Running A Business

5 Kebutuhan Konten Marketing yang Harus Dipenuhi Setiap Bisnis

 
  • 3
    Shares

Loading...

Konten marketing menjadi hal yang harus dipenuhi dalam sebuah proses bisnis atau kegiatan promosi suatu bisnis. Konten marketing saat ini sudah banyak wujudnya, bukan hanya berupa tulisan seperti iklan di brosur, tapi konten marketing juga ada berupa video viral. Jadi setiap bisnis bisa memilih dan membuat konten marketing mereka dengan gaya dan kebutuhan mereka. Dalam membuat sebuah konten marketing ada beberapa hal yang memang benar – benar harus dipenuhi. Apa saja itu? Berikut ini ulasannya:

1. Memenuhi kebutuhan

Konten yang dibuat haruslah menjawab setiap kebutuhan yang tidak terpenuhi oleh jenis bisnis lain atau pertanyaan yang pelanggan Anda selalu berikan. Sebelum kita menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan, kita harus terlebih dahulu memberikan apa yang mereka butuhkan. Dalam hal ini adalah solusi dari setiap pertanyaan atau masalah yang dimiliki oleh pelanggan Anda. Mereka akan terus mencari solusi dari bisnis Anda.

2. Tetap konsisten

Satu kunci kesuksesan dari penulis manapun adalah sebuah konsisten. Konsisten dalam hal menulis, gaya menulis, bahkan sampai penggunaan tanda baca adalah hal yang dapat membuat seorang penulis bisa diingat dan memiliki ciri khas tersendiri di masyarakat. Ini juga penting bagi sebuah penulisan konten marketing. Sebuah bisnis profesional tentu akan menunjukkan bagaimana mereka konsisten dalam segala yang mereka lakukan, termasuk dalam pembuatan konten marketing. Ada pula konsisten yang dibutuhkan seperti rutinnya mengirim email penawaran atau newsletter kepada pelanggan. Memberikan mereka baik email harian, mingguan atau bulanan.

3. Lebih friendly

Sebuah konten yang ditujukan kepada pembaca umum adalah konten yang dapat dibaca dan diterima dengan mudah oleh banyak kalangan. Namun sebelum itu, penting bagi kita untuk menentukan target penulisan konten marketing kita. Kita juga harus menuliskannya dengan bahasa yang lebih bersahabat. Artinya cobalah untuk menulis dengan bahasa sendiri yang ditata sedemikian rupa. Kata – kata yang hanya copy paste atau mencontoh dari translate akan membuat pembaca kesulitan menerima artinya. Itu sebabnya Anda sebisa mungkin harus membuat tulisan konten yang lebih friendly untuk pelanggan – pelanggan Anda.

4. Tentukan sudut pandang

Dalam proses penulisan konten marketing dan memberi solusi kepada pelanggan kita bisa menggunakan sudut pandang baik dari sisi kita atau perusahaan. Namun lebih baik berikan solusi dari sudut pandang perusahaan atau proses bisnis yang sedang Anda jalankan. Berikanlah solusi atau jawaban dengan apa yang memang benar – benar bisnis Anda bisa selesaikan. Bantu mereka menemukan solusi dengan menuntun mereka pada bisnis Anda.

5. Sedikit menjauh dari obrolan penjualan

Sekalipun kewajiban Anda mengarahkan pelanggan atau pembaca kepada bisnis Anda, tapi pastikan setiap tulisan konten yang Anda buat menjauh dari hal yang berhubungan dengan penjualan. Pembaca akan merasa enggan untuk membaca konten yang terlalu banyak kata – kata menjual. Cobalah untuk mengikuti dan memberikan apa yang pembaca butuhkan, bukan hanya terfokus bagaimana mendapatkan pembaca untuk menjadi pelanggan. Jika kita bisa masuk ke hati mereka dengan tulisan dan solusi yang kita berikan, maka pelanggan akan dengan sendirinya mencari siapa kita dan apa yang benar – benar bisa kita berikan.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

6 Tips Memicu Peningkatan Konten dengan Sosial Media

Tips Meningkatkan Kualitas Brand dari Website Anda

4 Hal yang Harus Diketahui Tentang Email Marketing

Loading...

  • 3
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *