Leadership

6 Kebiasaan yang Akan Membantu Meningkatkan Kekuatan Memori Otak

 
  • 52
    Shares

Loading...

Setiap orang memiliki pola pemikian dan emosi yang berbeda-beda. Dengan aspek yang mengekspresikan emosi tersebut, manusia pun memiliki kapasitas yang sangat luar biasa. Bahkan di dalam otak kita terhadap banyak pemikiran, mulai dari kehidupan, kematian, kesadaran, persepsi, tidur, dan masih banyak lagi.

Lalu apakah otak kita dilahirkan dengan mencapai kondisi yang optimal, kemudian gagal, sedikit demi sedikit dan mau tidak mau itu akan terus terjadi setiap tahunnya.

Sandra Obligasi Chapman, Ph.D, pendiri dan direktur sebuah pusat BrainHealth di University of Texas di Dallas dan juga penulis “Make Your Brain Smarter.” Chapman dengan cepat menunjukkan bahwa harapan hidup kita akan lebih panjang dari sebelumnya. Sementara kita menjaga kesehatan fisik, seringkali kita kurang memperhatikan kesehatan otak. Namun, kabar baiknya adalah bahwa Chapman sendiri percaya bahwa ada harapan bagi semua orang untuk sukses mengembangkan kapasitas otak. Mulai dari mengembangkan minat baru, mengejar hobi atau melakukan latihan otak tertentu, Anda dapat meningkatkan kemampuan otak menjadi lebih mahir lagi dan juga memperluas kemampuan penyimpanan memori Anda.

Ilmu neuroplastisitas menegaskan sebuah aturan sederhana, yaitu bahwa setiap orang memiliki kontrl yang cukup atas fungsi otak mereka masing-masing. Hal ini terjadi karena kita banyak bergantung pada apa yang kita alami, dan bagaimana kita menggunakan otak kita.

Lebih banyak Anda bisa membaca artikel yang diposting oleh Entrepreneur.com. Dan sebagai gantinya di bawah ini kami bagikan beberapa tips untuk dapat membiasakan diri melatih kebiasaan.

1. Batasi diri, jangan multitasking

Tahukah Anda bahwa menjadi orang yang selalu bisa mengerjakan banyak hal dalam 1 waktu dapat merugikan Anda sendiri. Multitasking dapat mengurangi produktivitas mental kita. Dengan multitasking maka otak kita akan secara bertahan merasa lebih lelah dari sebelumnya dan hal ini juga akan meningkatkan stres. Jadi, jangan coba-coba melakukan banyak pekerjaan dalam 1 waktu hanya karena ingin cepat selesai. Pertimbangkan lagi untuk menjadi multitasking jika Anda ingin lebih produktif lagi.

2. Tidur yang cukup

Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup dan teratur untuk istirahat. 7-8 jam sehari untuk mengistirahatkan fisik dan otak Anda. Anda akan merasakan lebih fresh dan mudah berpikir ketika Anda memiliki kondisi fisik dan mental yang sehat dan tidak lelah berlebihan.

3. Komitmen olahraga secara rutin

Setidaknya 30-45 menit di pagi hari Anda digunakan untuk berolahraga. Mulai dari jogging, aerobik atau sekedar yoga di dalam rumah. 3-4 kali dalam seminggu akan membuat tubuh dan otak Anda lebih fresh dan sehat. Ini berguna untuk meningkatkan memori dan meningkatkan perhatian serta konsentrasi otak Anda.

4. Membangun pesan Bottom Line

Anda dapat mencari ide-ide baru dengan mengikuti banyak seminar, pelatihan, membaca artikel, menonton film atau sekedar berjalan-jalan. Anda bisa membangun dan mengembangkan memori jangka panjang untuk ide-ide dan kemampuan Anda.

5. Fokus pada tugas-tugas penting

Anda harus fokus mengerjakan berbagai tugas yang memiliki prioritas tertinggi. Kurangi informasi untuk masalah yang tidak penting. Anda harus membatasi asupan informasi agar fungsi otak mengunci hal yang penting dan mampu menjaga kesehatan otak Anda.

6 Tetap termotivasi

Otak kita akan lebih cepat dalam membangun kekuatan. Terlebih kita memiliki motivasi yang meningkatkan semangat dan gairah diri kita untuk belajar tentang banyak hal.

Begitulah setidaknya tips yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan kekuatan memori otak kita. Mengatur dan menciptakan kebiasaan yang lebih baik setiap harinya. Tentu saja semuanya harus seimbang, dari segi fisik sampai dengan mental kita.

Loading...

  • 52
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *