Start A Business Tips Bisnis

7 Usaha Pertanian yang Berpotensi Untung Besar

 

Loading...

Usaha Pertanian – Bidang pertanian bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Simak peluang bisnis di bidang pertanian apa saja yang bisa mendatangkan untung besar bagi Anda.

1. Menanam sayuran hidroponik

Sayuran hidroponik adalah sayuran yang ditanam dengan memanfaatkan air sebagai medianya, ketimbang menggunakan media tanah seperti metode konvensional. Sayuran hidroponik cukup digemari oleh masyarakat, karena bebas dari pestisida.

Sistem menanam dengan metode hidroponik memiliki beberapa keuntungan bagi petani. Pertama, dibandingkan dengan menanam secara konvensional, dibutuhkan air yang lebih sedikit. Kedua, Anda bisa mendapatkan hasil panen lebih banyak. Ketiga, sistem ini cocok bagi Anda yang memiliki lahan terbatas, tidak butuh lahan luas untuk menanam secara hidroponik.

2. Budidaya rempah-rempah

Rempah-rempah selalu dibutuhkan, baik untuk melezatkan masakan, membuat minyak esensial dan aromaterapi, hingga menjadi bahan produk-produk kecantikan. Rempah-rempah sangat laku di dalam dan juga luar negeri. Oleh karenanya, bisnis rempah-rempah sangatlah lumayan.

3. Usaha pertanian sayur dan buah organik

Banyak orang yang ingin hidup lebih sehat, tanpa mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur yang bebas pestisida. Peluang ini bisa Anda manfaatkan, untuk bisnis sayur dan buah organik.

Anda bisa mendirikan perkebunan sayur dan buah organik, kemudian memasarkan hasil kebun Anda. Selain usaha perkebunan, Anda juga bisa menjadi pemasok hasil kebun. Anda bisa bekerja sama dengan pemilik perkebunan.

Oh ya, Anda bisa menjual sayur dan buah secara online. Orang-orang bisa memesan sayur dan buah, Anda mengirimnya ke rumah mereka. Bahkan kini aplikasi pesan-antar sayur dan buah jadi semakin populer, misalnya Tanihub.

4. Budidaya tanaman obat

Kekayaan alam Indonesia memang luar biasa. Banyak tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan, bahkan menjadi obat untuk menangkal penyakit. Budidaya tanaman obat bisa menjadi peluang yang menguntungkan.

5. Penyedia bibit tanaman

Selain menjual hasil panen, menjual bibit tanaman juga bisa sangat menguntungkan. Tentunya, butuh bibit sebelum bisa menumbuhkan suatu tanaman. Usahakan bahwa Anda menyediakan bibit tanaman yang berkualitas.

6. Menjual tanaman hias

Bisnis di bidang pertanian lainnya adalah berbisnis tanaman hias. Orang-orang senang memiliki tanaman hias sebagai pemanis sudut ruangan.

Layaknya fashion, tanaman hias pun ada trennya, lho. Beberapa tahun ke belakang, gelombang cinta dan kamboja jepang sangat populer. Kini, varian tanaman indoor seperti kaktus semakin diminati untuk dekorasi ruangan.

Pokoknya, Anda perlu jeli melihat perkembangan tren tanaman hias. Dengan demikian, bisnis Anda bisa mengikuti kebutuhan pasar.

7. Penyedia peralatan dan perlengkapan bertani

Bertani membutuhkan banyak peralatan dan perlengkapan, mulai dari pupuk, cangkul, alat penyiram, dan lain-lain. Anda bisa juga menjual peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk bertani.

Anda bisa membuka toko di lokasi tertentu atau bahkan di rumah Anda sendiri, seperti membuka warung kelontong. Namun, ada cara yang lebih mudah lagi. Anda bisa berjualan tanpa tempat, alias membuka toko online.

Buatlah medsos atau website untuk memasarkan produk Anda. Anda tinggal mengirimkan pesanan ke alamat pembeli. Praktis sekali, bukan?

Itulah berbagai macam jenis bisnis di bidang pertanian yang bisa Anda coba. Agar bisnis berlangsung dengan lancar, dibutuhkan strategi manajemen dan pemasaran yang tepat. Selain itu, sikap tekun sangat diperlukan.

Simak berbagai referensi terkait bisnis dan entrepreneurship hanya di artikel-artikel Mebiso. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *