Tips Bisnis

3 Tips Sukses Berbisnis Kopi dari Kopi Kenangan

 

Loading...

Kopi Kenangan – Kesuksesan brand kopi yang satu ini patut diacungi jempol. Sukses hingga menerima suntikan dana dari Jay Z dan Serena Williams, kopi kenangan memiliki strategi bisnis yang menarik. Simak ulasannya berikut ini.

Kopi kenangan: salah satu pelopor brand kopi kekinian

Saat ini, tren minuman kopi susu kekinian tengah menjangkiti publik di Indonesia, terutama kalangan muda dan mudi. Kita bisa dengan mudah menemukan berbagai brand kopi. Mulai dari kopi di cafe hingga kopi dengan kemasan siap bawa (coffee to go) menjamur.

Brand kopi kenangan adalah salah satu brand coffee to go yang populer dan digemari masyarakat. Kopi ini didirikan oleh Edward Tirtanata, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa pada tahun 2017.

Usianya memang terhitung masih sangat muda. Namun demikian, telah banyak capaian yang ditorehkan kopi ini.

Kini, gerai kopi kenangan telah tersebar hingga ke berbagai daerah di Indonesia, dengan total mencapai lebih dari 200 gerai. Berdasarkan data dari Nielsen Company, merek kopi ini juga mendapat posisi nomor satu untuk top-of-mind awareness untuk kategori kopi susu.

Selain itu, brand kopi ini mendapatkan suntikan dana dari para pesohor dunia, yakni dari Arrive (perusahaan di bawah Roc Nation yang dimiliki oleh Jay Z) serta Serena Ventures (perusahaan yang salah satu pendirinya adalah petenis handal Serena Williams). Keren sekali, bukan?

Bisa sukses memiliki banyak gerai, ini tips bisnis kopi kenangan yang bisa Anda pelajari

Walaupun baru didirikan pada tahun 2017, perkembangan bisnis brand kopi ini memang terhitung pesat. Tentunya, segala pencapaian tersebut dilakukan berkat jerih payah dan strategi jitu dalam berbisnis.

Berikut ini adalah beberapa strategi menarik brand ini dalam berbisnis, pastinya sangat bisa Anda teladani saat ingin mencoba berbisnis kopi kelak.

1. Memilih nama brand yang catchy dan mudah diingat

Sepintas, nama brand kopi ini sangat unik. Seperti yang dilansir sari Merdeka.com, Edward Tirtanata mengutarakan bahwa nama ‘Kenangan’ dipilih karena semua orang bisa relate alias menghubungkan dirinya dengan hal tersebut.

Tak hanya itu, nama varian produknya pun unik-unik. Ada Kopi Kenangan Mantan, Kopi Kenangan Masa Lalu, dan lain-lain.

Pemilihan nama brand memang tidak bisa sembarangan. Perlu nama brand yang menarik, sehingga orang bisa mudah mengingat brand bisnis Anda. Hal tersebut lah yang diwujudkan oleh brand kopi ini.

2. Mematok harga yang terjangkau

Harga minuman kopi yang premium bisa dipatok dengan sangat mahal. Tidak semua orang bisa mampu menikmati kopi semacam itu setiap saat.

Celah itulah yang dilihat oleh para pendiri Kopi Kenangan. Mereka ingin menyediakan produk minuman berkualitas namun terjangkau, sehingga orang-orang bisa menikmati kopi lebih sering.

Brand ini memang mematok harga yang cukup terjangkau, yakni Rp18.000. Harga tersebut ditentukan dengan mengkalkulasi kemampuan calon pelanggan, dengan mempertimbangkan besaran UMR alias Upah Minimum Regional. Pasar kopi ini pun jadi luas, karena banyak kalangan mampu untuk membelinya.

3. Mementingkan kualitas produk

Walau mematok harga yang murah, hal tersebut tak lantas menjadikan Kopi Kenangan menjadi kopi yang biasa saja. Kualitas kopi justru menjadi prioritas utama brand ini.

Kopi Kenangan menggunakan bahan-bahan terpilih dan berkualitas. Kopinya pun diolah dengan baik, menggunakan mesin pengolah yang proper.

Dengan demikian, siapapun bisa menikmati kopi berkualitas dengan harga yang terjangkau. Nampaknya, hal ini benar-benar terwujud, melihat begitu digemarinya kopi ini oleh masyarakat.

Bisnis di bidang kuliner memang butuh ketekunan. Tak hanya bidang kuliner, segala jenis bisnis membutuhkan ketekunan agar bisa bertahan dan sukses. Tetap teguh dan selalu memperkaya wawasan adalah kunci.

Selalu dapatkan wawasan ter-up to date tentang bisnis dan entrepreneurship hanya dari Mebiso. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *