Tips Bisnis

3 Tips Sukses Jualan Ebook agar Laris Manis

 

Loading...

Tips Sukses Jualan Ebook – Keberadaan buku versi digital alias ebook semakin diminati. Dibandingkan dengan buku fisik, ebook memang lebih praktis. Kita bisa mengakses ebook dari berbagai perangkat gawai.

Selain itu, rata-rata judul-judul buku populer yang laris di pasaran biasanya sudah terbit dalam versi digital, selain dalam versi fisik. Masyarakat pun semakin menyenangi ebook karena punya banyak pilihan.

Eksistensi ebook yang semakin populer pun menciptakan peluang baru untuk berbisnis. Yep, Anda bisa mencoba bisnis jual ebook. Ikuti tips berjualan ebook agar sukses, dalam artikel berikut ini!

Tips sukses jualan ebook yang perlu Anda lakukan

1. Selalu up to date dengan perkembangan tren pasar

Sama halnya dengan fashion, buku dan ebook pun memiliki tren yang kerap bergeser. Anda perlu rajin mencari informasi, kira-kira judul buku apa saja yang sedang happening dan banyak dicari masyarakat?

Selain itu, alangkah baiknya jika Anda juga bisa menjual ebook dari buku-buku best seller, alias buku yang telah lama terkenal dan banyak dibeli orang. Umumnya, judul-judul buku best seller akan selalu dicari walau tren buku senantiasa berkembang.

2. Manfaatkan lebih dari satu online platform

Hal yang krusial dalam menjual ebook adalah memilah lapak. Tak ada bedanya dengan berjualan secara offline, Anda perlu lapak yang ‘strategis’. Strategis di sini maksudnya adalah menggunakan platform yang dapat memfasilitasi kegiatan promosi dan berjualan dengan baik.

Kini, ada banyak pilihan online platform yang bisa dimanfaatkan, yakni medsos, website, serta berbagai platform jual beli alias e-commerce. Sebaiknya, Anda menggunakan beberapa platform untuk berjualan.

3. Kumpulkan testimoni pembeli

Tingkat persaingan bisnis ebook pun lumayan ketat. Orang-orang tentunya akan memilih penjual ebook yang terpercaya.

Walau baru mulai berbisnis, tentunya ada upaya yang bisa dilakukan untuk membangun kepercayaan pembeli. Kumpulkanlah testimoni dari setiap pelanggan yang melakukan pembelian. Semakin banyak testimoni bagus akan semakin menumbuhkan kepercayaan calon pembeli.

Testimoni bagus tentunya akan diberikan pembeli jika kita mampu memberikan pelayanan yang memuaskan. Oleh karenanya, jangan lelah untuk terus menerus meningkatkan kualitas pelayanan.

Menjual ebook karya sendiri? Mengapa tidak!

Selain menjual ebook karya penulis-penulis lainnya, tentu saja Anda bisa menjual ebook hasil karya sendiri. Temukanlah topik yang menarik dan berpotensi diminati oleh pasar, mulai dari fiksi hingga nonfiksi. Setelah ketemu, segeralah menulis!

Agar semakin lancar menulis ebook, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis ebook. Dengan demikian, Anda akan mampu menghasilkan karya berkualitas dan laris manis dijual. Berikut ini di antaranya.

  1. Gunakan bahasa yang mudah dicerna. Pembaca tentunya lebih suka tulisan yang mudah dipahami. Jika topik Anda sudah menarik namun kurang diminati karena sulit dipahami, rasanya sayang sekali, bukan?
  2. Perhatikan kaidah bahasa. Pastikan bahwa tulisanmu disusun dengan kaidah tulisan yang baik. Cermati setiap ejaannya, sebaiknya lakukan proses penyuntingan naskah ebook lebih dari sekali.
  3. Atur tata letak. Tata letak atau layout tulisan juga merupakan hal krusial. Buatlah tata letak tulisan yang rapi. Tulisan pun akan semakin enak dibaca.
  4. Gunakan format yang sering dipakai. Format PDF adalah format yang umumnya digunakan untuk ebook.
  5. Tentukan harga yang pas. Hendaknya tidak terlalu murah, juga tidak terlalu mahal. Carilah harga yang wajar.
  6. Gencar promosikan ebook. Selain gencar mempromosikan sendiri, mintalah bantuan orang-orang sekitar Anda untuk turut mempromosikan karya ebook Anda.

Jangan lewatkan berbagai artikel menarik lainnya dengan tema bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Perfecto Capucine from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *