Running A Business

6 Tanda Bisnis Online Anda Sulit Mencapai Sukses

 
  • 6
    Shares

Loading...

Bisnis online memang sedang marak diincar dan digeluti oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Selain cara yang mudah, modal yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu mahal, karena kita bisa mendirikan bisnis tanpa menyewa atau mendirikan sebuah toko. Namun sebagai pemilik bisnis online, sebenarnya ada beberapa hal yang harus dan tidak sebaiknya Anda lakukan. Karena ini akan jelas berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis online Anda. Dan berikut ini adalah 6 tanda dimana bisnis online Anda sulit mencapai sukses:

1.Tidak memiliki target pasar yang jelas

Semua jenis produk bisa dijual secara online. Ini dilakukan agar lebih banyak mendapatkan keuntungan dalam berbisnis. Tapi sebenarnya ini tidak efektif. Berbisnis dengan target pasar yang tidak jelas akan membuat Anda kewalahan dalam mengatur dan mengelola bisnsi online Anda. Pastikan sebelum Anda memulai berbisnis online, Anda harus tau bisnsi Anda apa, kebutuhan Anda apa dan target pasar Anda siapa.

2. Tidak memiliki model bisnis yang jelas

Segala macam ide untuk berbisnis akan muncul lebih banyak daripada yang kita harapkan. Kita akan merasa bingung ingin memilih dan mengambil ide yang mana. Tidak jarang pengusaha baru yang memiliki banyak ide, akan lebih fokus pada ide tersebut, dan meninggalkan pemikiran mengenai sebuah model bisnis yang akan digunakan. Ini membuat bisnis online yang sejatinya berbeda dengan bisnis lainnya, akan jauh lebih sulit terkontrol.

3. Tidak fokus

Seperti sebelumnya, kita hanya butuh fokus pada satu yang yang benar – benar kita akan lakukan, agar bisnis online yang kita jalankan bisa terstruktur dan berjalan dengan baik. Namun ada kalanya apa yang kita lakukan akan jauh lebih sulit, karena kita tahu sendiri jika perkembangan internet sudah sangat mempengaruhi kebutuhan dan perilaku manusia. Sebagai orang yang bergelut di dunia internet, jika kita tidak fokus pada pekerjaan yang sedang kita kerjakan, maka kita akan mudah tergoda untuk melakukan hal yang tidak penting. Ada baiknya Anda membuat sebuah note atau jadwal kegiatan yang ingin dilakukan.

4. Kontrol yang salah

Pernahkah Anda merasa kerepotan menangani suatu pekerjaan yang memang bukan bidang Anda? Tentu bisa Anda selesaikan, tapi pasti membutuhkan banyak waktu, bahkan membuang – buang waktu. Bisnis online terkadang memang membuang buang waktu, terlebih untuk mengatur order, dan pembukuan keuntungan. Nah, untuk Anda sebaiknya lebih fokus pada apa yang Anda kerjakan. Dan Anda bisa meminta bantuan ahli di bidangnya yang memang Anda butuhkan. Untuk bisa lebih fokus dan lebih mudah dalam mengontrolnya.

5. Tidak yakin atas cara yang dilakukan

Cara dalam memasarkan bisnis online tidak sebatas pada penggunaan website, sosial media dan marketplace untuk media promosi. Pemasaran bisa dilakukan dengan cara Anda sendiri. Tapi Anda harus yang dengan apa yang ingin Anda lakukan. Jangan ragu dan jangan sampai berganti – ganti cara atau teknik.

6. Tidak sabar

Bisnis online memang terlihat mudah, tapi bukan berarti akan membantu Anda mencapai sukses dengan cepat. Ini pemikiran yang salah. Anda harus sabar dan benar – benar telaten dalam mengurus dan membesarkan bisnis Anda. Bersabarlah untuk bisa mendapatkan untuk yang lebih.

Baca juga:

Loading...

  • 6
    Shares

2 komentar

  • 25 Februari 2015 - pukul 9:28

    Sebagai tambahan, bisnis akan sulit mencapai kesuksesan jika sudah dimulai dengan tidak jujur dan tidak memiliki sebuah integritas

    adhy

    • Administrator
      25 Februari 2015 - pukul 9:50

      Mantap Gan. Nuhun :)

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *