Leadership

6 Poin Penting Saat Kamu Menjadi Pemimpin

 

Loading...

Bahwa setiap dari kita diciptakan untuk memiliki bakat menjadi seorang pemimpin. Dalam bisnis pemimpin selalu diharapkan untuk mampu membawa kesuksesan dalam setiap bisnis yang sedang ia pimpin.

Pemimpin juga harus bisa menggerakan setiap anggota tim untuk mampu mencapai apa yang sudah menjadi target dari sebuah perusahaan. Pemimpin juga harus berani mengambil resiko yang ada dan juga harus bisa memberi solusi untuk setiap permasalahan yang sedang terjadi.

Untuk menjadi seorang pemimpiin bukan perkara yang cukup mudah. Pemimpin memegang amanah, diberi kepercayaan oleh banyak pihak. Maka dari itu terinspirasi dari artikel populer di Harvard Business Riview tentang leadership, mebiso kali ini akan membahas 6 poin penting yang harus dilakukan sebagai seorang pemimpin.

Ciptakan Visi yang Menarik dan Menantang Bagi Tim

Hal pertama dan wajib yang kamu harus lakukan adalah menetukan sebuah visi, sebuah tujuan yang akan kamu tuju. Visi merupakan tujuan dari sebuah bisnis itu diciptakan, tanpa diawali visi bisnis menjadi tidak memiliki arah tujuan yang jelas.

Lalu buatlah visi yang menarik dan menanting bagi timmu. Menarik bagi semua tim untuk ikut membantu perusahaan mencapai visinya. Menantang bagi siapapun anggota tim untuk bekerja sekeras dan sekreatif mungkin untuk bisa mewujudkan visi bersama sebuah perusahaan.

Terjemahkan Visi itu ke Dalam Strategi yang Jelas dan Detail

Setelah visi terbentuk, tugas seorang pemimpin selanjutnya adalah membuatnya menjadi sebuah strategi untuk dijalankan timnya. Strategi ini harus jelas dan detail. Sehingga setiap anggota tim mengetahui dengan detail apa yang harus ia kerjakan.

Strategi ini juga akan menetukan tercapainya visi tersebut. Jika strategi yang digunakan tepat, maka tidak menuntut kemungkinan maka perusahaan akan dengan mudah meraih visinya. Strategi ini juga digunakan untuk memanfaatkan setiap potensi dari anggota tim. Sehingga mereka mampu bekerja secara efektif dan maksimal

Rekrut Orang-Orang Terbaik

Ajak bergabung orang-orang terbaik kedalam bisnismu. Hal ini membuat timmu akan menjadi sangat efektif ketika mencapai sebuah tujuan. Orang terbaik tersebut sangat memungkinkan untuk memberikan dampak kepada sekitar.

Dorong timmu untuk mau berkembang, mau menerima ide dan inovasi baru yang tujuan untuk kemajuan perusahaan. Sebagai pemimpin kamu juga harus mengapresiasi setiap kinerja tim yang bagus dengan memberikan reward untuk mereka.

Fokus pada Hasil yang Terukur

Arahkan tim untuk selalu fokus pada sesuatu yang terukur. Sesuatu yang terukur ini biasanya semua pencapaian dilihat berdasarkan data-data yang diperoleh. Data ini digunakan juga untuk mengetahui seberapa banyak target yang telah dicapai oleh perusahaan.

Fakus terhadap hasil yang terukur juga membuat tim bekerja lebih efektif berdasarkan data. Sehingga apa yang sedang dilakukan tim sesuai jalur menuju target visi yang akan dicapai. Maka dari itu data yang sangat penting bagi perusahaan untuk mencapai hasil yang diinginkan

Menumbuhkan Inovasi dan Pemimpin Baru

Sebagai seorang pemimpin kamu harus bisa menumbuhkan inovasi dalam perusahaanmu. Perusahaan harus mampu terbuka untuk menerima ide-ide segar dari setiap anggota tim. Tanpa harus memandang posisi mereka dalam perusahaan. Semua tim berhak mengemukakan ide terbaiknya untuk kemajuan perusahaan.

Pemimpin yang hebat adalah mereka yang mampu untuk menciptakan pemimpin-pemimpin baru. Sebagai pemimpin, kamu harus bisa mengubah setiap timmu menjadi pemimpin bagi dirinya dan timnya dengan menumbuhkan rasa tanggung jawab dan memiliki dalam perusahaan.

Pimimpin Mengenali Dirinya Sendiri

Pemimpin juga harus bisa mengenali dirinya sendiri, mengenali kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Pada bidang yang menjadi kelemahannya maka pemimpin bisa berkolaborasi dengan timnya untuk bekerjasama mencapai tujuan perusahaan.

Sama dengan timnya, jika kamu seorang pemimpin maka kamu harus bisa meningkatkan kapasistas dirimu. Pemimpin harus bisa mengontrol emosi dan mampu membawa diri sehingga bisa menciptakan kondisi yang kandusif dan lingkungan yang postif dalam perusahaan.

Baca Juga Artikel Menarik ini

3 Founder Startup yang Jadi Inspirasimu

4 Ide bisnis untuk Tren Gaya Hidup Sehat

Empat Cara Mengatur Keuangan untuk Millennial

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *