Running A Business

50 Tips Menggunakan Twitter secara Efektif untuk Bisnis Anda

 

Twitter adalah alat marketing terbaik untuk bisnis berskala kecil hingga besar. Ikuti tips berikut untuk memastikan bahwa anda menggunakannya secara efektif:

1. Ciptakan sebuah akun. Gunakan search.twitter.com untuk mendengarkan nama Anda, nama pesaing Anda, dan kata-kata yang berhubungan dengan ruang lingkup Anda. Listening come first.

2. Tambahkan gambar. Karena gambar telur sama sekali tidak akan menarik simpati.

3. Ketika berbicara dengan orang lain, bicarakan pula tentang minat MEREKA. Hal ini akan menunjukkan bahwa anda adalah manusia.

4. Tunjukkan hal-hal yang menarik dalam lingkungan Anda, bukan hanya tentang Anda.

5. Bagikan link yang berkaitan dengan komunitas anda. Contohnya @Wholefoods.

6. Ketika mendapat komplain, jangan terjebak dalam lingkaran permohonan maaf. Berikan solusi. Contohnya tips perjalanan @JetBlue.

7. Berhati-hatilah ketika menyombongkan brand Anda. Fans anda akan menyukainya, namun yang lainnya akan meninggalkan anda.

8. Promosikan cerita sehari-hari di luar kerja karyawan Anda. @TheHomeDepot melakukannya dengan sangat baik.

9. Ciptakan beberapa akun manusia, contohnya @RichardAtDELL, @LionelAtDELL, dll.

10. Bicarakan pula tentang hal-hal non-bisnis, seperti @aaronstrout dan @jimstorer.

Gagasan tentang Apa yang Harus Anda Tweet.

1. Alih-alih menjawab pertanyaan, “Apa yang anda lakukan?”, Jawablah, “Apa yang sedang menarik perhatian Anda?”

2. Memiliki lebih dari satu penggiat Twitter di perusahaan Anda. Orang-orang bisa berhenti / mengambil liburan. Anda perlu backup.

3. Ketika mempromosikan sebuah posting, ajukan pertanyaan atau jelaskan apa yang akan terjadi berikutnya. Memasang link tidaklah cukup.

4. Ajukan pertanyaan. Twitter adalah jalur terbaik untuk menarik pendapat.

5. Follow orang-orang yang menarik. Jika Anda menemukan akun yang menyampaikan banyak tweet yang menarik, lihatlah siapa yang dia ikuti, dan siapa yang mengikutinya.

6. Jaga tweet anda tetap 120 karakter. Hal ini memungkinkan orang lain untuk retweet atau menambahkan komentar.

7. Ketika Anda berbicara tentang produk Anda, pastikan menarik dan berguna. Misalnya dengan memberikan saran, artikel, gambar, dll.

8. Sampaikan terimakasih ketika orang lain retweet posting anda. Hal ini akan mendorong mereka untuk me-retweet lagi konten anda di masa depan.

9. Lakukan lebih banyak #FF (Follow Friday). Satu tweet untuk satu #FF ditambah alasan orang lain harus follow mereka. Misalnya “Penyedia Hosting Indonesia untuk keep your website alive @jagoanhosting #FF”

10. Retweet dengan memberi nilai tambah. Artinya, bukan sekedar melakukan retweet saja, namun berikan komentar kenapa anda retweet.

11. Tweet konten baru, empat kali selama periode 2 hari pada waktu yang berbeda untuk memastikan konten anda mencapai audiens yang lebih luas.

Bagaimana Menjaga Anda Tetap Waras.

1. Anda tidak perlu membaca setiap tweet.

2. Anda tidak perlu membalas setiap mention yang diarahkan pada Anda (cobalah untuk membalas beberapa, tetapi jangan merasa bersalah ketika beberapa lainnya tidak terbalas).

3. Gunakan Direct Message untuk percakapan 1 lawan 1 ketika Anda merasa tidak ada nilai bagi masyarakat umum untuk mendengar percakapan anda berdua.

4. Gunakan Twitter Search untuk memastikan apakah ada orang lain yang sedang berbicara tentang Anda. Cobalah untuk berpartisipasi ketika hal ini masuk akal.

5. Third party client seperti TweetDeck dan Twhirl akan membuat kerja anda mengelola Twitter jadi jauh lebih mudah.

6. Pelajari cara menggunakan URL Shortener seperti TinyURL dan Goo.gl, atau semua varian lainnya. Mereka membantu merapikan tweet Anda.

7. Jika orang lain mengatakan bahwa Anda menggunakan Twitter secara salah, lupakan saja. Mereka boleh berhenti mengikuti anda jika mereka tidak suka.

8. Mengomentari tweet orang lain, dan retweet apa yang diposting orang lain adalah cara terbaik untuk membangun komunitas .

9. Gunakan teori Pareto (80:20). 80% untuk interaksi, dan 20% untuk advertising dan promosi.

[Baca juga: Mengenal Teori Pareto untuk Strategi Bisnis yang Efisien]

10. Tambahkan tombol Tweet ke dalam blog atau website anda untuk memudahkan content sharing.

11. Manfaatkan aplikasi seperti Twitpic dan Instagram untuk membuat tweet anda lebih menarik dengan menambahkan image ke dalam Tweet anda.

12. Manfaatkan hashtag. Jika anda mendatangi seminar atau konferensi, hashtag akan membantu menghubungkan anda dengan orang lain yang mungkin juga menghadiri seminar atau konferensi tersebut.

13. Jangan gunakan lebih dari 3 hashtag di dalam 1 tweet.

Beberapa Mindset yang Perlu Anda Miliki.

1. Twitter memakan waktu. Twitter membawa Anda jauh dari pekerjaan produktif Anda yang lain.

2. Tanpa strategi, Twitter tidak ada ubahnya dengan mengetik.

3. Twitter tidak untuk menggantikan layanan pelanggan. Tetapi Twitter dapat meningkatkan layanan pelanggan.

4. Twitter masih penuh dengan bug dan tidak enterprise-ready.

5. Twitter dapat membantu seseorang untuk mengatur event meetup besar secara instant (Tweetups).

6. Hanya beberapa juta orang saja yang ada di Twitter.

7. Twitter tidak untuk menggantikan email marketing.

8. Tambahkan profil Twitter anda ke dalam email marketing Anda.

9. Twitter memaparkan perusahaan terhadap serangan kritik. Yang mana meskipun anda tidak membuka akun Twitter pun, perusahaan anda akan tetap diperbincangkan di belakang anda.

10. Twitter tidak akan berarti, ketika anda tidak berinteraksi.

11. Jadi, jangan set profile anda ke dalam protect Tweet. Bagaimana orang lain bisa berinteraksi dengan anda ketika mereka tidak bisa membaca Tweet anda?

12. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika anda terpaksa menggunakan singkatan, gunakan singkatan yang lazim, bukan dengan menghilangkan setiap huruf vokal.

Apa yang akan Anda Dapatkan di Twitter.

1. Twitter menyatukan banyak pemikir hebat, dan memberi anda kesempatan untuk belajar setiap harinya (jika Anda mau mencarinya, atau jika Anda follow orang-orang yang tepat).

2. Twitter melatih keterampilan berbahasa anda. Anda harus memodifikasi tweet anda sedemikian rupa ketika anda tidak mampu menyampaikannya ke dalam 120 karakter.

3. Twitter umumnya digunakan oleh technonerds. Maka twitter dapat membantu perkembangan bisnis anda, terutama ketika prospek Anda adalah masyarakat online.

Apa yang Anda Perlukan untuk Mendapatkannya.

1. Jadilah diri anda sendiri.

source: chrisbrogan.com, bridiestypingservices.com

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *