Running A Business

5 Tips Menciptakan Inovasi Terbaik dalam Bisnis

 
  • 1
    Share

   

Menjalankan bisnis bukan perkara muda memang, apalagi saat kita memiliki keinginan untuk melakukan banyak pengembangan dan perencanaan jangka panjang. Ini membuat hampir semua pebisnis harus memiliki sikap atau rasa ingin tahu yang tinggi. Sehingga mereka mau untuk terus berinovasi dan mencoba berbagai hal baru untuk bisnisnya.

Perkembangan dunia teknologi membuat kita mudah untuk mencari infomasi dan sumber untuk ide bisnis kita yang baru. Inovasi pun akan terus dilakukan untuk mendapatkan pasar yang jauh lebih luas lagi. Hingga mendapatkan pelanggan yang jauh lebih banyak lagi.

Tapi tahukah Anda inovasi yang seperti apa yang bisa membuat bisnis kita berkembang? Berikut ini kami coba bagikan untuk Anda beberapa tipsnya:

1. Dengarkan setiap feed back yang masuk, baik atau buruk

Untuk menjadi lebih baik, kita tidak bisa berjalan dengan kaki kita sendiri. Ada banyak tangan dan bahkan usaha yang kita lakukan dengan orang lain. Feed back mulai dari pendapat, saran, kritik dan gunjingan memang akan selalu menghampiri kita.

Bahkan sebagai pemilik bisnis kita tidak bisa menolak setiap ucapan orang begitu saja. Baik atau buruk setiap ucapan orang harus mau kita dengarkan. Kita memang tidak harus menjalankan setiap saran yang menurut kita baik dan tidak juga harus mengabaikan setiap saran buruk. Tapi setidaknya kita bisa belajar menyaring saran untuk kita lakukan nantinya.

2. Lakukan brainstoarming

Salah satu sesi yang tidak boleh terlewatkan dalam mendapatkan ide terbaik untuk bisnis kita adalah Brainstorming. Cara ini dinilai paling efektif untuk memunculkan inovasi dan menghasilkan ide baru untuk bisnis kita. Lakukan saja brainstorming bersama tim kerja setiap beberapa kali dalam waktu yang Anda tentukan. Seperti sekali dalam 1 bulan sekali.

Bukan hanya dengan sesama anggota tim saja, kita juga bisa melakukannya dengan relasi atau rekan bisnis kita. Mengajak mereka untuk bertukar informasi dan pengalaman, sampai menciptakan ide yang bisa dilakukan bersama ataupun secara individu.

3. Gunakan ide orang lain

Jika Anda kesulitan menciptakan dan mendapatkan ide bisnis yang baru, cobalah mencari dan mengadaptasi ide dari orang lain. Seperti contohnya saat kita meniru ide dari perusahaan Google. Seperti menciptakan suasana kerja seperti mereka, lingkungan yang diadaptasi dari perusahaan tersebut. Meminjam dan mengadaptasi kebijakan dan praktek perusahaan lainnya akan sangat efektif, dan dinilai memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

4. Cari solusi kreatif

Berinovasi adalah cara dimana kita menghasilkan ide-ide dan menempatkan ide ke dalam tindakan dengan cara yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Dalam sebuah bisnis masalah yang akan Anda hadapi bukanlah masalah yang biasa-biasa saja. Bahkan mungkin cenderun sulit untuk Anda selesaikan dengan cara yang biasa. Itulah yang membuat Anda harus mau mencari solusi kreatif untuk masalah yang Anda miliki.

Dalam hal ini mendengarkan feed back bukan hanya dari pelanggan saja, tapi juga dari karyawan kita sendiri. Karena dari merekalah setiap upaya dan rencana bisnis kita bisa terlaksana. Gunakan dan manfaatkan sosial media untuk berkomunikasi dan mengumpulkan ide-ide terbaik Anda.

Lalu, bagaimana dengan Anda sekarang? Jika Anda berpikir bisnis harus memiliki modal yang besar saja, maka mungkin Anda masih belum tahu. Bahwa ada ide, inovasi dan tindakan yang akan membuat bisnis Anda jauh lebih sukses dari yang sekedar Anda bayangkan bahkan impikan.

Selamat mencoba :)


  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *