Running A Business

5 Tips Memasarkan Bisnis Rumahan dengan Lebih Mudah

 
  • 3
    Shares

   

Bisnis rumahan memang menjadi salah satu pilihan yang banyak dilakukan oleh para pebisnis. Selain meningkatkan pendapatan pribadi, bisnis rumahan juga kebanyakan turut membantu terwujudkan bisnis UKM yang dapat membantu warga di lingkungan sekitar. Dari proses perencanaa, produksi hingga pemasaran, bisnis rumahan tentu sangat berbeda dengan bisnis pada umumnya. Lalu bagaimana cara agar bisnis rumahan ini bisa menghasilkan sesuatu yang besar? Tentunya membutuhkan strategi pemasaran yang bagus pula. Nah, berikut ini adalah 5 tips memasarkan bisnis rumahan Anda:

1. Dari mulut ke mulut

Untuk langkah awal memasarkan produk bisnis rumahan memang tidak mudah. Kebanyakan para pebisnis yang memilih untuk berbisnis dirumah, memasarkannya dengan cara dari mulut ke mulut. Teman, keluarga, rekan kerja dan tetanggapun menjadi target pasar paling dekat dengan bisnis kita. Karena dari orang dekat tersebut, kita bisa langsung mendapatkan kritik atau masukan untuk bisnis kita. Hal ini juga akan bermanfaat untuk kita dalam mengembangkan bisnis rumahan ini.

2. Manfaatkan sosial media

Di era globalisasi seperti sekarang ini, segala aktifitas menjadi sangat mudah dengan bantuan sosial media. Dari pertemuan dengan seseorang, hingga proses promosi atau pemasaran akan terasa mudah. Karena dengan sosial media, target pasar kita cukuplah luas. Siapa saja bisa tahu dan mengenal produk kita hanya melalui foto dan detail produk yang kita tuliskan di sosial media. Banyak sekali sosial media yang bisa digunakan, selain website, kini Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya juga bisa menjadi pilihan Anda memasarkan produk rumahan Anda.

3. Gunakan brosur untuk membantu promosi

Sosial media memang menjadi salah satu pilihan promosi paling efektif saat ini, tapi cara promosi tradisional yang satu ini masih menunjukkan eksistensinya untuk membantu proses promosi suatu produk. Ya, brosur adalah salahs atu cara promosi tradisional yang sampai saat ini masih digunakan oleh beberapa orang. Selain menggunakan sosial media, Anda bisa membantu kegiatan promosi bisnis Anda dengan menggunakan brosur. Dengan desain yang menarik dan informasi yang singkat, padat dan jelas, brosur mampu menjangkau siapa saja di lingkungan masyarakat. Karena untuk sosial media, bisa dikatakan hanya bisa digunakan oleh mereka yang mengetahui apa itu internet dan isinya, serta bagi mereka yang memiliki cukup biaya untuk mengakses internet. Sedangkan ketika Anda ingin menjangkau pasar yang lebih luas, masayarakt kecilpun bisa mengetahui bisnis Anda melalui brosur yang Anda bagikan.

4. Ikuti berbagai bazar

Bisnis rumahan tidak akan berkembang ketika Anda hanya duduk diam dan tidak beraksi apapun. Salah satu contoh aksi yang bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan produk Anda adalah sering mengikuti sebuah acara pameran atau bazar. Disana Anda memiliki kesempatan untuk menunjukkan dan memamerkan produk hasil olahan rumah Anda. Entah itu berupa produk makanan atau produk kerajinan. Acara itu sendiri bukan hanya bisa membantu meningkatkan penjualan Anda, namun juga menjaring banyak relasi untuk diri Anda dan bisnsi Anda sendiri.

5. Pasarkan ke toko – toko

Jika memang dirasa perlu dan harus, Anda bisa memasarkan produk rumahan Anda ke toko – toko yang ada. Namun, sebelum Anda memulai untuk memasarkan ke toko, cobalah pahami bagaimana karakter pembeli yang ada di toko tersebut, apa saja yang mereka butuhkan dan inginkan, serta bagaimana pengaruhnya kepada bisnsi Anda nantinya. Usahakan untuk pemasaran ke toko – toko tidak yang berada dekat dengan lingkungan rumah Anda. Itu sama saja Anda membuka toko Anda sendiri. Selain Anda bisa menitipkan produk Anda ke toko – toko, Anda juga bisa membuka toko Anda sendiri di rumah Anda. Jadi, ketika pembeli ingin membeli secara langsung, mereka bukan hanya menjumpai sebuah tempat produksi, namun juga sebuah toko yang menjual produk rumah tersebut.

[Baca juga: ]

Apa Sahabat Mebiso punya tips lainnya? Kalian bisa menambahkan di kolom komentar :)

           
  • 3
    Shares

Artikel Terkait

3 komentar

  • 28 February 2014 - pukul 6:50

    Berbagai macam usaha rumahan bisa dengan mudah dijalankan. Usaha rumahan bisa dikerjakan secara manual maupun secara online. Tapi apapun jenis usaha yang akan dijalankan harus sudah melalui kajian yang mendalam. Bisnis yang kita jalankan harus benar benar ada pasarnya.
    Kalau menjalankan bisnis rumahan memang seharusnya bersungguh sungguh kalao ingin usaha tersebut berhasil. Keuletan dan kedisiplinan akan menjadi modal yang sangat berharga dalam menjalankan bisnis rumahan yang dijalankan

    • Administrator
      28 February 2014 - pukul 7:59

      Terimakasih Pak Joko untuk saran dan masukannya :) Semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca Mebiso :)

  • elok_diliyanti@yahoo.com
    2 May 2015 - pukul 9:26

    Memasarkan bisnis rumahan paling efektif memang dari mulut ke mulut saya sudah membuktikannya, langkah yang tak kalah pentingnya (untuk produk makanan/minuman)adalah mendaftarkan produk kita ke dinas kesehatan dan mendapatkan sertipikat produksi pangan jika ingin memperluas pangsa pasar kita

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *