Running A Business

5 Tantangan Besar yang Harus Dihadapi Usaha Kecil

 
  • 24
    Shares

Loading...

Apa sih tantangan terbesar Anda ketika mulai membangun bisnis kecil Anda saat ini?

Anda dan ribuan pelaku bisnis sukses tentu sepakat, bahwa hampir semua pebisnis memulai bisnis mereka dengan banyak tantangan yang tidak ringan. Dibutuhkan dedikasi dan kerja keras untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan dan melampaui target yang sudah ditetapkan. Seperti mendapatkan status perusahaan besar dari yang awalnya hanya sebatas usaha kecil.

Nah, jika Anda adalah salah satu dari sekian pemilik bisnis kecil yang ingin meraih sukses, pastikan 5 tantangan ini sudah Anda lalui sebelumnya.

1. Anda masih ragu menggunakan media online

Siapa sangka bisnis yang mulai mencoba menjelajahi dunia online dan menggunakan media online untuk berpromosi akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Anda bisa melihat fenomena bisnis online saat ini yang terus menjamur dan bahkan menjadi suatu keharusan bagi setiap pemilik usaha kecil. Banyak pemilik bisnis yang sukses setelah mengembangkan sayap bisnis mereka ke rana online.

Salah satu alasannya karena bisnis online memudahkan pelaku usaha kecil untuk melakukan proses promosi, penjualan dan bahkan tidak menguras banyak modal yang dimiliki. Sebab pemilik bisnis tidak perlu menyewa toko fisik untuk memamerkan produk mereka.

Lalu apa solusinya bagi kami para pebisnis yang masih mengandalkan toko fisik?

  • Kini banyak solusi yang bisa digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan usaha kecil Anda. Mulai dari sosial media, marketplace sampai dengan website profesional Anda sendiri. Jagoanstore.com adalah salah satu penyedia layanan online yang disediakan untuk para pelaku bisnis kecil. Kenapa? Selain karena harga yang relatif murah, fitur yang lengkap juga memudahkan para pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnis online mereka.
  • Setelah memiliki website toko online profesional, Anda bisa mulai mengoptimalkan website Anda untuk mobile device. Kenapa harus? Artikel berikut akan membantu Anda untuk mengerti kenapa website toko online Anda harus mulai menggunakan mobile device.
  • Selain menggunakan website, Anda bisa mengembangkan promosi online di media sosial. Sebab berbisnis online memiliki target yang sangat luas dan media yang tidak terbatas. Meski begitu, Anda juga harus tepat dalam menyasar setiap target atau calon pelanggan di media sosial.
  • Website dan sosial media tidak akan lengkap tanpa pemasaran dengan menggunakan media email. Mulai dari email penawaran sampai dengan email newsletter yang Anda kirimkan kepada pelanggan atau subscriber website Anda. Dari sini Anda bisa menyampaikan apapun informasi pada bisnis online Anda, produk terbaru apa saja, sampai dengan promo apa yang bisa diikuti oleh pelanggan Anda.

2. Kurangnya pengetahuan seputar promosi dan strategi bisnis online

Ketika Anda mulai membangun bisnis sendiri, ada banyak hal yang harus Anda pelajari sendiri. Banyak media untuk belajar yang bisa Anda gunakan sebagai referensi, mulai dari buku, artikel di internet atau majalah, sampai dengan menghadiri seminar atau workshop seputar bisnis dan cara promosinya.

Berbagai tantangan tentu akan memaksa Anda untuk membuka wawasan lebih luas lagi. Sebab perkembangan teknologi pun akan semakin membuat Anda harus mengasah keterampilan dalam mengelola dan mempromosikan bisnis yang sudah ada saat ini.

  • Anda bisa mulai berlangganan pada blog bisnis terpercaya untuk mendapatkan ebook atau newsletter seputar dunia bisnis dan perkembangganya. Seperti yang ada di Mebiso.com. Berbagai tips dan strategi bisnis dibagikan GRATIS kepada para pelaku bisnis online yang sedang membutuhkan media untuk belajar dan berlatih.
  • Selain itu Anda juga bisa mencaritahu tentang siapa pelanggan potensial Anda. Mulai dari menciptakan halaman iklan atau landingpage. Dari sini Anda bisa menambahkan form yang nantinya akan membantu kita mencaritahu target audiens untuk bisnis kita.
  • Setelah Anda bisa menyewa sebuah jasa pemasaran untuk membantu meningkatkan keterampilan teknik marketing bisnis Anda. Sebagai pebisnis tentu Anda bukan hanya harus menginvestasikan uang tapi juga waktu, demi mengembangkan keterampilan pemasaran digital.

3. Cobalah untuk mendedikasikan tugas kepada ahlinya

Ini adalah tantangan yang umum dimiliki oleh para pebisnis di awal mereka mendirikan usaha kecilnya. Mereka harus mau bekerja keras, menghabiskan waktu untuk mengembangkan bisnisnya. Bahkan mungkin hampir semua tugas sudah Anda kuasai.

Tapi apakah ini baik? Tentu tidak. Sebagai pemilik usaha kecil yang sedang mengembangkan bisnisnya, jangan ragu untuk mendedikasikan tugas kepada ahlinya. Seperti mempercayai karyawan untuk bekerja kepada kita. Sebab Anda pun harus berusaha mengembangkan bisnis dan memperluas relasi Anda.

4. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Tidak ada yang lebih baik dari pelanggan yang setia dan loyal kepada bisnis kita. Sekalipun Anda mendapatkan pelanggan baru, namun pelanggan lama tidak menunjukkan kesetiaannya kepada kita, lalu apa artinya?

Bahkan pelanggan tetap akan cenderung menghabiskan 67% lebih banyak dari pelanggan baru untuk berbelanja di bisnis kita. Anda bisa mulai dengan:

  • Menjaga kestabilan harga produk dan jasa. Harga yang kompetitif akan membuat pelanggan mudah untuk menerima sekalipun terdapat perubahan. Sebelumnya lakukan riset pasar untuk memberikan Anda gambaran tentang harga yang seharusnya Anda berikan.
  • Selain harga, layanan yang luar biasa akan membuat pelanggan mempertimbangkan kesetiaannya dengan bisnis Anda. Seperti halnya Beon.co.id yang memberikan pelayanan 24 jam sehari dalam 7 hari seminggu. Mulai dari pelayanan via telepon, email maupun live chat. Artikel berikut akan menunjukkan kepada Anda betapa hebatnya sebuah pelayanan mempengaruhi peningkatan kesuksesan sebuah bisnis, seperti di Beon.co.id.
  • Memberikan diskon juga bisa mendorong pelanggan baru datang dan menjadikan pelanggan lama untuk tetap loyal.

5. Seimbangkan juga kualitas dan pertumbuhan bisnis Anda

Selamat!!! Karena kini saatnya bisnis Anda benar-benar tumbuh dan sukses mendapatkan banyak pelanggan potensial. Sekarang ini saatnya Anda untuk menempatkan parameter di tempat yang akan membantu Anda untuk memenuhi target maupun menjaga tingkat kualitas produk ataupun layanan yang Anda berikan.

Anda bisa memulainya dengan:

  • Mengembangkan budaya perusahaan. Mengapa budaya perusahaan? Sebab tidak ada perusahaan yang bisa meraih sukses tanpa tim building yang baik dan kompak dalam membangun perusahaan tersebut dan mengembangkan merek dari produk yang ada. Nilai yang ditanamkan juga tidak akan diwariskan dengan baik di dalam produk atau layanan kita kepada pelanggan. Ini membuat pelanggan sulit menemukan karakter perusahaan di dalam produk atau layanan yang diterima.
  • Selain itu sebagai pemimpin tentunya Anda harus terus mengasah keterampilan dalam memahami apa yang dibutuhkan karyawan. Setiap karyawan tentu akan melakukan pekerjaan yang ditugaskan, ketika kita memberikan kepercayaan kepada mereka bahwa mereka mampu untuk melakukannya. Karyawan juga akan melakukan pekerjaan mereka ketika kita membantu mereka membuat pekerjaan mereka menjadi lebih mudah.

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

Untuk Anda yang ingin lebih melatih keterampilan menjadi pemimpin yang sukses membangun bisnis, Anda juga bisa mempelajarinya dari berbagai pengusaha sukses yang telah memperoleh omset hingga milyaran. Dapatkan tips dan rahasia sukses mengembangkan bisnis hanya dengan mendownload Ebook The Billionaires Blueprint disertai dengan bagaimana cara mendapatkan pelanggan dengan mudah.

Nah, sekarang bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan inspirasi untuk mengembangkan bisnis kecil Anda? Saya yakin, langkah Anda akan jauh lebih mudah setelah membaca keseluruhan penjelasan di atas. :)

Loading...

  • 24
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *