e-Marketing & Sales Tips Bisnis

5 Keuntungan Optimasi SEO untuk Bisnis Anda

 

Loading...

Keuntungan Optimasi SEO untuk Bisnis – Banyak strategi yang bisa kita lakukan untuk memasarkan bisnis kita secara online. Salah satunya adalah dengan menerapkan prinsip SEO untuk promosi bisnis Anda.

Lantas, apakah SEO itu? Apa saja manfaat yang bisa didapat dari menggunakan SEO? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, yuk!

Apa yang dimaksud dengan SEO?

Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan SEO? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah cara untuk memunculkan website pada urutan teratas hasil pencarian Google. Artinya, ketika seseorang mencari kata kunci tertentu yang berkaitan dengan bisnis Anda, website Anda pun akan muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Salah satu kelebihan SEO adalah ia dihasilkan secara organik, bukan seperti memasang iklan. Maka dari itu, bisa dikatakan SEO adalah strategi promosi bisnis yang cukup murah untuk dilakukan. Selain itu, masih ada kelebihan-kelebihan lain dari SEO yang menguntungkan, berikut ini di antaranya.

Berbagai keuntungan optimasi SEO untuk bisnis

1. Meningkatkan brand awareness

Ketika Anda membeli suatu produk, tentunya Anda memilih produk dari brand yang telah Anda kenal, bukan? Itulah sebabnya kita perlu membangun brand awareness.

Brand awareness adalah sejauh mana target pasar Anda mengenali brand Anda. Promosi produk atau jasa pun akan semakin mudah ketika brand kita telah dikenal.

SEO adalah salah satu strategi jitu untuk meningkatkan brand awareness. Dengan SEO, bisnis Anda pun akan lebih mudah ditemukan oleh orang-orang lewat mesin pencarian.

2. Meningkatkan konversi

Tak hanya membuat target pasar Anda semakin mengenal brand, SEO pun dapat meningkatkan konversi, lho. Orang-orang cenderung membeli produk dari brand yang nampak familiar.

Mereka akan menjadi semakin familiar dengan brand Anda. Semakin merasa familiar, semakin besar kemungkinan bagi orang-orang tersebut untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

3. Membangun kredibilitas brand

Berada di urutan hasil pencarian teratas juga memberikan validasi bahwa bisnis Anda termasuk dalam jajaran terbaik di industri. Hal tersebut memperlihatkan bahwa bisnis Anda populer dan banyak dicari orang.

Selain itu, Anda juga terlihat serius dalam melakukan promosi. Ketika bisnis Anda muncul di urutan bawah, orang-orang bisa saja mengira bahwa Anda tak memiliki budget memadai untuk mengoptimalkan promosi bisnis.

4. Mendorong orang-orang untuk berkunjung ke toko Anda

Yap, Anda tidak salah baca lagi. Optimasi SEO dapat mendorong calon customer untuk datang langsung ke toko Anda, lho. Lantas, bagaimana bisa SEO membuat orang-orang mengunjungi toko Anda?

Berdasarkan Hubspot.com, orang-orang sering melakukan pencarian mobile atas tempat yang “buka” + “sekarang” + “dekat saya”. Bahkan, pertumbuhannya mencapai lebih dari 200%.

Inilah mengapa Anda perlu melakukan optimasi SEO. Tingginya jumlah orang yang melakukan pencarian mobile adalah peluang emas yang tidak bisa dilewatkan. Bisnis Anda akan muncul dalam hasil pencarian teratas, sehingga orang-orang pun akan mendapatkan informasi mengenai bisnis Anda.

5. Meningkatkan user experience

Melakukan optimasi SEO juga berarti melakukan optimasi website. Dalam menentukan peringkat hasil pencarian, Google Search mempertimbangkan seberapa friendly atau kenyamanan suatu webiste bagi pengguna.

Dengan demikian, semakin optimal strategi SEO yang Anda terapkan, semakin baik juga user experience yang dirasakan calon customer saat mengunjungi website bisnis. Hal tersebut akan meningkatkan kepuasan mereka, bahkan memikat mereka untuk melakukan pembelian!

Simak juga berbagai artikel menarik seputar marketing dan bisnis online  hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Pixabay from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *