Start A Business

5 Strategi Sukses Menjalankan Bisnis Bersama Keluarga

 
  • 2
    Shares

Loading...

Tidak sedikit orang yang meragukan kemampuan dan kekuatan orang – orang tercinta dalam sebuah bisnis yang dijalankan bersama. Banyak dari para pebisnis memilih untuk membangun bisnis mereka sendiri dan tidak membawa keluarga untuk ikut mengurusnya. Tapi ternyata tidak sedikit pula yang sukses membangun bisnis bersama dengan anggota keluarga mereka. Yang terpenting adalah nyaman, konsisten dan memiliki tujuan yang sama. Nah berikut ini bisa menjadi strategi bagi Anda yang sedang membangun bisnis bersama anggota keluarga.

1. Identifikasi kekuatan

Setiap orang dalam sebuah bisnis tentu memiliki kekuatan dan keterampilan mereka masing – masing, termasuk apabila Anda membangun bisnis bersama keluarga tercinta. Ketahui apa kekuatan dan keterampilan masing – masing dari mereka, dan kemudian menerima kekuatan tersebut untuk dapat berkontribusi bersama dalam bisnis. Anda harus tahu apa yang cocok untuk mereka dapatkan dalam bisnis keluarga ini. Melalui kekuatan yang dibangun, keterampilan yang dimiliki juga akan membantu dalam mengembangkan bisnis bersama.

2. Memiliki harapan yang jelas

Mengetahui kekuatan semua orang yang tergabung akan membantu dalam menentukan peran dalam sebuah organisasi. Siapa yang akan bertanggungjawab pada produksi, pembukuan, hingga perencanaan bisnis kedepannya. Tidak peduli bisnis Anda memiliki kekuatan yang berbeda – beda namun yang jelas harus memiliki tujuan dan harapan mengenai bisnisnya dengan jelas. Apapun tipe orang yang ada didalamnya, dan bagaimanapun mereka bekerja, mereka harus mampu menjaga kekompakan untuk mencapai tujuan bersama.

3. Menjadi fleksibel

Di dalam duni kerja, seseorang tentu memiliki pekerjaan pokok yang harus mereka selesaikan. Tapi dalam sebuah dunia usaha kita memiliki cerita yang berbesa, karena setiap orang harus bersedia untuk menawarkan bantuan bila diperlukan, bahkan jika itu berada di luar zona nyaman kita. Kita bisa saja merasa takut gagal dalam menjalankan pekerjaan itu, tapi kita juga harus bisa menjadi fleksibel untuk mau mencoba melakukan pekerjaan yang pada akhirnya akan menguntungkan bisnis bersama.

4. Terus belajar

Kita tidak akan pernah tahu bagaimana bisnis ini 5 tahun yang akan datang. Karena itu setiap waktu yang kita miliki harus digunakan untuk terus belajar dan menciptakan sesuatu yang baru. Jika tidak maka kita akan benar – benar siap dalam mengambil resiko dalam sebuah bisnis. Untuk mengelola sebuah perubahan dalam sebuah bisnis ada banyak yang harus dipelajari, seperti hal apa saja yang diperlukan, hal apa saja yang sedang nge-trend, dan lain sebagainya. Banyak pemikiran yang bisa Anda dapatkan dari masing – masing anggota keluarga dalam hal ini.

5. Jangan membawa pekerjaan ke dalam rumah

Apakah Anda juga meyakini ini? Jika makan siang Anda adalah untuk bekerja dan makan malam Anda adalah untuk keluarga? Sekalipun Anda bekerja bersama dengan anggota keluarga tapi bukan berarti Anda harus selalu membawa pekerjaan itu kemanapun Anda pergi, terutama ke dalam rumah. Pastikan Anda tidak mencampuri kenyamanan berkumpul bersama keluarga dengan hal – hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Anda bisa saja merasa baik – baik saja hal ini bisa terjadi, tapi bagaimana dengan anggota keluarga yang lain? Jadi jangan sampai membawa pekerjaan hingga ke dalam rumah Anda.

Baca juga:

35 Tips Mendirikan Bisnis Sendiri bagi Para Pemula

7 Tips Bisnis Sukses untuk Enterpreneur Muda

7 Tips Menjadi Solopreneur yang Suskes Membangun Bisnis Rumahan

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *