sudah ada atau meningkatkan intensitas promosi website Anda.

3. Mengetahui setiap tugas yang Anda miliki

Saya yakin, sebagai pebisnis online yang sukses Anda pun memiliki banyak pekerjaan yang berbeda-beda. Bahkan memprioritaskan pekerjaan sudah menjadi kewajiban Anda, agar setiap pekerjaan yang Anda lakukan bisa memberi hasil yang maksimal.

Tapi Anda pun harus tahu apa saja tugas web marketer agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Mulai dari:

  • Ignitur: Proyek atau manajemen tugas untuk web marketer
  • Asana: Tugas memanajemen semau orang
  • Liquid Planner: Jadwal manajemen untuk tenggang waktu tertentu

4. Terus tingkatkan upaya promosi website Anda

Saat Anda sudah memiliki website dengan tampilan menarik dan fitur yang telah banyak disarankan website berpengunjung ramai, maka website Anda juga akan memiliki banyak kunjungan. Kenapa? Karena bagaimanapun website Anda diciptakan dengan sangat menarik, tapi ketika Anda tidak mempromosikannya dengan maksimal, maka tidak akan satupun pengunjung yang tertarik dan bahkan jumlah pengunjung website Andapun tidak akan bertambah.

Untuk bisa mempromosikan website dengan sangat efektif, Anda perlu menguasai setidaknya 1 tekniknya yaitu copywriting. Kenapa harus? Karena mempromosikan website di berbagai media tentu Anda akan menggunakan konten teks ataupun gambar yang dikombinasikan dengan berbagai kata-kata yang menarik. Nah, kata-kata inilah yang harus dibuat dengan teknik copywriting atau tulisan yang menghipnotis.

Tanpa Anda sadari sebelumnya, bahwa teknik ini dapat membantu meningkatkan profit bisnis Anda melalui media digital. Artikel berikut ini akan membantu Anda untuk menemukan alasan mengapa copywriting bisa membantu kesuksesan promosi bisnis Anda.

5. Delegasi dan kolaborasi dengan pihak lain

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal untuk promosi website bisnis, maka luangkanlah waktu untuk banyak melakukan usaha promosi tersebut. Sedangkan untuk membuat konten baik tulisan maupun gambar bisa Anda delegasikan kepada mereka yang memang sudah ahlinya. Supaya Apapun yang website Anda butuhkan untuk menarik orang berkunjung dan membeli menjadi terealisasi.

Seperti dengan menggunakan jasa pelayanan website toko online instan dari Jagoanstore.com. Karena Anda bisa langsung memilih template dan menggunakan website tersebut. Ini tentu memudahkan Anda untuk melakukan upaya pemasaran website, di sosial media, marketplace bahkan dengan iklan berbayar. Sehingga Anda lebih berkonsentrasi untuk mempromosikan bukan lagi mengembangkan fitur di website. :)

Loading...

  • 6
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *