Start A Business Tips Bisnis

5 Strategi Ampuh Memulai Bisnis Kuliner Agar Laris

 

Loading...

Bisnis Kuliner – Bisnis di bidang kuliner memang sangat menggiurkan. Agar bisnis yang Anda jalankan sukses meraup banyak untung, jangan lewatkan strategi-strategi penting berikut ini.

1. Modal awal untuk usaha

Pertama, tentunya Anda perlu menyiapkan modal untuk memulai usaha. Jika sekiranya Anda butuh bantuan modal, Anda bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku UKM ke koperasi atau bank.

2. Bahan baku dan lokasi usaha

Bahan baku adalah hal yang krusial dalam bisnis bidang kuliner. Lakukan riset distributor bahan baku. Biasanya, harga lebih murah akan didapat dari distributor yang langsung memproduksi bahan baku.

Selain bahan baku, hal yang tak kalah krusial adalah lokasi usaha. Lokasi strategis yang banyak dilewati orang-orang adalah lokasi terbaik untuk usaha kuliner. Anda harus bersiap menyiapkan dana yang cukup, karena makin strategis lokasi biasanya makin mahal harga yang dipatok.

3. Pasar yang ditarget

Menentukan pasar sangat penting sebelum memulai bisnis. Kira-kira, kalangan mana yang akan menjadi pelanggan Anda? Bagaimanakah gambarannya?

Hal yang terpenting adalah, Anda perlu memperhatikan selera pada kalangan tersebut. Dengan demikian, Anda bisa menentukan menu yang tepat serta harga yang sesuai. Hal ini juga akan membantu Anda untuk menentukan strategi promosi yang tepat.

4. Menu yang akan dijual

Tentunya, Anda perlu membuat menu yang cocok dengan pasar yang dituju. Selain menu yang sesuai selera pasar, buatlah menu yang unik dan khas. Menu yang khas akan membuat bisnis Anda terlihat lebih menonjol dari bisnis lainnya.

5. Promosi yang efektif

Promosi word of mouth atau mulut ke mulut sangat efektif untuk menaikkan pamor bisnis. Ketika bisnis Anda mendapat word of mouth yang positif, orang-orang pun akan banyak membeli makanan Anda.

Berpromosi secara online juga sangat efektif, terutama jika pasar Anda kalangan muda. Manfaatkan kekuatan medsos dan online platform lainnya.

Instagram menjadi salah satu medsos ampuh untuk promosi kuliner. Banyak akun-akun medsos kouliner yang banyak dijadikan referensi orang-orang. Jika bisnis Anda bisa masuk akun semacam itu, bisnis Anda akan semakin dikenal.

Contoh bisnis kuliner dengan modal kecil yang bisa Anda coba

Salah satu kendala yang sering dihadapi dalam berbisnis kuliner adalah modal yang besar. Eits, ternyata ada kuliner yang hanya butuh modal sedikit. Anda pun bisa langsung memulainya, tanpa harus menunggu punya modal banyak.

1. Gorengan

Berjualan gorengan tidak membutuhkan modal besar. Bahan baku untuk membuat gorengan sederhana, Anda hanya butuh minyak goreng, tepung, air, serta sayur-sayuran. Membuatnya pun mudah dan tidak rumit.

Bisnis ini juga cukup menjanjikan prospeknya, karena gorengan selalu diminati orang. Walaupun banyak varian kuliner lain, gorengan selalu dicari.

2. Gado-gado atau lotek

Kuliner olahan sayur ini pun terhitung digemari banyak orang karena sehat dan enak. Makanan ini pun terhitung tak lekang oleh zaman, banyak yang menggemari makanan ini hingga saat ini.

Anda pun tidak membutuhkan modal bahan baku yang terlalu banyak untuk membuat hidangan ini. Anda hanya membutuhkan sayur-sayuran, kacang, dan bumbu.

3. Rujak

Bisnis rujak pun terhitung murah, karena rujak tidak terlalu membutuhkan banyak bahan baku. Cara membuatnya pun tidak rumit.

Selain itu, rujak banyak digemari berbagai kalangan. Apalagi jika disajikan saat cuaca panas, pasti banyak orang yang mencari.

4. Jajanan pasar

Sama seperti gorengan, jajanan pasar juga tak pernah kehilangan penggemar. Dengan modal sedikit, Anda sudah bisa memproduksi banyak porsi jajanan pasar.

Anda bisa melayani pesanan untuk acara syukuran atau arisan. Anda juga bisa memasarkannya secara online.

Butuh ketekunan dalam menjalani bisnis kuliner

Sama seperti menjalankan bisnis di bidang lainnya, perlu ketekunan dan kesabaran untuk menjalankan bisnis di bidang kuliner. Simak berbagai artikel Mebiso untuk mendapatkan tips menjalankan bisnis. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *