Start A Business Tips Bisnis

5 Tips agar Sukses dalam Memulai Bisnis Apotek

 

Loading...

Photo by National Cancer Institute on Unsplash

Bisnis ApotekSalah satu peluang usaha di bidang kesehatan adalah dengan membuka apotek. Mengelola apotek dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Selain tenaga kesehatan, obat serta berbagai alat kesehatan pun sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Simak berbagai tips dan strategi yang perlu Anda lakukan agar usaha apotek Anda dapat meraih sukses besar dalam ulasan berikut ini.

Mengapa saya perlu mencoba bisnis apotek?

Pertanyaan tersebut pasti terlintas dalam benak Anda. Bisnis ini menawarkan potensi yang cukup menggiurkan. Selalu ada pasar untuk bisnis ini.

Pada dasarnya, masyarakat akan selalu membutuhkan obat-obatan, vitamin, serta alat-alat kesehatan. Oleh karenanya, keberadaan apotek akan selalu dicari. Anda pun berpotensi mendapatkan penghasilan yang konsisten dari bisnis ini.

Namun, tentu saja bisnis apotek ini memiliki tantangannya tersendiri. Apotek bisa kita temukan dengan mudah di mana-mana, sehingga Anda harus siap dengan persaingan ketat. Diperlukan beberapa strategi jitu agar bisnis Anda bisa berjalan lancar. Berikut di antaranya.

1. Tentukan sistem usaha

Anda bisa mendirikan apotek secara mandiri. Selain itu, Anda juga bisa mendirikan bisnis ini dengan sistem waralaba.

Beberapa brand apotek besar berbasis sistem waralaba, Anda hanya perlu menyediakan modal yang cukup. Sistem ini memang lebih mudah, terutama bagi pemula. Peralatan dan kebutuhan apotek biasanya sudah disiapkan, Anda tinggal menjalankan operasional apotek saja.

Namun, ada hal yang perlu dicatat mengenai sistem waralaba. Anda harus siap untuk menyiapkan modal dalam jumlah besar, karena biasanya pemilik waralaba mematok harga yang tinggi.

2. Carilah lokasi yang strategis

Usahakan agar apotek Anda terletak di lokasi yang strategis. Orang akan banyak berlalu lalang di sekitar apotek Anda. Hal tersebut akan meningkatkan kesempatan untuk menjaring lebih banyak konsumen.

3. Memberikan layanan yang maksimal

Pelayanan pembeli adalah kunci. Berikanlah pelayanan yang profesional kepada setiap pembeli. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk dapat melayani pelanggan apotek dengan baik.

Pertama, carilah apoteker yang kompeten. Peracikan obat adalah perkara krusial. Pembeli harus mendapatkan resep obat yang sesuai. Tentunya, hal ini akan mengangkat kredibilitas apotek Anda.

Kedua, layani pembeli dengan ramah. Pembeli pun akan betah membeli obat di apotek Anda. Selain itu, jadilah informatif. Berikan informasi yang jelas ketika pembeli bertanya akan sesuatu.

4. Jalin kerja sama

Anda bisa menjalin kerja sama dengan apotek-apotek besar untuk menekan biaya penyediaan produk. Terkadang, apotek-apotek tersebut bertindak layaknya distributor. Mereka menyediakan produk untuk apotek-apotek yang lebih kecil. Jika harga obat yang ditawarkan ternyata lebih murah, mengapa tidak bekerja sama?

Menjalin kerja sama bisa meningkatkan omzet penjualan Anda. Anda bisa menjalin kerja sama dengan klinik atau dokter untuk menyediakan obat-obatan serta alat kesehatan.

Selain meningkatkan omzet penjualan, langkah ini dapat membantu Anda untuk menentukan stok obat ke depannya. Anda bisa mengetahui obat-obatan mana yang sering digunakan dari kebutuhan klinik atau dokter tersebut.

Anda juga bisa menjalin kerja sama dengan BPJS, dengan menjadi mitranya. Apotek Anda menyediakan obat-obatan yang sesuai dengan ketentuan pemerintah. Apotek Anda pun akan menjadi rujukan untuk pengguna BPJS agar bisa mendapatkan obat sesuai dengan ketentuan.

Simak juga berbagai tips menarik lainnya seputar bisnis dan entrepreneurship hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis. salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *