Tips Bisnis

6 Cara Memaksimalkan Kinerja CS Customer Service

 

Loading...

Cara Memaksimalkan Kinerja CS Customer Service – Kepuasan customer adalah hal nomor satu untuk para pengusaha. Semakin puas customer, semakin tinggi kemungkinannya untuk melakukan pembelian. Bahkan, ia dapat menjadi customer setia.

Selain menyediakan produk dan jasa yang berkualitas, cara lainnya untuk memuaskan customer adalah dengan membangun layanan customer service yang baik. Lantas, bagaimanakah caranya agar kinerja customer service menjadi maksimal?

Inilah berbagai cara memaksimalkan kinerja CS Customer Service

1. Berikan respon secepatnya

Kecepatan dalam memberikan respon adalah hal penting dari customer service. Semakin cepat kita merespon, semakin baik. Kita tidak ingin customer terlalu lama dibuat resah karena lambat merespon, bukan?

Selain hotline telepon atau email, kita bisa memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk terhubung dengan customer. Bahkan, media sosial bisa dibilang cara paling mudah dan cepat untuk menghubungi customer.

2. Jadilah pendengar yang baik

Tak banyak orang yang mampu untuk benar-benar mendengarkan, tak hanya sekadar mendengar. Padahal, mendengarkan adalah skill paling penting yang harus kita kuasai untuk customer service.

Lakukanlah yang disebut dengan active listening, alias menjadi pendengar yang aktif. Caranya adalah dengan fokus mendengarkan customer dan mempelajari apa yang ia katakan.

Pastikan bahwa Anda benar-benar menangkap perkataan customer. Saat customer selesai berbicara, Anda dapat menanyakan pertanyaan yang mampu memperjelas pemahaman kita. Setelah itu, selesaikan percakapan dengan ringkasan cepat untuk memastikan bahwa Anda dengan customer satu pemahaman.

3. Cobalah untuk berempati terhadap customer

Skill lainnya yang tak kalah penting untuk customer service adalah berempati terhadap orang lain. Empati adalah mencoba memahami perasaan orang lain. Dengan demikian, Anda perlu memahami perasaan customer Anda.

Ternyata, empati pun sesuatu yang bisa dilatih, lho. Agar bisa berempati, hal tersebut dimulai dengan mendengarkan dengan baik. Oleh karenanya, dengan berlatih mendengarkan kita pun berlatih memupuk empati.

4. Sediakan solusi yang bisa dikerjakan secara mandiri

Seringkali customer menghubungi kita karena memiliki masalah. Masalah mereka mungkin berbeda-beda, namun mereka semua menginginkan satu hal yang sama. Mereka menginginkan masalahnya agar cepat teratasi.

Customer membutuhkan solusi nyata, secepatnya. Jika memungkinkan, berikanlah solusi untuk menyelesaikan masalah yang dapat mereka kerjakan secara mandiri.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat fitur FAQ atau Frequently Asked Questions, di mana Anda menyediakan jawaban pertanyaan atas permasalahan yang sering terjadi. Berikan jawaban dengan memaparkan langkah yang jelas.

5. Berikan penawaran menarik

Memberikan penawaran menarik bukan hanya sebatas banting harga agar customer semakin sering melakukan pembelian. Justru, penawaran menarik adalah dengan menghilangkan berbagai kecemasan yang dihadapi oleh para customer. Dengan demikian, mereka semakin mempercayai Anda serta menjadi loyal.

Ada berbagai cara untuk memberikan penawaran menarik. Misalnya saja, Anda memberikan jaminan refund atau pengembalian dana yang tidak rumit. Atau, bisa juga dengan menawarkan garansi atas kerusakan barang. Tentunya, masih banyak lagi penawaran yang dapat memikat customer.

6. Berikan penghargaan untuk customer yang loyal

Pengalaman yang menyenangkan dapat mendorong loyalitas customer terhadap brand Anda. Salah satu cara untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan adalah dengan memberikan penghargaan khusus untuk customer yang loyal.

Buatlah penghargaan ini terasa semakin spesial, dengan memberi sentuhan personal. Misalnya saja, Anda memberikan bingkisan cantik berisi produk-produk brand. Kemas bingkisan tersebut dengan thank you card atau kartu ucapan terima kasih yang dituliskan nama customer.

Tentunya, masih banyak cara untuk membuat customer merasa spesial. Jadilah kreatif dan pikirkan ide-ide unik!

Jangan lewatkan berbagai artikel menarik seputar bisnis dan entrepreneurship hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *