Technology

5 Kebutuhan Membuat Website Bisa Diakses Lebih Cepat

 

Sebuah website akan sangat penting ketika menjadi nyawa dari sebuah pekerjaan atau bisnis. Jika Anda seorang pebisnis Anda tentu akan sedikit banyak memperhatikan fungsi dari website Anda, baik bisnis online ataupun offline yang Anda miliki. Karena website akan menyampaikan informasi bisnis Anda kepada audiens yang belum mengenal siapa Anda. Dan itu sebabnya, sebuah website bisnis profesional tentu harus memiliki kualitas yang baik, termasuk pada kecepatannya. Nah, dibawah ini ada 5 kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap pemilik website untuk mengoptimasi kecepatan website mereka.

1. Optimasi video

Video memang sangat menarik jika dijadikan bahan pembuat konten bagi sebuah website. Namun, video juga menarik lebih besar kemampuan lalu lintas dari akses website Anda, baik di browser PC ataupun smartphone Anda. Jika memang website Anda memuat video, maka pertimbangkan keseimbangan antara kualitas video dengan kemampuan kecepatan pemuatnya. Semakin tinggi kualitas video, maka semakin banyak waktu yang diperlukan untuk memuat.

2. Gambar lebih lambat dari seribu kata

Selain video, gambar juga memiliki muatan akses yang cukup besar, sekalipun tidak sebesar video. Bahkan satu gambar akan lebih memberatkan akses daripada Anda menulis seribu lebih kata dalam satu artikel. PNG dan BMP adalah jenis gambar yang mengambil lebih banyak ruang dan beban secara perlahan. Sebuah website harus dan sebaiknya menggunakan gambar dengan ekstensi JPEG yang terkompresi. Memecah gambar dan teknik splicing adalah teknik yang digunakan untuk memuat gambar dengan lebih cepat. Dan pastikan gambar animasi hanya akan ditampilkan beberapa kali saja.

3. Aktifkan cache

Kecepatan akses website juga bisa dipengaruhi dari segi browser yang digunakan. Cobalah untuk mengaktifkan caching pada browser Anda. Karena caching akan memungkinkan browser Anda untuk menarik halaman yang dikunjungi sebelumnya dari memori cache. Ini tentu saja akan memberikan website Anda loading yang lebih cepat.

4. Lakukan hanya yang dibutuhkan

Jika Anda membangun website Anda sendiri, maka cobalah untuk meringkas penggunaan kode yang benar – benar penting bagi website Anda. Anda harus menggurangi penggunaan kode HTML, CSS dan JavaScript yang tidak diperlukan. Hindari juga penggunaan Flash, karena ini akan mengurangi kecepatan loading website Anda. Bukan hanya itu, optimasi SEO website Anda juga tidak akan berjalan.

5. Memilih provider yang tepat

Selain dari segi internal website yang harus dioptimalkan, Anda juga harus memperhatikan provider yang melayani kebutuhan Anda terhadap hosting dan domain website Anda. Anda harus bijak dalam memilih layanan penyedia hosting terbaik di Indonesia. Uji kualitas layanan mereka dari spesifikasi apa yang mereka miliki dan juga dari testimonial pelanggan yang mereka miliki. Penyedia hosting terbaik akan memberikan jaminan bukan hanya kecepatan, tapi juga keamanan data website Anda.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

10 Ciri Desainer Website yang Berkualitas

5 Tips Membuat Website Lebih Readable

6 Langkah Meningkatkan Website Bisnis Anda Melalui Mesin Pencari Google


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *