Running A Business

5 Tips Membuat Headline yang Mengundang Banyak Klik

 
  • 3
    Shares

Bisnis online identik dengan iklan yang dibuat secara online pula. Iklan online yang biasa kita temui di berbagai media seperti marketplace, Google Adwords, Facebook Ads, dan lain sebagainya tentu tidaklah mudah untuk menarik perhatian. Mereka memang mampu membuat tulisan singkat dan berfikir akan banyak pengunjung yang melakukan klik. Tapi nyatanya tidak semua iklan online mampu menarik pengunjung secara efektif. Dan alhasil iklan tersebut menjadi sia – sia saja.

Tapi ada satu hal yang bisa kita lakukan untuk membuat iklan tersebut menjadi lebih menarik, yaitu dari judul atau headline. Melalui headlinelah seseorang akan tertarik lebih dulul dengan iklan kita, sebelum dia membuka dan membaca isi dari iklan tersebut. Headline bisa dikatakan menjadi pintu gerbang bagi seseorang untuk masuk dalam iklan yang kita buat. Dan bagaimana caranya membuat headline yang menarik?

1. Tunjukkan nilai spesifik dari produk yang dipromosikan

Mana yang membuat Anda tertarik dengan headline, “Tersedia 17 model pakaian wanita untuk Anda di musim libur” dan “Tersedia hampir 20 model pakaian wanita di musim libur”? Ketika kita melihat pernyataan sebuah headline dengan lebih spesifik, maka kita akan lebih mempercayainya ketimbang yang terlihat seperti hanya ingin membesar – besarkan saja. Tunjukkanlah nilai yang spesifik dari produk atau materi promosi Anda. Gunakan juga akan ganjil seperti 7,9,17 atau angka ganjil lainnya. Kecenderungan pembaca akan lebih menyukai headline yang mencantumkan angka seperti 23 ketimbang 25, yang terkesan seperti hanya digenap – genapkan saja.

2. Tampilkan jenis produk yang dipromosikan

Saat kita ingin membuat iklan online, maka hal yang perlu diperhatikan adalah adanya foto atau gambar produk kita. Mengapa begitu? Karena tidak semua pembaca akan menyukai sebuah tulisan, ada mereka yang lebih menyukai sebuah konten visual. Ketika produk yang Anda jual merupakan produk umum yang siapapun bisa menjangkau atau melihatnya, maka tampilkan saja. Ini juga akan membantu headline Anda agar lebih menarik.

3. Berikan kata – kata yang tidak hanya menjual

Ada kalanya sebuah bisnis online ingin mempromosikan produk mereka dengan iklan yang bersifat softselling atau yang memiliki nilai edukasi. Ini sedikit sulit karena kita harus tahu bagaimana menyampaikan maksud atau pesan dalam sebuah headline iklan. Gunakan kata – kata yang membuat iklan Anda terkesan bukan hanya sekedar menjual, seperti “Ini alasan mengapa Anda harus….”.

4. Gunakan kata Anda, hindari kata kami

Pelanggan hanya peduli tentang kebutuhan diri mereka, mereka tidak peduli tentang Anda. Ini memang benar, karena setiap pebisnis online bertugas untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan pelanggan mereka, bukan mereka yang berusaha menunjukkan. Untuk itu, headline yang bisa menarik mereka adalah yang menunjukkan kepedulian kita terhadap kebutuhan mereka. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kata “Anda” ketimbang kata “Kami”.

5. GRATIS!

Kata GRATIS adalah kata yang ampuh dan banyak digunakan untuk hampir setiap iklan online. Kata GRATIS dapat menarik perhatian dari para pembaca. Tapi, sekalipun kata gratis ini ampuh untuk menarik pelanggan, jangan sampai menggunakan kata – kata ini hanya untuk mengecoh dan ujung – ujungnya membohongi mereka. Pelanggan akan jauh lebih kecewa ketika kita tidak bisa menepati janji memberikan gratis seperti yang sudah kita tuliskan dalam iklan.

Jadi, mana cara yang sudah atau akan Anda gunakan untuk menulis headline iklan selanjutnya? :)

Baca juga:

3 Tips Menulis Judul (Headline) yang Menjual

5 Tips Membuat Website Lebih Readable

7 Tips Menggunakan Billboard untuk Kampanye Iklan Anda


  • 3
    Shares

2 komentar

  • 27 November 2014 - pukul 16:07

    benar juga ya bang tips abang ini…

  • 29 November 2014 - pukul 13:32

    Untuk pemilik blog atau produsen bisa menggunakan kata kami, kata kami ini mewakili dari perusahaan. Untuk menyebut pelanggan gunakan kata Anda, kata sapaan dengan huruf pertama yaitu A huruf besar.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *