Technology

5 Rahasia Sukses Membuat Video Iklan

 
  • 50
    Shares

Loading...

Iklan adalah kebutuhan pokok sebuah bisnis. Tanpa iklan, produk yang diciptakan tidak akan dikenal dan bahkan tidak akan bisa terjual. Membuat iklan juga ada banyak macam dan jenisnya. Bukan hanya iklan berupa tulisan yang dicetak diselembar kertas putih, seperti brosur, majalah, koran dan media cetak lainnya. Tapi perkembangan zaman membuat jenis iklan sangat beragam. Mulai dari iklan baris di internet, media sosial dan juga iklan berupa video yang sering kita lihat di televisi maupun di channel seperti Youtube.

Iklan berupa video tentu tidak mudah dan murah. Ada banyak keahlian yang dibutuhkan, ada banyak orang yang dilibatkan, mulai dari model, penulis naskah, animator, desainer dan juga mereka yang ahli untuk memasarkan video via online. Membuat video harus tahu apa yang akan dibuat dan apa yang akan disampaikan.

Dan berikut ini 5 rahasia sukses membuat video iklan untuk bisnis kita:

1. Gunakan 15 – 30 detik untuk membuat sebuah cerita yang menarik dan menjual

Kita semua tahu bahwa di era digital ini teknologi dan juga internet sangat berpengaruh bagi kegiatan atau aktivitas manusia. Hampir sebagian besar aktivitas dilakukan secara online, terutama bagi mereka yang memang cukup aktif bekerja dan menghasilkan uang melalui media online. Bukan tidak mungkin kita juga bisa melakukan itu.

Membuat video yang singkat namun berisi harus benar – benar kita lakukan. Gunakan 15 – 30 detik waktu setiap pengguna internet untuk mengakses dan menikmati video iklan kita. Berikan suguhan berupa cerita kepada penonton. Jangan hanya menjelaskan produk dan meminta mereka untuk membeli. 15 detik waktu yang lama jika kita hanya menjual barang melalui ucapan, tapi sangat singkat ketika kita memberikan cerita. Ini membuat mereka mau kembali mengunjungi dan menantikan video kita selanjutnya.

2. Yang namanya iklan jelas harus memiliki bagian untuk mengambil tindakan

Sekalipun hanya 15 – 30 detik saja, video iklan harus benar – benar menjual. Gunakan kalimat perintah yang tidak mendoktrin penonton untuk membeli barang kita. Tapi ajak mereka untuk mengetahu masalah, mengenal kita dan memahami apa yang bisa kita berikan untuk mereka. Jangan hanya menjual tanpa memberikan solusi yang jelas. Video iklan yang sebentar harus dibuat dengan sangat komunikatif. Jika tidak maka video iklan akan terasa percuma.

3. Mentargetkan audiens harus tepat, agar mereka terus kembali untuk melihat

Mungkin sedikit berbeda ketika video iklan ditampilkan di televisi atau di media online lainnya. Jika di televisi siapapun akan mudah melihatnya, usia berapapun akan dengan mudah mengenalnya. Dan bisa jadi itu benar – benar tidak tertarget. Hanya beberapa produk saja yang tahu untuk siapa iklan itu dan kapan iklan itu harus dipublikasi.

Tapi ketika kita membuat video iklan di channel seperti Youtube, maka target audiens harus benar – benar kita buat. Karena Youtube hanya akan mempertontonkan iklan kita ketika audiens sesuai dengan target yang kita tentukan. Dan ini jelas akan membantu kita menjual produk. Karena iklan kita tidak sia – sia justru mendapatkan banyak penonton dan bahkan pembeli.

4. Gunakan data untuk menemukan penonton lalu buat program untuk itu

Sebelum menentukan target, yang paling jelas harus dilakukan adalah menemukan penonton dengan membaca data yang kita temukan. Kita harus bisa membaca data agar mudah memahami target audiens kita. Data yang digunakan bisa kita ambil dari data riset yang kita lakukan, terhadap kebaisaan orang – orang saat mengakses internet.

5. Membuat video yang sulit karena semua itu mungkin

Jangan takut membuat video yang sedikit lebih sulit daripada biasanya. Jangan takut juga untuk membuat video yang bahkan tidak pernah dipikirkan sebelumnya. Video iklan bukan hanya harus bercerita dan menjual tapi juga harus menarik. Video yang cenderung membosankan sudah pasti akan langsung ditutup sekalipun baru dilihat 3 – 5 detik. Tentu video iklan yang kita buat tidak mau seperti itu kan? Nah, cobalah untuk membuat video yang belum pernah dibuat dan dipikirkan sebelumnya. Karena sesulit apapun itu pasti mungkin dan bisa dibuat.

Baca juga:

Panjang Ideal Sebuah Konten Video Marketing

Perusahaan dengan Iklan yang Berpengaruh dan Memotivasi Publik

5 Alasan Pengusaha Menggunakan Video untuk Promosi Bisnis

Loading...

  • 50
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *