Start A Business

6 Langkah Sederhana sebelum Menentukan Kemasan Produk

 
  • 5
    Shares

Loading...

Dalam menjual sutau produk, kemasan atau packaging menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Kita bisa saja hanya menyediakan desain yang sederhana dan apa adanya, disesuaikan dengan budget mungkin. Namun, kita juga harus mengingat jika kemasan produk mampu menciptakan kesan pertama yang baik atau buruk untuk konsumen kita. Nah, maka dari itu kita harus memberikan kemasan produk yang menarik. Dan berikut ini beberapa tipsnya:

1. Menentukan target market

Dalam berbisnis dan menciptakan suatu produk atau layanan yang ditujukan kepada masyarakat, kita terlebih dahulu harus menentukan target market. Sebenarnya bukan hanya produknya, tetapi juga packaging atau kemasan produk. Karena kemasan sendiri dapat memberikan kesan pertama kepada pelanggan kita. Kita harus menentukan terlebih dahulu target market untuk kemasan produknya. Karena kemasan produk untuk anak – anak, remaja, dewasa, dan orang lanjut usia sungguh sangat berbeda. Maka dari itu, jangan sampai salah menentukan target dalam membuat kemasan produk.

2. Kenyamanan penggunaan

Karena kemasan produk dapat menciptakan dan memberikan kesan pertama bagi pelanggan, maka kita harus membuatnya dengan semenarik mungkin. Bukan hanya menarik, tetapi juga nyaman ketika digunakan. Kenyamana dalam menggunakan kemasan produk merupakan hal yang dicari oleh pelanggan. Karena ini dapat memudahkan pelanggan dalam menikmati produknya. Kenyamanan ini juga meliputi kemudahan ketika dibawa, dipegang dan lain sebagainya.

3. Ciri khas kemasan

Kemasan suatu produk harus memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas ini bisa berasal dari ciri khas bisnis Anda, produk dan lain sebagainya. Dengan ciri khas ini, nantinya yang mampu menjadi pembanding dengan kemasan produk lain, yang bahkan memiliki jenis yang sama dengan produk rekan – rekan. Ciri khas ini bisa meliputi warna kemasan, bentuk kemasan, bahan kemasan, dan lain sebagainya. Ini tergantung dari rekan – rekan sendiri. Jika memang membutuhkan desain yang menarik, Anda bisa meminta bantuan seseorang yang ahli dibidang ini untuk mencoba mendesainkan kemasan untuk produk Anda.

4. Ukuran kemasan

Ukuran kemasan haruslah sesuai dengan produk yang ada didalamnya. Ini menghindari bentuk yang aneh atau bahkan pemborosan bahan yang digunakan. Jangan membuat kemasan dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil dari produk didalamnya. Ukuran juga bisa ditentukan dari kebutuhan masyarakat sendiri. Seperti, ketika kita menciptakan kemasan untuk produk air mineral. Kita bisa memberikan porsi untuk 2 – 3 kali minum dan itu artinya air mineral tersebut tidak membutuhkan kemasan yang besar.

5. Memanfaatkan peluang dengan special pack

Special pack disini bisa berupa kemasan khusus untuk suatu acara atau event. Kita harus memiliki desain kemasan yang berbeda dengan hari – hari biasa. Ini digunakan apabila kita ingin menyajikan produk kita kepada pelanggan ketika sedang mengadakan promo atau sebagai sponsor suatu event. Nah, special pack ini sangat dianjurkan. Kita harus mencoba terus membaca peluang dan keadaan, agar kita bisa mengambil kesempatan untuk promosi dengan packaging produk yang lebih menarik daripada biasanya.

6. Penentuan harga

Penentuan harga disini menjadi sangat penting. Karena kita harus mampu memaksimalkan budget yang dimiliki untuk dapat membuat packaging yang menarik. Kemasan produk tidak harus mewah atau bahkan lebih mahal daripada produknya. Yang penting menarik, mudah digunakan dan juga mampu menciptakan kesan terbaik. Harga harus ditetapkan dengan sangat bijak.

Baca juga:

Loading...

  • 5
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *