Running A Business

5 Type Email Follow Up yang Wajib Anda Ketahui

 
  • 1
    Share

Loading...

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memfollow-up pelanggan kita. Follow-up sendiri dapat dalam bentuk email, telepon atau bertemu langsung seperti halnya saat Anda menawarkan produk atau jasa pertama kali. Untuk follow-up dalam bentuk email memang diperlukan konten yang berkualitas agar dapat memanjakan pelanggan. Dalam menuliskan Email follow-up sendiri sebenarnya tidak harus membahas tentang “penjualan” secara langsung, Anda bisa menggunakan beberapa type email follow-up berikut untuk Anda terapkan di bisnis Anda:

Tutorial

Anda bisa menggunakan type email follow-up tutorial untuk membantu pelanggan menggunakan layanan Anda. Email dalam bentuk tutorial cukup menarik banyak pembaca karena sifatnya sharing informasi dan tergolong soft selling.

Edukasi

Siapa yang tidak suka diberikan ilmu baru? pasti pelanggan Andapun salah satunya juga. Buatlah pula type email follow-up edukasi untuk memberikan pengetahuan baru bagi pelanggan anda, dengan begini maka pelanggan anda akan mendapatkan nilai tambah dari layanan Anda.

Aspirational

Anda bisa juga mengirimkan email dengan type ini yang berisi tentang contoh-contoh pengalaman atau testimonial dari pelanggan Anda yang lain. Dengan type email ini, pelanggan Anda akan semakin ter-trigger untuk membeli produk atau jasa Anda.

Transaksi

Email type berikut adalah yang sering kita jumpai dan mungkin juga telah kita terapkan di bisnis kita, yaitu memfollow-up pemesenan pelanggan Anda yang belum mereka bayarkan. Email ini memang to-the-point namun Anda tetap harus memperhatikan waktu pengirimannya. Jangan sampai pelanggan merasa dikejar-kejar dan akhirnya merasa tidak nyaman.

Personal

Email dengan type personal akan membuat pelanggan merasa lebih spesial karena email tersebut hanya dikirimkan kepada mereka saja. Konten dari email ini pun lebih luwes sehingga pelangganpun lebih merasa dekat dengan Anda. Anda bisa memanfaatkan “perasaan” nyaman pelanggan itu untuk menarik mereka ke penjualan.

Jika dilihat dari sisi cost dan effort, kami yakin Anda sepakat bahwa email follow-up adalah pilihan yang tepat. Selain tidak mengeluarkan biaya lebih, email follow-up juga less effort. Namun survey membuktikan bahwa tingkat keberhasilan email follow-up justru dibawah bentuk follow-up lainnya. Itu artinya ada yang perlu diperbaiki di sisi konten ataupun timing dari email follow up Anda.

Sejak dulu hingga nanti, email marketing akan mengembangkan bisnis Anda lebih cepat daripada media pemasaran lainnya. Kami menggunakan dan merekomendasikan Getresponse untuk layanan email marketing Anda.

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *