Leadership

5 Pelajaran Persentasi dari Craig Federighi

 

Loading...

Apple memang menjadi sebuah perusahaan yang terus menampakkan perkembangan baik dari teknologi dan bagaimana cara mereka menyampaikan ide dan opini kepada orang banyak. Salah satu yang sering kita tahu adalah bagaimana mendiang Steve Jobs melakukan sebuah persentasi yang sangat rapi dan menarik kepada para kolega atau karyawannya. Dan ternyata ini menular kepada satu wakil presidennya yaitu Craig Federighi. Beliau adalah seorang Apple’s senior vice president of software engineering. Dan kini giliran Craig mencoba membagikan tips persentasi terbaik yang selalu ia lakukan dan ini terbukti membawa pengaruh serta dampak yang besar untuk materi yang disampaikan ke public.

1. Meningkatkan energi yang dimiliki

Federighi tidak hanya berjalan diatas panggung saat ia memulai persentasinya. Dia bahkan tak segan melakukan beberapa gerakan yang membuatnya lebih bersemangat dalam menjelaskan materinya. Dia tidak segan untuk memberikan senyuman dan tertawa bersama dengan audiens. Bisa dikatakan tingkat energi yang dia miliki jauh lebih tinggi dari rata – rata presenter sebuah acara.

Kebanyakan orang memberikan dan menyampaikan materi persentasi dengan nada suara yang sama, gerakan yang relatif sama dan bahkan tidak jarang suara mereka akan terdengar melemah saat sudah mencapai puncak dari persentasi. Namun tidak dengan Federighi, ia selalu berusaha memberikan penampilan terbaiknya untuk bisa menyampaikan dan memuaskan para audiensnya. Dan ini bisa kita jadikan tips saat mulai merasa melemah di tengah persentasi.

2. Membuat orang tertawa

Kebanyakan persentasi bisnis identik dengan suasanya yang kering, standart dan tidak jarang membuat audiens merasa bosan mendengarkan materi. Federighi menjadikan ini sebagai materi pembelajaran baginya. Sehingga ia terus berupaya untuk memberikan yang terbaik. Ia bahkan tidak sungkan untuk langsung menyisipkan humor pada awal permulaan ia memulai persentasinya. Sekalipun materi yang ia sampaikan cukup serius dan bahkan tidak terfikir untuk menyisipkan guyonan, tapi Federighi melakukannya.

Ia tidak malu untuk sedikit berbagi humor atau bercandaan kepada audiensnya.

3. Jaga bahasa tubuh

Sebagai seorang pemateri ia tahu betul bahwa bahasa tubuh sangat mempengaruhi tersampainya suatu materi kepada para audiens. Dia selalu berusaha untuk tidak membungkuk sekalipun sedang diliputi rasa lelah. Senyum yang ia berikan juga selalu konstan atau bahkan selalu diselipi dengan tawaan ringan. Karena baginya bahasa tubuh lebih banyak berbicara sebelum kita mulai mengucapkan satu dua patah kata.

4. Slide visual dengan desain sederhana

Untuk sebuah persentasi yang menarik, Federighi tidak ingin menampilkan banyak kata dalam persentasinya. Ia tahu bahwa kata yang tidak sedikit juga tidak sedikit membuat audiens merasa bosan. Itu sebabnya Federighi lebih mengutamakan penggunaan foto, gambar, animasi dan suara pada setiap slide persentasinya. Baginya informasi lebih mudah dijelaskan dan diterima jika disajikan dalam sebuah gambar, bukan teks.

Ini bukan berarti Apple melarang penggunaan banyak kata, tapi lebih ke dominasi gambar yang lebih banyak digunakan daripada sekedar teks.

5. Menerapkan aturan sederhana

Federighi tahu bahwa audiens yang mengikuti suatu persentasi tidak akan ada yang mau bertahan sampai akhir persentasi selesai. Itu sebabnya ia menerapkan aturan sederhana pada dirinya sendiri. Saat awal mulai persentasi, ia terlebih dahulu menampilkan video menarik yang mengundang ketertarikan audiens untuk bahasan selanjutnya. Setelah video yang berdurasi sekitar 2 menit itu selesai, ia baru masuk dan menjelaskan materi yang akan ia sampaikan.

Ia selalu menyampaikan persentasi dengan menarik, cepat dan jelas. Setelah satu materi selesai ia jelaskan, ia kembali mempertontonkan video yang menghibur audiens. Tujuannya adalah untuk mempersilahkan audiens istirahat dan kembali segar dengan segala fikiran mereka. Setelah itu baru ia melanjutkan persentasinya lagi.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Seorang Public Speaker

20 Tips Lancar Public Speaking

6 Cara Kecil Ini Dapat Meningkatkan Penjualan Anda

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *