Technology

5 Kesalahan yang Sering Menjadikan Kita Sasaran Hacking

 

   

Bagi Anda sekalian pasti tidak asing dengan istilah Hacking. Hacking sendiri merupakan suatu kegiatan untuk mencari kelemahan suatu system, program atau jaringan. Hacking dapat menjadi kegiatan positif untuk membantu kita menutupi kelemahan sistem yang ada. Namun kita lebih sering mengetahui hacking dalam artian negatif yaitu untuk merusak suatu sistem atau mungkin mencuri data. Selain dari kelemahan sistem, hacking bisa terjadi karena tanpa sadar kita sendiri yang membuka celah tersebut. Berikut saya share beberapa kesalahan yang sering kita lakukan sehingga membuat kita menjadi korban hacker.

1. Menggunakan password yang sama untuk berbagai login.
Menggunakan password yang sama memang bisa membantu kita mengingat berbagai login yang kita punya. Namun tahukah Anda bahwa hal ini juga bisa menjadi bumerang karena ketika salah satu akun Anda terhack, hacker akan mencoba login ke akun Anda yang lain dengan menggunakan password yang sama. Maka selalu gunakan password yang kuat dan Anda bisa juga menyimpan password Anda di aplikasi penyimpanan password.

2. Menanggapi pesan pop-up atau email yang tidak diminta
Mengklik link dalam email yang tidak diinginkan dan pesan pop-up merupakan salah satu penyebab komputer Anda dapat terinfeksi dengan malware. Berhati-hatilah terhadap setiap email yang tidak Anda inginkan dan semua pesan pop-up serta pastikan Anda menghidupkan fitur blokir pop-up di browser Anda.

3. Menggunakan aplikasi dan OS yang tidak update
Jangan remehkan update suatu software (terutama antivirus) ataupun OS yang Anda gunakan. OS dan software yang tidak up to date merupakan sasaran empuk bagi hacker karena cenderung memiliki kerentanan lebih tinggi.
Jadi pastikan Anda mengaktifkan fitur auto update untuk OS ataupun software Anda.

4. Mematikan fitur security
Kadang-kadang pengguna akan menonaktifkan firewall di komputer karena mereka mengalami kesulitan dengan aplikasi tertentu yang harus terhubung ke Internet. Daripada repot mungkin para pengguna akan secara sengaja mematikan firewall dan tidak mengaktifkannya lagi agar aplikasi yang digunakan dapat terus berjalan. Bagi Anda pengguna Windows, Anda bisa langsung mengijinkan suatu aplikasi melewati firewall tanpa harus mematikan firewall melalui : Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Windows Firewall > Allow an app or feature through windows firewall

Ada juga pengguna yang mematikan Antivirus agar komputer menjadi lebih ringan ketika bermain game atau menggunakan aplikasi yang cukup berat. Padahal hal ini sama saja seperti mempersilahkan pencuri masuk ke rumah Anda. Sebenarnya hal ini bisa Anda atasi dengan merubah penjadwalan sistem scan agar berjalan saat tengah malam ketika Anda tidak menggunakan komputer Anda.

5. Enkripsi koneksi wireless yang lemah / tidak terenkripsi sama sekali
Bagi Anda yang menjadi network administrator di kantor Anda ataupun Anda yang mempunyai koneksi wireless di rumah, pastikan koneksi wireless Anda menggunakan tipe enkripsi WPA2. Enkripsi WEP di wireless sangat mudah sekali dibobol dan ini dapat menyebabkan jalur data Anda dibajak. Jika saat ini Anda menggunakan enkripsi WEP segera rubah ke WPA2.

Mungkin beberapa hal ini yang bisa saya share. Semoga bermanfaat :-)


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *