Leadership

5 Pelajaran Bisnis untuk Kamu yang Baru Mulai di Usia 20an

 
  • 5
    Shares

Loading...

Di zaman yang sudah semakin maju ini bisnis bukanlah hal yang tabu dilakukan oleh anak muda, bahkan mereka yang masih menimba ilmu di bangku sekolah atau perkuliahan. Keinginan untuk lebih mandiri dan mencukupi segala kebutuhan selama bersekolah membuat banyak anak muda memilih untuk menjadi entrepreneur di usinya yang masih muda. Banyak orang yang meragukan bahwa anak usia 20an bisa mendirikan dan menjalankan bisnis diusianya. Tapi banyak yang membuktikan bahwa diusia muda seseorang bisa menjalani dan sukses menjadi seorang pebisnis. Dan ini dia 5 pelajaran yang bisa kita ambil selama menjadi pebisnis di usia 20 tahunan:

1. Sekalipun harus mendengarkan nasehat, tapi tidak semua yang ada di hidup kamu bisa diatur oleh orang lain

preset_young_people

Banyak orang yang meremehkan kemampuan anak usia 20an untuk menjalani bisnis sendiri. Mereka beranggapan bahwa anak seusia itu masih bergantung pada kedua orang tuanya. Tapi di lain pihak anak muda dengan kepribadian yang sangat aktif akan menentang keras pendapat ini. Bagi mereka yang terlihat sangat keras kepala akan berusaha sekeras mungkin agar bisa membuktikan bahwa seusia mereka bisa menjadi seorang entrepreneur.

Selain itu juga akan banyak orang yang meremehkan melalui ucapan dan sindirian mereka kepada usaha kita. Tapi apa yang bisa kita perbuat selain hanya mendengarkan yang baik dan membuang semua yang menyakiti hati. Sulit memang tapi itu akan jauh lebih menyenangkan daripada sibuk mendengarkan dan memikirkan kritikan yang meremehkan kita. Dengarkan saja, ambil segala nasehat yang baik dan abaikan segala yang membuat sakit hati. Hidup ini milikmu, cintai dan yakini bahwa apa yang kamu lakukan akan memberi kebaikan. Mereka hanya berhak untuk memberi nasehat tapi tidak untuk mengatur hidup kita.

2. Anak muda pasti suka melakukan banyak hal, jadi akan lebih baik jika kamu bisa seimbang

Active teens happy 2

Sekolah, kuliah, bekerja, membuka usaha, hangout, dan berkumpul dengan keluarga. Terkadang sifat energik anak muda membuatnya sulit untuk mengatur waktu dan menyeimbangkan kehidupannya. Tapi setelah kamu memilih dan yakin untuk membuka usaha, maka kamu juga harus bisa menyeimbangkan seluruh kegiatan dan aspek dalam kehidupan kamu.

Kamu harus bisa mengatur waktu yang kamu miliki, tujuannya jelas agar sekolah, bekerja dan waktu bersama keluarga tidak sulit untuk kamu dapatkan. Jangan sampai waktu bekerjamu melebihi waktu utamamu yaitu sekolah ataupun kuliah. Dan tentu saja kalau kamu sampai sulit mengatur waktu, keluargamu juga akan protes karena kesibukanmu.

3. Sekalipun merasa bosan atau lelah, kamu harus tahu bahwa bisnis itu bukan hanya mendapatkan uang dalam 1 hari saja

o-ENTREPRENEUR-facebook

Menjadi seorang pebisnis di usia muda memang bertujuan untuk melatih kita dalam mencari dan mendapatkan uang sendiri. Tapi untuk menjadi pengusaha sukses di usia muda, kita harus tahu bahwa pertumbuhan dalam bisnis harus berkelanjutan.
Kita memang akan selalu dihadapkan dengan resiko kelelahan, rasa bosan dan emosi yang tidak terkontrol.Tapi kita harus tahu kalau kita berbisnis bukan hanya untuk mendapatkan uang dalam 1 hari dan memenuhi 1 kebutuhan saja.

Kita harus sadar bahwa banyak orang yang menginginkan dan mengharapkan kita untuk menjadi solusi bagi masalahnya. Itu sebabnya pengendalian emosi di dalam menjalankan bisnis sangat dan harus dikembangkan dengan baik.

4. Membangun dan menetapkan kepercayaan adalah hal yang sulit tapi harus dilakukan sejak dini

trust11

Integritas adalah salah satu modal agar bisnis bisa berkembang dan bertahan di masyarakat. Ketika kita sudah mulai masuk ke pasaran dan banyak orang yang mengetahui kita, kepercayaan merekalah yang menjadi modal utama kesuksesan kita.

Kepercayaan juga bukan hal yang kita butuhkan dari pelanggan. Tapi harus kita berikan kepada karyawan dan rekan bisnis kita. Saling mempercayai adalah kunci kerja tim yang sukses. Kepercayaan juga salah satu motivasi seseorang untuk bisa bekerja sesuai dengan harapan.

5. Memilih menjadi pengusaha berarti siap untuk menjadi seorang pemimpin

Menjadi pemimpin muda

Ketika kita memilih untuk menjadi seorang pengusaha di usia muda, itu artinya kita harus siap menjadi seorang pemimpin untuk banyak orang. Karena berbisnis bukan hanya 1 orang saja. Mulai dari perencanaan, produksi, pengiriman barang dan pelayanan customer tentu tidak akan dilakukan oleh 1 orang saja. Memimpin orang lain tidak akan lebih baik ketika kamu tidak mampu memimpin diri kamu sendiri.

Belajar memimpin seseorang bisa kita dapatkan dari mana saja, seperti buku mengenai kepemimpinan, seminar dan juga dari orang – orang yang ada di sekitar kita. Cobalah juga untuk berkumpul dengan orang – orang yang membantu kita untuk tumbuh dan berani menjadi pemimpin yang hebat.

Baca juga:

6 Kewajiban yang Harus Dipenuhi Saat Berjualan untuk Anak Muda

10 Langkah Mudah Dalam Mencapai Kehidupan Kerja Seimbang

Belajar Bernegosiasi dari Seorang Anak Kecil

Loading...

  • 5
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *