Start A Business Tips Bisnis

5 Strategi Agar Usaha Laundry Cepat Balik Modal

 

Loading...

Usaha Laundry Laundry kiloan bisa jadi usaha yang cukup menjanjikan. Ingin meraup untung besar dari laundry kiloan? Simak dan jalankan strategi-strategi berikut!

1. Pilih lokasi yang strategis untuk usaha laundry

Sebelum memulai bisnis laundry, pastikan bahwa Anda mendapatkan lokasi yang bagus untuk bisnis Anda. Lokasi adalah faktor penting dalam berbisnis laundry. Lokasi yang strategis akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha.

Ada beberapa lokasi strategis untuk bisnis laundry yang bisa Anda pilih, di antaranya:

  1. Daerah kampus. Anda akan mendapatkan banyak pelanggan dari anak yang kos dekat kampus.
  2. Daerah kos-kosan. Bisnis laundry kiloan Anda akan laris jika berada di daerah yang banyak rumah kos untuk mahasiswa dan karyawan.
  3. Daerah perkantoran. Daerah perkantoran pun menjadi lokasi bagus untuk berbisnis laundry kiloan. Pegawai yang sibuk adalah calon pelanggan Anda.
  4. Daerah dekat hotel. Banyak hotel yang melimpahkan cucian untuk pelanggannya ke gerai laundry sekitar, lho.

2. Memperhitungkan harga jasa yang tepat

Perhatikan target dan kebutuhan pasar, agar bisa mematok harga yang tepat. Anda mungkin bisa mematok harga tinggi ketika pelanggan membutuhkan layanan cuci premium. Pada kasus lain, mungkin perlu mematok harga murah ketika bisnis laundry ditujukan untuk mahasiswa atau pekerja.

Beberapa laundry mematok harga yang sangat miring sebagai salah satu strateginya. Hal ini boleh dilakukan, asalkan telah memperhitungkan biaya operasional dengan cermat.

Biaya operasional bisnis laundry lumayan besar. Anda perlu membeli perlengkapan untuk mencuci (deterjen, pelembut pakaian, dan lain-lain), membayar listrik, menyisihkan biaya untuk pemeliharaan peralatan dan mesin cuci, membayar gaji karyawan, serta menyiapkan pengeluaran tak terduga. Jangan sampai, harga yang diberikan kepada pelanggan terlalu murah dan malah merugikan Anda.

3. Berikan pelayanan yang bagus untuk pelanggan

Pelanggan akan kembali menggunakan jasa laundry Anda, ketika Anda bisa memberikan pelayanan yang bagus. Ada beberapa hal yang bisa membuat pelayanan Anda terhitung bagus.

Pertama, pelanggan akan puas jika jasa laundry Anda bisa membuat pakaian mereka jadi bersih, rapi, dan wangi. Untuk dapat melakukannya, pahami bagaimana teknik mencuci dan menyetrika baju yang baik. Jika tidak paham, hasil laundry jadi kurang memuaskan atau lebih parah lagi, Anda bisa merusak pakaian.

Kedua, benar-benar hargai waktu. Pastikan bahwa Anda bisa mengerjakan pesanan laundry sesuai waktu yang dijanjikan. Jangan sampai Anda telat mengerjakan pesanan laundry pelanggan, bisa-bisa pelanggan kecewa.

Ketiga, berikan pelayanan ekstra. Beberapa pelayanan ekstra seperti jasa antar-jemput dan diskon bisa menarik pelanggan untuk menggunakan jasa laundry Anda.

4. Mempekerjakan karyawan yang kompeten

Mengurus bisnis laundry seorang tinggi akan sangat menyita energi. Bijaknya, gunakanlah bantuan dengan mempekerjakan karyawan.

Berhati-hatilah dalam memilih karyawan. Pilih karyawan yang kompeten. Karyawan yang kompeten akan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Tentunya, karyawan harus bisa menguasai teknik mencuci dan menyetrika pakaian yang baik.

Selain itu, pilihlah karyawan yang bertanggung jawab tinggi. Dalam menjalani bisnis laundry, perlu sekali menjaga kondisi pakaian agar tetap prima. Tanggung jawab tentunya menjadi faktor yang penting.

Agar karyawan selalu bersemangat untuk memberikan pelayanan terbaik, tentunya buatlah karyawan bekerja dengan bahagia. Berikan gaji yang layak, kalau bisa berikan bonus sesekali. Jangan lupa, hargai karyawan Anda dengan bersikap baik.

5. Gencar dalam mempromosikan usaha laundry

Hal terakhir yang tak kalah penting adalah membuat strategi promosi. Anda bisa melakukan promosi secara offline dengan menyebar brosur dan memasang banner yang menarik perhatian. Selain pemasaran biasa secara offline, manfaatkan juga promosi secara online yang lebih mudah dan biayanya lebih murah.

Anda bisa membuat medsos (misalnya akun Instagram khusus bisnis) atau website khusus bisnis laundry. Minta bantuan keluarga dan teman untuk turut mempromosikan bisnis Anda.

Selain itu, buatlah promo menarik untuk pelanggan. Misalnya, memberikan diskon khusus untuk pelanggan baru. Cara lainnya, bisa memberikan gratis cuci setelah pesanan ke sekian, misalnya gratis cuci untuk 1 kg setelah 10 kali mencuci.

Masih banyak strategi lainnya dalam berbisnis agar bisnis berlangsung lancar. Simak berbagai artikel seputar bisnis dan entrepreneurship hanya di Mebiso, untuk mendapatkan referensi terpercaya. Salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *