Start A Business

5 Kiat Sukses Toko Online

 
  • 4
    Shares

Loading...

E-commerce atau toko online dari tahun ke tahun semakin berkembang. Hal ini dikarenakan, masyarakat dapat mengakses informasi secara online dan lebih praktis. Sehingga, hal ini membuat banyak orang berbondong melakukan bisnis online dengan tujuan agar barangnya bisa dijual dan dijangkau pangsa pasar yang lebih luas. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menjalankan bisnis e-commerce atau toko online, baik dari segi produk, pelayanan bagi pelanggan. Berikut hal yang harus diperhatikan ketika ingin memulai toko online:

1. Melakukan Riset Konsumen Online

Ketika Anda sudah yakin untuk melakukan bisnis e-commerce, terlebih dahulu untuk melakukan riset konsumen secara online baik pelanggan maupun produk . Hal ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pelanggan serta produk apa saja yang biasa menjadi target market secara online. Hal ini dapat dilihat seperti usia, gender, psikografis, harga, daya beli pengguna online, serta yang diminati oleh pasar online.

2. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Dalam pemilihan produk yang akan dijual secara online, kita harus dapat menentukan produk yang dapat dijual oleh pelanggan sesuai dengan target market yang kita inginkan. Yakinkan produk kita jual dapat dicapai sesuai dengan segment pelanggan. Penentuan produk harus memperhitungkan ongkos biaya produk, kualitas produk serta pengirimannya, Selain pemilihan produk, penentuan harga menjadi faktor utama bagi pembeli, berikan harga yang fair atau adil agar pembeli tidak merasa dirugikan barang yang akan dijual.

3. Memasang Produk  Secara Online

Barang yang akan dipasangkan secara online, baik secara situs berbayar atau gratis, dipastikan barang yang akan dipasang memiliki penjelasan produk secara benar dan detail baik secara tulisan, gambar atau video. Hal ini bertujuan agar informasinya dapat sampai ke pelanggan dengan baik. Perberbedaan penjualan dengan dengan offline, pelanggan hanya dapat melihat dan tidak bisa menyentuh langsung barang yang akan dijual secara online.

4. Melakukan Pemasaran Secara Online & Offline

Untuk melakukan penjualan online, dapat dilakukan secara menggunakan social media (Facebook, Twitter, Pinterest, YouTube, dll), dengan memasukannya ke dalam forum-forum atau milist, yang sesuai dengan segmen yang disasar. Dalam melakukan pemasaran online, tidak dapat dipungkiri bahwa Search Engine Optimation (SEO)  memiliki peran penting untuk memasarkan barang kita. Hal ini untuk memudahkan calon agar dapat dibaca oleh mesin pencari (Google, Yahoo!, Bing). Pemilihan kata kunci atau “keyword” dalam penulisan barang yang dijual menjadi utama agar memudahkan calon dalam mencari barang. Selain penjualan online kita dapat melakukan melakukan pemasaran secara offline, seperti melakukan pameran, bazar, atau ke komunitas – komuntas sesuai segmen produk dengan untuk meningkatkan pengetahuan ke masyarakat.

5. Menjaga dan Memelihara Pelanggan

Untuk pengunjung atau pelanggan akan tetap loyal datang, lakukan penawaran menarik seperti memberikan diskon, bonus, reward, respons dengan cepat, memberikan jawaban yang bijak serta kemudahaan dalam melakukan transaksi. Hal ini bertujuan agar pelanggan merasa diri diutamakan. Mereka secara tidak langsung akan mempromosikan bisnis kita dan dapat meningkatkan pengunjung dan penjualan produk ke depannya.

Loading...

  • 4
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *