Running A Business

5 Tips Lebih Ramah Saat Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis

 
  • 8
    Shares

   

Sosial media menjadi salah satu media promosi sebuah bisnis yang mudah untuk dilakukan dan sudah banyak diaplikasikan. Selain mengehemat biaya, sosial media mampu menjangkau pasar dengan lebih mudah dan lebih jauh. Melakukan promosi melalui media sosial bukan hanya mengandalkan postingan saja, namun pelanggan akan lebih menyukai bagaimana suatu bisnis atau toko online bisa berkomunikasi dengan ramah bersama pelanggan mereka. Adanya keterbukaan dan keaslian, membuat pelanggan lebih betah dan ingin bertahan lebih lama dari bisnis tersebut.

1. Menciptakan hubungan emosional

Sekalipun mempromosikan sebuah bisnis hanya melalui media sosial yang hanya akan mempertemukan penjual dan pembeli dalam sebuah wadah online, namun proses promosi harus berjalan dengan sangat ramah. Ramah disini artinya penjual harus mampu menciptakan sebuah hubungan emosional antara dirinya dengan pelanggan yang mengunjungi akun sosial media mereka. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan terus menjalin komunikasi, baik melalui postingan, komentar ataupun message. Cara ini dapat dengan mudah menumbuhkan keakraban antara penjual dan pembeli, sekalipun proses yang terjadi hanya di dalam lingkup media online.

2. Membuat sebuah percakapan yang ramah

Siapa yang tidak suka jika mendapat sapaan atau balasan ramah dari seseorang? Terlebih jika itu terjadi di sosial media. Keramahan dalam sebuah percakapan akan mudah diterima dan diingat oleh masyarakat, terlebih saat Anda ingin memperkenalkan sebuah brand bisnis Anda. Cobalah untuk mendekati mereka, baik melalui sebuah komunitas atau hanya komunikasi 2 orang saja. Komunikasi semacam ini akan membantu Anda untuk lebih mudah didengar dan meminta umpan balik dari mereka.

3. Jaminan keaslian

Tidak ada lagi yang bisa menjadi senjata bagi sebuah toko atau bisnis online, selain kepercayaan yang diberikan oleh pelanggan mereka. Sekalipun hanya melalui media sosial, pemilik bisnis online masih bisa dan memiliki kesempatan untuk membangun sebuah kepercayaan di hati pelanggan mereka. Dari segi interaksi di media sosial Anda juga harus membuatnya seasli mungkin. Janga kaku dan jangan biarkan pelanggan Anda seperti berbicara dengan robot yang membuat seuasana kaku. Ajak mereka sesekali untuk merasakan guyonan ringan Anda. Dan buat setiap komunikasi Anda semakin renyah dan ramah untuk dinikmati oleh pelanggan Anda.

4. Jangan ragu meminta dukungan

Dalam setiap proses atau kegiatan promosi bisnis Anda, penting kiranya Anda mendapatkan dukungan sebanyak – banyaknya dari siapapun yang menjadi kawan Anda. Salah satu bentuk dukungan itu bisa berupa pemberian “like” pada postingan atau halaman Fanspage Facebook Anda, atau berupa Retweet di postingan Twitter Anda. Dukungan sederhana ini akan membantu Anda mengenalkan produk dan bisnis Anda lebih mudah dan jelas lebih jauh jangkauannya. Karena saat pelanggan Anda memberikan “like” nya, itu secara otomatis akan tampil pada halaman teman mereka, dan ini akan memudahkan Anda dalam memperkenalkan bisnis Anda lebih jauh dari sebelumnya.

5. Menjadi lebih transaparan

Cara membangun sebuah kepercayaan dan loyalitas pelanggan melalui sosial media adalah dengan menjadi lebih transaparan dengan mereka. Anda bisa memberikan pelanggan kesempatan untuk dapat berbagi kisah keberhasilan atau perasaan mereka setelah menggunakan produk yang Anda berikan. Ini lebih kepada sebuah kolom testimonial. Dari sanalah, Anda bisa membangun sebuah rasa percaya untuk pelanggan dan calon pelanggan Anda. Untuk melakukan hal ini, tentu Anda harus lebih banyak melakukan komunikasi dengan pelanggan – pelanggan Anda, atau lebih tepatnya menjalin sebuah kolaborasi dan kesempatan untuk menjadi lebih dekat dengan pelanggan Anda.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

8 Tips Promosi Bisnis Anda di Sosial Media

8 Fakta Terbaru untuk Meningkatkan Upaya Marketing Anda di New Media

4 Kesalahan yang Biasa Dilakukan oleh Perusahaan untuk Sebuah Kampanye Sosial Media

           
  • 8
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 6 February 2015 - pukul 10:42

    Sosmed kini sudah jadi alat untuk promosi bisnis yang efektif, murah dan mudah. Cek postingan blog saya juga ya disini :)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *