Character Building

6 Cara Meningkatkan Percaya Diri: Bye Bye Minder!

 

Loading...

Cara Meningkatkan Percaya Diri – Sering tidak percaya diri karena merasa minder? Sudah saatnya Anda ucapkan selamat tinggal kepada rasa minder. Buang jauh-jauh rasa minder dengan melakukan berbagai strategi untuk meningkatkan percaya diri berikut ini.

Berbagai cara meningkatkan percaya diri yang bisa mengusir rasa minder

1. Berhenti memberi cap jelek untuk diri sendiri

Rasa minder membuat kita hanya fokus terhadap kekurangan diri. Kita jadi sulit melihat hal-hal positif yang sebenarnya kita miliki. Tak jarang, kita mudah sekali memberi cap jelek untuk diri sendiri.

Sadari bahwa diri Anda istimewa, dengan segala kekuatan dan juga kekurangan. Memiliki kekurangan pada diri bukan berarti sama sekali tidak memiliki hal positif. Jangan biarkan kekurangan diri menjebak pikiran Anda, mari berhenti memberi cap jelek untuk diri sendiri!

2. Kenali kekuatan diri

Bisa jadi, kita terlalu fokus akan kekurangan diri karena tidak mengenali diri sepenuhnya, terutama mengenali kekuatan diri. Cobalah untuk melihat lebih dekat. Buatlah daftar akan berbagai hal pada diri yang Anda rasa baik.

Orang-orang di sekitar Anda juga bisa membantu Anda untuk menemukan kekuatan diri. Tanyakanlah pendapat mereka, apa saja hal-hal positif yang ada pada diri Anda.

3. Belajar skill baru

Minder terkadang muncul karena merasa tidak punya keahlian apapun. Jangan biarkan diri Anda berlama-lama larut dalam perasaan tersebut, mari mulai belajar skill baru!

Belajar skill baru akan menambah keahlian yang Anda miliki. Selain itu, jika tekun dalam menjalaninya, Anda bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Anda juga bahkan bisa mendapatkan penghasilan dari menguasai skill tertentu.

4. Menolong orang lain

Rajin memberikan pertolongan kepada orang lain juga bisa meningkatkan kepercayaan diri, lho! Wah wah, mengapa bisa?

Kegiatan menolong dapat memperlihatkan kualitas positif yang ada pada diri seseorang. Tak hanya niat baik saja yang dibutuhkan untuk bisa menolong seseorang. Terkadang, dibutuhkan juga kemampuan tertentu agar seseorang dapat tertolong.

Kemampuan dan tenaga Anda bisa bermanfaat bagi seseorang di luar sana. Tunggu apa lagi, mari ulurkan tangan dan tawarkan bantuan!

5. Belajar untuk menghadapi kegagalan

Minder seringkali tumbuh dari rasa takut kita akan kegagalan. Padahal, kegagalan sangat wajar. Walau berat, kita harus belajar untuk menerima bahwa kita bisa saja gagal sewaktu-waktu.

Ketika gagal, kita kehilangan sesuatu. Anda sangat diperbolehkan untuk merasa sedih dan kecewa saat menghadapi kegagalan. Namun, jangan biarkan kegagalan menenggelamkan diri Anda. Jadikan kegagalan sebagai sumber pelajaran untuk selanjutnya.

6. Rayakan semua jenis keberhasilan

Seringkali kita merasa minder karena belum mencapai hal-hal besar di kehidupan. Padahal, keberhasilan bukan hanya terletak pada hal-hal yang besar. Segala macam keberhasilan perlu untuk dirayakan!

Untuk memaknai keberhasilan, Anda bisa melakukan hal simpel berikut ini. Tuliskan capaian yang Anda lakukan pada hari ini, termasuk juga hal-hal yang sering Anda anggap sepele. Misalnya saja, hari ini Anda berhasil beres-beres seluruh bagian rumah atau berhasil punya teman baru di tempat kerja.

Jika Anda perhatikan baik-baik, sebenarnya tidak ada hal yang sepele. Ada usaha yang tidak disadari telah Anda lakukan. Jangan remehkan lagi. Mulai sekarang, Anda juga harus memperhatikan hal-hal tersebut.

Simak juga berbagai artikel menarik seputar bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Photo by Vince Fleming on Unsplash

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *