Leadership

6 Langkah Mudah Menjalin Networking

 
  • 11
    Shares

   

Pernahkah Anda ketika menjalin networking/hubungan bisnis dengan seseorang mengalami hal-hal konyol misalkan salah tingkah, kehabisan topik, atau bahkan stress karena tidak jadi “deals” dengan relasi bisnis tersebut? Tenang saja, saya punya beberapa tips yang mudah diterapkan dan sudah pasti manjur. Berikut ulasannya:

1. Ingat-ingat namanya

Jika Anda Pertama kali bertemu dengan orang tersebut, langsung berjabat tangan dan kenalkan diri Anda. Setelah itu ingat-ingat dengan jelas nama partner Anda, Jika kurang jelas, mohon maaf dan tanyakan kembali namanya, sampai Anda benar-benar ingat dengan jelas nama partner Anda. Kenapa demikian?

Saya tidak setuju dengan istilah “apalah arti sebuah nama?”, karena menurut saya sebuah nama memiliki arti dan kekuatan tertentu. Terlepas dari apa arti nama kita, kita semua pasti terkesan ketika seseorang mengingat nama kita, karena itu membuat kita merasa lebih dihargai sebagai manusia. Oleh karena itu, berusahalah untuk menumbuhkan perasaan itu pada orang lain. Bila perlu, ulangi nama partner Anda tersebut beberapa kali selama percakapan berlangsung.

2. Berikan perhatian penuh

Pastikan pandangan Anda tertuju pada mata partner Anda, memang terkesan aneh, tetapi Anda tidak perlu malu, karena itu sebenarnya menunjukkan bahwa Anda berminat dan terkesan dengan dia. Hal ini juga akan membuat Anda terlihat percaya diri dan menawan. Jangan sampai Anda terganggu oleh orang lain atau apa pun yang terjadi di sekitar Anda, serta pastikan HP Anda sudah di-silent sehingga tidak mengganggu percakapan Anda. Hal ini akan membuat partner Anda merasa seperti orang yang paling penting saat itu ketika berbicara dengan Anda, sehingga Anda bisa terus ngobrol untuk membangun hubungan bisnis lebih jauh.

3. Jangan menyela pembicaraan

Logikanya adalah, jika kita menghargai orang lain maka pasti orang lain tersebut juga akan menghargai kita. Jadi hargailah partner Anda ketika sedang menjelaskan/menceritakan sesuatu. Jangan menyela pembicaraannya meskipun ada hal/kata-kata yang Anda tidak sukai dari pembicaraannya. Jangan kuatir, Anda tetap bisa meluruskan hal tersebut setelah dia selesai berbicara.

4. Mulailah mengajukan pertanyaan yang relevan

Jika Anda kesulitan memulai pembicaraan, mulailah dengan menanyakan hal-hal yang umum tetapi masih relevan dan sopan, misalkan “Apakah perjalanan kesini tadi lancar Pak?” atau “Anda datang sendiri atau bersama dengan team Pak?”. Dengan mengajukan pertanyaan, itu menunjukkan kita peduli dan tulus ingin menjalin relasi dengan orang tersebut. Tentusaja pertanyan yang sopan dan tidak terlalu mengarah ke privasi orang tersebut.

5. Tersenyumlah

Ini adalah hal nomor satu yang bisa membuat partner bicara Anda merasa nyaman. Bayangkan jika ada orang yang tersenyum kepada Anda, Anda juga pastinya akan membalas senyum kepada orang itu dan dari situ akan terkesan suasana yang nyaman dan friendly. Tentusaja bukan tersenyum “kecut” yang dimaksud, itu akan lain ceritanya. Jika Anda tidak bisa tersenyum maka latihanlah sebelum Anda bertemu partner bisnis Anda. Jika setelah latihan berkali-kali masih tidak bisa, saya sarankan untuk periksa ke dokter syaraf, barangkali ada syaraf Anda yang tidak berfungsi dengan baik. :-)

6. Tindak lanjut/follow up

Tindak lanjut disini bisa bermacam-macam, tergantung dari isi percakapan Anda sebelumnya. Misalkan Anda berjanji kepada partner Anda untuk memberikan data tertentu, maka setelah selesai pertemuan, segera persiapkan data tersebut dan langsung kirimkan kepadanya. Misalkan Anda mengatakan akan menghubunginya kembali besok, maka pastikan Anda mengingatnya dan menghubungi pada jam yang telah Anda janjikan. Hal ini sangat penting untuk menunjukkan keseriusan dan kredibilitas Anda dimata partner Anda.

Jika Anda menerapkan ke-6 tips diatas, saya yakin Anda akan meninggalkan kesan dan nilai yang positif bagi partner bisnis Anda. Partner bisnis Anda akan semakin menghargai Anda dan bahkan mungkin akan dengan senang hati bekerjasama dengan Anda untuk mencapai tujuan yang saling menguntungkan.
Selamat mencoba. :-)

Baca juga:


  • 11
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *