Tips Bisnis

6 Ide Konten Instagram untuk Ramadhan 2020

 

Konten Instagram untuk Ramadhan – Tak terasa, Ramadhan telah berjalan separuh bulan. Berbagai medsos bisnis sangat gencar memposting konten bertemakan Ramadhan. Namun, sudah habis ide dan bingung membuat konten Instagram seperti apa? Tak usah risau, simak berbagai inspirasi konten Instagram bertemakan Ramadhan berikut ini!

Berbagai ide konten Instagram untuk Ramadhan yang bisa dicoba untuk bisnis

1. Konten dengan tema rohani

Saat Ramadhan, orang-orang cenderung mencari konten terkait tema rohani. Konten bertemakan rohani tidak ada habisnya untuk dibahas. Topik yang bisa digali dari tema rohani sangat luas dan beragam. Anda bisa membuat konten ayat Alquran, doa, hadis, petuah Islami, hingga kisah Nabi atau tokoh religius.

2. Melakukan Instagram live

Instagram live video termasuk fitur yang digemari di Instagram. Instagram live juga unik, karena dengan Instagram live, Anda bisa berinteraksi dengan followers.

Banyak aktivitas-aktivitas menarik yang bisa dijadikan bahan Instagram live. Anda bisa membuat review produk yang Anda jual. Untuk bisnis jasa, Anda bisa membuat seminar live video yang berkaitan dengan jasa yang Anda tawarkan. Anda juga bisa membuat Instagram live dengan format Q&A alias tanya-jawab seputar bisnis.

Jangan lupa umumkan dan promosikan kapan Anda akan melakukan live. Dengan demikian, banyak followers yang bisa menyaksikan Instagram live Anda.

3. Tutorial menggunakan produk

Banyak orang yang mencari kegiatan untuk dilakukan di rumah selama menghadapi pandemi. Banyak orang yang melakukan berbagai aktivitas atau hobi baru. Tutorial pun laris dicari.

Anda bisa membuat konten untuk melakukan sesuatu, dengan menampilkan produk Anda sebagai promosi. Sesuaikan tutorial kegiatan dengan produk Anda.

Bagi bisnis makanan, Anda bisa membuat tutorial membuat resep dengan bahan baku produk Anda, atau membuat tutorial cara menyajikan produk jika berwujud makanan siap saji. Bagi bisnis jual-beli tanaman, Anda bisa membuat tutorial merawat tanaman.

4. Mengadakan give away atau kontes

Jika Anda ingin meningkatkan engagement di akun Instagram bisnis, give away dan kontes adalah strategi ampuh. Terlebih lagi jika Anda bisa menawarkan hadiah menarik, orang-orang akan sangat berminat untuk berpartisipasi.

Berikan syarat dan ketentuan yang dapat menguntungkan bisnis, misalnya dengan mengarahkan kontestan untuk memberikan likes dan comment, men-tag teman-temannya, serta mem-post di Instagram Story. Hal yang paling penting, hadiahnya haruslah sesuai dengan syaratnya, lho. Jangan sampai Anda membuat syarat yang terlalu banyak, namun hadiahnya kurang menarik!

5. Buat quiz di Instagram Story

Salah satu fitur menarik Instagram Story yang bisa Anda coba adalah quiz. Dengan fitur quiz, Anda bisa membuat pertanyaan yang seru beserta beberapa pilihan jawaban. Kemudian, followers Anda pun bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Konten ini praktis, sangat interaktif, dan tentunya dapat meningkatkan engagement.

6. Konten terkait COVID-19

Kini, kita masih berjuang melawan pandemi COVID-19 yang disebabkan oleh virus Corona. Sesekali, Anda dapat membuat konten yang mengangkat isu tersebut. Alangkah baiknya jika Anda bisa membuat konten terkait pencegahan COVID-19 dan pola hidup sehat, apalagi konten terkait menjaga kesehatan sambil menjalankan ibadah puasa.

Bagaimana, apakah masih bingung membuat konten apa? Semoga artikel ini dapat membantu dan tidak bingung lagi, ya!

Simak juga berbagai artikel menarik lainnya seputar bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Kel Avelino on Unsplash

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *