Produktif Produktivitas

5 Tips Manajemen Waktu Ketika Work From Home

 

Manajemen Waktu Ketika Work From Home – Kerja di rumah alias work from home malah menjadi tidak produktif? Mungkin saja, manajemen waktumu selama ini bermasalah. Agar produktif, yuk ikuti tips untuk manajemen waktu yang baik ketika work from home berikut!

1. Tentukan waktu untuk bekerja

Bekerja di rumah dapat terasa lebih fleksibel. Walaupun sedang bekerja di rumah, bukan berarti waktu untuk bekerja jadi tidak teratur.

Tetapkanlah waktu untuk bekerja. Anda bisa mengikuti jam kerja kantor biasanya. Contohnya, saat di kantor Anda biasa mulai bekerja pukul 09.00, maka Anda pun mulai berkegiatan pada pukul tersebut.

Fokuskan waktu bekerja hanya untuk mengerjakan pekerjaan. Jangan lupa informasikan orang lain di rumah mengenai waktu bekerja, agar mereka pun bisa mengetahui bagaimana mereka bisa mendukung Anda.

2. Tentukan juga waktu untuk beristirahat

Pastinya, ketika bekerja di kantor, Anda pun punya waktu khusus untuk beristirahat. Hal ini juga penting untuk diterapkan ketika melakukan work from home, lho.

Tak hanya bekerja yang penting, beristirahat pun sama pentingnya. Jangan sampai Anda terlalu larut dalam pekerjaan, juga jangan sampai terlalu banyak bersantai. Dengan mengatur waktu untuk bekerja dan beristirahat, Anda pun menyeimbangkan keduanya.

Sama dengan sistem waktu kerja, ketika masuk waktu istirahat, fokuslah untuk beristirahat. Anda juga harus menjaga kedisiplinan diri. Ketika sudah habis waktu beristirahat, kembalilah bekerja.

3. Buat to-do-list harian dan tuntaskan!

Sehari sebelumnya, buatlah to-do-list alias daftar aktivitas yang perlu dilakukan. Selain menuliskan seluruh aktivitas, buatlah skala prioritas untuk aktivitas-aktivitas tersebut. Urutkanlah aktivitas atau tugas mana yang harus selesai terlebih dahulu.

Hal yang paling penting dari membuat to-do-list adalah menuntaskan segala hal yang telah Anda tulis. Tentunya, butuh kedisiplinan dan tekad yang kuat, bukan?

4. Siapkan tempat yang nyaman untuk bekerja

Eits, nyaman yang dimaksud di sini bukan nyaman seperti untuk bersantai, melainkan nyaman yang ideal untuk bisa fokus bekerja. Seperti apakah tempat yang ideal untuk bekerja?

Pilihlah sudut ruangan yang memungkinkan Anda bekerja dengan tenang dan bebas dari distraksi. Jika Anda mudah terdistraksi dengan suara bising, Anda bisa mencari tempat yang lebih tenang.

Agar lebih nyaman lagi, rapikan area bekerja Anda. Anda bahkan bisa mendekorasi area bekerja Anda, supaya lebih semangat. Selain itu, hindarilah bekerja di atas kasur. Alih-alih nyaman, Anda pun tak kuasa untuk rebahan!

5. Tahan dulu godaan main handphone

Godaan lainnya ketika work from home adalah kita jadi lebih leluasa untuk menggunakan handphone atau ponsel. Eits, hati-hati! Jangan sampai Anda jadi keasyikan menggunakan ponsel untuk hal-hal yang kurang perlu dan malah membuang banyak waktu.

Jadilah disiplin. Atur ponsel menjadi mode silent atau mode senyap. Simpan dulu ponsel Anda. Anda baru bisa menggunakannya lagi ketika waktu istirahat atau tugas telah diselesaikan.

Bagaimana bila kita membutuhkan ponsel untuk bekerja, misalnya untuk berhubungan dengan rekan kerja? Jikamasih butuh ponsel, Anda bisa mematikan segala notifikasi aplikasi yang tidak perlu. Dengan demikian, Anda pun jadi lebih fokus.

Nah, kira-kira, tips mana sajakah yang sudah Anda jalankan? Atau… Anda punya tips lain agar bisa tetap produktif selama work from home? Beri tahu di kolom komentar, ya!

Jangan lewatkan berbagai artikel menarik lainnya seputar produktivitas dan bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat work from home, salam sukses!

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *