Inspirasi

5 Sepak Terjang Nadiem Makarim yang Fenomenal

 

Nadiem Makarim – Siapa yang tak kenal figur yang satu ini? Kini menjadi salah satu menteri kabinet Presiden Jokowi, mantan CEO Gojek ini telah terkenal akan berbagai inovasi yang ditorehkannya selama berkarier. Simak berbagai sepak terjangnya berikut ini.

1. Nadiem Makarim, sang founder Gojek yang kini berkembang jadi startup decacorn

Namanya semakin populer seiring dengan kesuksesan Gojek, startup besar penyedia jasa transportasi. Ia merupakan salah satu dari founder Gojek. Mulanya, Gojek hanya menyediakan layanan transportasi dengan ojek yang bisa dipesan secara online lewat aplikasi.

Nadiem mendirikan Gojek pada tahun 2010. Ia tergerak untuk mendirikan Gojek karena melihat pengemudi ojek yang sulit untuk dapat banyak penumpang. Ia pun ingin membuat layanan penghubung pengemudi ojek dengan penumpang.

Nadiem menjabat sebagai CEO Gojek dari pertama kali didirikan hingga tahun 2019. Kini, Gojek telah berkembang sangat pesat dan memiliki banyak layanan selain ojek online. Kegigihannya dalam menjadi nahkoda Gojek mendorong startup tersebut meraih banyak pencapaian luar biasa.

Banyak layanan dalam bentuk jasa, misalnya GoClean untuk jasa bersih-bersih, GoFood untuk antar makanan, dan sebagainya. Tak hanya bidang jasa, Gojek juga memiliki layanan fintech dalam bentuk Gopay, serta bidang hiburan dalam bentuk GoPlay, layanan streaming film dan serial.

Sebagai startup decacorn, nilai valuasi Gojek telah mencapai nilai valuasi lebih dari $10 miliar. Bahkan Gojek telah berekspansi ke negara-negara di Asia Tenggara, tepatnya Filipina, Vietnam, Thailand, dan Singapura. Luar biasa, bukan?

2. Orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan Asian of the Year dari The Straits Times

Salah saru award atau penghargaan bergengsi yang pernah diterima Nadiem adalah “Asian of the Year Award” dari harian asal Singapura, The Straits Times. Penghargaan tersebut didedikasikan bagi individu, organisasi, atau institusi yang memberikan kontribusi besar untuk masyarakat di kawasan Asia.

Nadiem menerima award tersebut pada tahun 2016. Nadiem merupakan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan tersebut. Bahkan, ia mendahului Alm. Sutopo Purwo Nugroho dan Presiden Jokowi yang juga menerima penghargaan tersebut, secara berurutan di tahun 2018 dan 2019.

3. Mencatatkan diri dalam daftar “Bloomberg 50 Most Influential

Berkat kepiawaiannya dalam membesarkan Gojek, pada tahun 2018 Nadiem berhasil masuk ke dalam daftar “Bloomberg 50 Most Influential”. Gojek dinilai telah membawa banyak perubahan positif bagi hidup warga Indonesia.

Daftar tersebut berisi berbagai individu yang berpengaruh menggerakkan pasar atau membentuk ide besar dari berbagai bidang, mulai dari bisnis hingga hiburan. Adapun pesohor lain yang juga tercatat dalam daftar ini di antaranya penyanyi Taylor Swift, CEO Spotify Daniel Ek, serta BTS, boyband asal korea.

4. Penerima penghargaan Nikkei Asia Prize termuda

Tahun 2019, Nadiem menerima penghargaan “Nikkei Asia Prize ke-24 untuk Inovasi Ekonomi dan Bisnis”. Penghargaan tersebut diberikan oleh Nikkei Inc., sebuah institusi yang paling berpengaruh di Jepang. Penghargaan ini ditujukan bagi individu atau organisasi yang telah berkontribusi besar dalam membentuk masa depan yang lebih baik bagi masyarakat Asia.

Capaian ini juga menorehkan rekor lainnya. Secara otomatis, Nadiem menjadi tokoh teknologi termuda yang pernah menerima penghargaan Nikkei Asia Prize. Keren sekali, bukan?

5. Menjadi menteri termuda di kabinet

Akhir tahun 2019, Nadiem mendapatkan amanah dari Jokowi yang kembali terpilih menjadi presiden. Nadiem ditunjuk untuk mengemban jabatan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Mantap mengemban amanah tersebut, Nadiem pun rela mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO Gojek. Dari seluruh anggota menteri dalam kabinet Jokowi, Nadiem adalah menteri termuda, lho. Ia membuat berbagai gebrakan berani dalam dunia pendidikan, salah satunya dengan menghapuskan UN atau Ujian Nasional.

Nadiem Makarim, pemuda yang banyak inovasi

Bukan tanpa alasan Nadiem bisa meraih seluruh prestasi yang ia dapatkan. Nadiem adalah sosok yang cerdas dan penuh dengan inovasi. Selama sejarah kariernya, baik sebagai CEO maupun sebagai menteri, Nadiem tak hentinya membuat gebrakan. Gebrakan yang ia ciptakan berangkat dari berbagai permasalahan di sekitarnya.

Dunia senantiasa berkembang, bisnis pun sulit untuk beroperasi secara stagnan. Terkadang, entrepreneur harus mengambil tindakan dan berani berinovasi. Yap, ada kalanya gebrakan yang diciptakan bisa menjadi jalan.

Inovasi adalah salah satu hal yang perlu diasah oleh setiap entrepreneur. Anda perlu berpikir kritis dalam melihat permasalahan di sekitar. Selain itu, Anda juga perlu terus memperkaya wawasan.

Simak kisah inspiratif lainnya hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Photo: ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *